Sabtu, 13 Juli 2019

Manfaat hukum Taurat bagi manusia


Latar belakang



Hukum Taurat menjelaskan bagiamana manusia berhubungan dengan Tuhan dan hubungan antara sesama manusia(Kel.20:1-17), juga menghindarkan perbuatan yang tercela.



Materi yang di sharing, sesuai topic



Hasil ciptaan Tuhan adalah sempurna(Kej.1:31), dan manusia adalah salah satu hasil ciptaanNya yang tertinggi nilai. Selain itu Tuhan menugaskan kepada manusia supaya beranakcucu untuk mengisi bumi ini, dan juga berkuasa atas hewan, dan memelihara bumi(Kej.2:15). Namun  Tuhan juga memberi perintah kepada manusia jangan memakan buah(kej.3:22) yang Dia larang karena pada saat  mereka memakannya, pasti mati(Kej.2:17).



1--Apa itu hukum Taurat (atau Sepuluh Perintah Allah).

Secara sederhana dan singkat, maka pengertian dari hukum Taurat(Kel.20:2-17), sebagai berikut:

a--Hubungan manusia dengan Tuhan, dari ayat 2 sampai dengan 7.

b--Hubungan antara sesama manusia, dari ayat 8 sampai dengan 17.

c--Karena hukum Taurat maka manusia mengenal dosa dan apa itu mengingini(Rm.7:7) yang bisa juga mengarahkan kepada ketamakan, dan apa yang tidak boleh diperbuat.



Perasaan  “mengingini” telah di berikan oleh Tuhan kepada Adam dan Hawa, namun dari perasaan mengingini sehingga timbul dorongan yang mengarah kepada ketamakan (alkitab bahasa Inggris: covetousness= keinginan) adalah keputusan manusia sendiri untuk berbuat. Jadi perbuatan memilih adalah keputusan dari kehendak bebasnya manusia atau setiap orang.



Kenapa bisa timbul dorongan yang mengarah kepada ketamakan, karena godaan itu sangat menarik dan tertantang untuk memperolehnya. Sebagai contoh, iblis menggoda supaya manusia memakan buah yang telah dilarang Tuhan, karena bila manusia berbuat atau terima godaan itu, dalam hal ini: mereka memakan buah yang dilarang Tuhan, maka mereka akan menjadi seperti Tuhan yang bisa mencipta, dll. Disinilah manusia salah menentukan pilihannya. Akibatnya, Tuhan mengusir mereka dari taman Firdaus dan harus bekerja untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. 



2--Manfaat hukum Taurat bagi manusia.

Dalam kelangsungan hidup manusia, maka manfaat saja yang mereka peroleh dari hukum Taurat, adalah sangat banyak. Bila memperhatikan penjelasan diatas, dan urutan dari ayat Sepuluh Perintah Allah (hukum Taurat) maka manusia supaya:

a—Sadar akan dirinya, karena Tuhan bisa mengambilmu keluar dari bumi ini, sebab Dia penciptamu dan hormatiNya. Oleh karena itu lakukanlah semua perintrahNya.

b---Tuhan sebagai menciptamu, maka anda supaya tidak boleh menyembah atau beribadah atau sujud kepada ilah-ilah atau allah patung-patungan berupa bentuk apapun yang anda buat, roh-roh yang mencari keuntungan darimu, dll.

c---Setiap perbuatanmu selain untuk kepentingan dirimu, juga yang tidak kalah penting adalah untuk Tuhan. Karena dengan demikian anda akan selalu berhati-hati melangka, sebab merasa ada yang mengawasimu(Ams.1:7, Mzm.111:10, Ams.19:23).

d---Setiap orang supaya saling menghargai sewaktu mereka berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan yang bersifat murni dan objektif. Namun sewaktu mereka berinteraksi, supaya selalu didasarkan pada ketulusan, yaitu: “mengasihi Tuhan dengan segenap hatinya, jiwanya dan akalbudinya”. Karenanya selalu dan dalam keadaan apapun ikutsertakan Tuhan.



Namun dalam seluruh perjalanan hidupmu selama masih berada dalam dunia ini, supaya anda selalu menjiwai hukum yang pertama dan yang terutama, karena di hukum itu terdapat(Mat.22:40) Sepuluh Perintah Allah atau hukum Taurat.



Penutup

Hukum Taurat atau Sepuluh Perintah Allah yang menuntun anda bagaimana ber-relasi atau berusaha secara objektif untuk mendekat dirimu pada Tuhan dan bagaimana saling peduli antara sesama manusia. Semuanya ini adalah dalam hukum yang pertama dan yang terutama.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Kel.20:1-17                          Kesepuluh Firman (hukum Taurat atau Ten Commandments)



Kej.1:31

Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik. jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam



Kej.2:15

Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.



Kej.3:22

Berfimanlah Tuhan Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannnya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya”



Kej.2:17

Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pasitlah engkau mati



Rm.7:7

Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: “Jangan mengingini”

Ams.1:7

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan,  tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.



Mzm.111:10

Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. puji-jujian kepadaNya tetap untuk selamanya.



Ams.19:23

Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka.



Mat.22:40

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar