Sabtu, 25 Mei 2019

“Hukum lain” yang berjuang melawan hukum Akal Budi


Latar belakang



Didalam anggota-anggota tubuh setiap orang ada hukum lain yang berjuang melawan akal budimu, bahkan anda bisa menjadi tawanan karenanya(Rm.7:23), selama hidupmu. Namun anda dapat menangkalnya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Hukum yang melawan akal budimu

Jadi memang benar bahwa ada hukum yang lain dalam anggota-anggota tubuhmu(Rm.7:23), yang melawan akalbudimu. “Hukum yang lain” itu selalu berada dalam tubuhmu kemana anda pergi, dan selalu mau ikut campur dalam setiap masalah yang anda hadapi. Karena dia merupakan hukum, sehingga selalu ada prosesnya sebelum anda mengikuti kemauannya. Prosesnya bisa memakan waktu panjang maupun sesaat, antara lain:

a--Mempengaruhi pikiranmu agar akalbudimu bisa mengalah

b--Melakukan perbuatan yang melawan moral dan etika

c--Nafsu yang membara timbul seketika, karena kemungkinanmu ada kesempatan.



Tujuan dari “hukum yang melawan” akal budimu adalah supaya anda:

aa--Korban fisik, berupa; menderita, melarat, kesakitan.

bb--Korban dalam social, berupa; karena perbuatanmu dan dampaknya maka anda susah masuk lagi dalam lingkungan socialmu, sehingga masyarakat lingkungan tersebut pun susah menerimamu.

cc--Korban kejiwaan, berupa: mengalami stress, depresi, bahkan bisa gila.  

dd--Menciptakan anda merasa bersalah sehingga tidak patut mengikuti Tuhan





2-Menangkal hukum yang melawan akal budimu

Bila dilihat dari perjalanan hidup seseorang, maka setiap orang pernah melakukan perbuatan negative yang menjerumuskannya, tapi ada juga positif sehingga  tetap bertahan, bahkan bisa hidup tenteram dan sejahtera, walaupun dalam anggota-anggota tubuh mereka terdapat “hukum yang bertentangan” dengan akal budinya. Karena mereka dapat mengendalikannya.



Namun, Tuhan tidak mau manusia selalu menjauh dariNya, sehingga Dia memberi kemampuan kepada setiap orang, untuk mengikuti dan melakukan peraturanNya, sehingga tidak terjerumus, yaitu dengan:



a--Menaruh hukumNya, yang terutama dan yang pertama(Mat.22:38), di hatimu dan menuliskannya di akalbudimu(Ibr.8:10).

b--Akan memberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam batinmu(Yeh.36:26).

c--Dapat menjauhkan hati yang keras dan memberikan hati yang taat(Yeh.36:26).



Sehingga dengan adanya butir 2a,b,c, maka setiap orang seharusnya dapat menangkal niat dari “hukum lain yang melawan” akal budinya.

Namun Tuhan juga menambahkan supaya setiap orang percaya dan melakukan peraturanNya dan percaya bahwa Yesus yang adalah anakNya. Sehingga anda akan lebih kuat, menghadapi “hukum yang melawan akal budimu” karena selain telah mempunyai roh serta hati yang baru juga hukumNya telah ditulis dihatimu dan ditaruh di akal budimu. Jadi kekuatan sudah 2 kali lipat.



3--Dalam kenyataan hidup sehari-hari.

Contoh yang sangat jelas mengenai “hukum yang melawan” akal budimu dan yang selalu anda membawa kemana-mana, sebagai berikut:



Raja Daud sedang bersantai sambil jalan disotoh bagian atas rumahnya, lalu melihat seorang perempaun sedang mandi. Daud sangat tertarik sehingga timbul nafsunya, tanpa pikir panjang, dia lalu menyuruh orang memanggilnya. Ternyata perempuan itu adalah Betsheba istri dari Uria prajurit perangnya. Lalu Daud menyuruh agar Uria ditempatkan di garis depan pertempuran supaya bisa mati, dan ternyata demikian. 

Lalu hamilah Betsyeba:



Peranan “suatu hukum yang lain” yang berada dalam anggota tubuhnya raja Daud, telah berhasil mendominasi akal budinya, sehingga telah berhasil mempengaruhi Daud lalu terjadilah perbuatan yang dilakukan oleh Raja Daud. Karena telah melihat perempuan telanjang sedang mandi, timbullah nafsu sexnya. Bahkan Daud membunuh secara tidak langsung suaminya Betsheba.



Dampaknya: Tuhan menghukum raja Daud, yaitu: bahwa selalu ada keributan dalam keluarganya dengan memakai pedang(2Sam.12:10) dan isri-istrinya raja Daud diambil Tuhan dan diberikannya kepada orang lain disiang hari(2Sam.12:11).

                          

Himbauan: jangan tergoda dan hidarilah kesempatan yang mungkin tidak terulang lagi, seperti yang sejenis sesuai penjelasan diatas. Dengan cara bersandar pada Tuhan Yesus, supaya akal budimu tetap terang.



Penutup

Adahukum lain yang berada dalam angota-anggota tubuhmu, yang melawan akalbudimu dapat ditangkal, karena Tuhan telah menaruh hukumNya dalam akalbudimu serta menulis dalam hatimu.  Karenanya selalu melekatlah pada Yesus dan lakukan peraturanNya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Rm.7:23

Tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku



Mat.22:38

Itulah hukum yang terutama dan yang pertama (yaitu: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu)

Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudab waktu itu,” demikianlah firman Tuhan”. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.



Yeh.36:26

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat



2Sam.12:10

Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu  sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil istri Uria, orang Het itu, untuk menjadi istrimu.



2Sam.12:11

Beginilah firman Tuhan: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu  sendiri. Aku akan mengambil istri-istrimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan istri-istrimu di siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar