Minggu, 05 Mei 2019

Dari penderitaan fisik sehingga ke pelayanan Tuhan.


Latar belakang



Banyak orang setelah mengalami penderitaan fisik, maka mereka tidak mau lagi berbuat dosa, sehingga memilih melayani Tuhan, dalam sisa masa hidupnya(1Ptr.4:1-2).



Materi yang di sharing, sesuai topic



Dari penderitaan fisik ke pelayanan.

Firman Tuhan di Alkitab, Perjanjian Baru, yang terdapat dalam surat Petrus, atau 1Ptr4 ayat 1 dan 2, adalah pernyataan Tuhan kepada setiap orang. Supaya jangan merasa terus-menerus bersalah atau menggerutu atau putus asa, di waktu sisa hidupmu. Namun lawanlah perasaan itu, walaupun dahulu anda telah berbuat dosa apa pun, sehingga mengalami penderitaan fisik dan atau psikis yang mungkin telah berdampak sangat buruk dan yang berkepanjangan. Tapi tinggalkan, bahkan, hapuskan dosa itu dalam sisa hidupmu lalu lakukan yang terbaik untuk Tuhan antara lain layani sesama manusia, sesuai ajaranNya.



1--Penderitaan1 adalah hasil perbuatan manusia.

Tuhan menciptakan manusia segambar dan serupa(Kej.1:26) dengan Dia, sehingga manusia berada dalam keadaan baik dan bebas dari penderitaan(Kej.1:31), namun sesudah terjadi dosa maka penderitaan pun timbul dalam berbagai bentuk, misalnya; pertentangan dalam keluarga, kekerasan, kesakitan, ganguan psikis, dihalau, penyakit menggregoti, peperangan, kebinasaan dan maut berupa kematian(Kej.3:15-19).



Namun kenapa terjadi penderitaan.

Sumber utama terjadi penderitaan karena manusia melawan perintah Tuhan. Dan banyak factor lainnya yang mendukung, sehingga manusia mengalami penderitaan, misalnya; tidak dapat mengendalikan dirinya, keinginan yang berlebihan dari kemampuan, selain itu dalam anggota tubuhnya ada hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budi, sehingga menjadi tawanan hukum dosa(Rm.7:22-26). Dan itu semua harus anda lawan karena selama hidupmu penderitaan itu ada bersamamu.



Timbulnya penderitaan, di awali tergodanya Adam dan Hawa lalu melanggar perintah Tuhan karena godaan iblis, sehingga mereka dihalau dari taman Firdaus. Tujuan iblis adalah agar manusia melawan semua perintah Tuhan, walaupun mereka mengetahui bahwa perlawanan itu akan menimbulkan kematian, karena manusia telah digoda akan mendapat sesuatu yang sangat bergengsi, memperoleh semua materi, berkuasa, dll. Jadi sebelum Adam dan Hawa berbuat demikian, mereka telah berpikir-pikir semua kenikmatan yang akan diperoleh sesuai godaan iblis.



Lalu apa hubungannya penderitaan fisik dengan melayani Tuhan.

Akibat dari manusia melawan perintah Tuhan maka terjadi berbagai jenis dosa dan dampaknya adalah berbagai jenis penderitaan yang akan di rasakan bahkan ada yang mengalami penderitaan selama hidupnya. Mereka tidak punya kesempatan untuk mengerti agar dapat menikmati firman Tuhan 1Ptr.4:1-2 (lihat diatas). Contoh orang yang:

a--Mengalami stroke, karena diantra mereka ada yang menjadi lumpuh.

b--Hanya hidup di kursi roda dan tergantung dari pertolongan orang.

c--Berbaring terus di tempat tidur menunggu belas kasihan orang lain.

d--Penderitaan yang berkepanjangan sehingga mau bunuh diri, namun tidak sanggup berbuat, sehingga minta orang untuk melakukannya.

e--Dan lain sebagainya.



Namun ada penderitaan versi yang lain, misalnya:

A1--Setelah seseorang mengalami penderitaan yang berkepanjangan tapi terus berdoa yang isinya sifatnya, memohon penyembuhan dan akan bekerja untuk melayaniNya, maka Dia bisa memberi pengampunan sesuai pilihanNya kepada pemohon tertentu.

B1--Bahkan ada orang yang telah menerima pengampunan dan aktif melayani Tuhan, tapi dia tidak sembuh benar. Jadi masih tertinggal adanya penderitaan fisik walaupun telah berkurang. Namun sepanjang sisa hidupnya dia trus melayani Tuhan(1Ptr.4:1-2). Hal semacam ini yang di alami rasul Paulus(2Kor.12:7).



Kenyataannya ada orang yang setelah menderita fisik terlebih dahulu, baru mau mencari Tuhan. Namun alangkah baiknya bila sebelum menderita kita semua telah mencari Tuhan dan laksanakan ajaranNya. Karena itu pun untuk kehidupan kita juga. 





Kesimpulan

Banyak orang setelah mengalami penderitaan fisik, baru mau bertobat lalu berusaha melayani Tuhan, dalam sisa hidupnya. Sebaiknya berusahalah agar keluargamu dan orang sekelilingmu sudah mencari Tuhan dan melayaninya, sehingga tidak terjadi penderitaan fisik terlebih dahulu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.





Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



1Ptr.4:1-2

1---Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus yuga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, - karena barangsiapa telah mendertia penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa,

2---supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.



1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini (EAMK), april 2011, ISBN 978-602-8009-32-4, cetakan ke-sebelas, hlm-44



Kej.1-26

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas terak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi”.



Kej.1-31

Maka Allah melihat segala yang di jadikanNya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam



Kej.3:15-19                          permusuhan antara manusia lawan iblis



Rm.7:22-26

22---Sebab  di dalam batinku aku suka akan hukum Allah.

23---tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.

24---Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

25---Syukur kepada Allah! Oleh Yesus Kristus, Tuhan kita



2Kor12:7

Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu,  maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan iblis untuk menggocoh aku, supaya  aku jangan meninggikan diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar