Minggu, 28 Juli 2019

Apa sebab Yesus mengusir mereka(Mat.7:23)


Latar belakang



Yesus mengusir mereka yang berniat buruk dan juga yang telah mewujudkannya walaupun melakukan pekerjaan tersebut atas namaNya(Mat.7:23).



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Apa sebab Yesus mengusir mereka.

Untuk mengerti kenapa Yesus mengusir orang-orang tersebut, maka ketahuilah terlebih dahulu, apa yang mendasari motivasi mereka. Sehingga mereka melakukan berbagai jenis kegiatan, bahkan perbuatan mereka telah mengatas namakan Yesus. Dan dampak atas pengajaran mereka akan menyimpang dari kebenaran dan moral. Dampak tersebut dapat mempengaruhi dari, tidak ada artinya hingga bisa meningkat ke amoral, kekerasan yang tidak terkendali dan bencana yang memusnahkan. Jadi manusia dapat berkelakuan seperti binatang yang amoral. Karenanya mereka harus dihabiskan seperti yang terjadi pada orang-orang dari Sodom Gomora dan  mereka yang tenggelam sewaktu air bah di zaman Nuh.



Supaya anda mengetahui pengaruh dari dampaknya ajaran mereka, maka sebaiknya anda mengetahui bukan hanya ajarannya saja, tapi mengetahui terlebih dahulu apa yang mendasari motivasinya. Memang benar bahwa orang-orang itu juga berseru bahwa mereka telah bernubuat demi nama Yesus, dan mengusir setan demi namaNya, dan mengadakan banyak mujizat demi namaNya(Mat.7:22).



Kelihatannya bahwa perbuatan orang-orang ini sangat baik, karena mereka lakukan semuanya atas nama Yesus Sehingga bila orang yang tidak memperhatikan bahkan tidak meneliti secara mendalam(Mat.23:28), maka mereka pasti akan percaya dan juga menganggap benar, padahal berbohong dan mencari keuntungan diri sendiri. Misalnya:

a--Yesus menegor Ahli-Ahli Taurat dan Kelompok orang Farisi membayar perpuluhan tapi mengabaikan: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan(Mat.23:23), sehingga motivasi mereka patut untuk dipertanyakan.

b--Para ahli Taurat dan orang Farisi, sering membunuh nabi-nabi, namun mereka membangun makam yang mereka bunuh dan memperindahnya(Mat.23:30-31).

c-Yang diajarkan  para Akhli Taurat dan Farisi, bersifat perintah manusia(Mrk.7:7).



 Umumnya mereka ini berprofesi:

                        A
                         B
                         C
Profesi:
Perbuatannya:
Dampaknya:
1-Guru Palsu (GP)
1-mencari keuntungan pribadi dalam bentuk apapun, dengan cara melalui pengajaran.
1-Pengajaran tidak mengandung kebenaran dan kualitas rendah,  shg rakyat tertipu, menderita. Akibatnya menderita. Penyebabnya karena ego dan cari keuntungan dari GP
2-Beberapa Majelis agama (Mat.10:17)
2-menganiaya jemat dalam gereja
2-Menderita karena melakukan ajaran Yesus. Para majelis tidak mau jemat mengikuti ajaran Yesus.
3-Iman Kepala
3-mencari saksi palsu untuk membunuh Yesus(Mat.26:59)
3-Supaya Imam kepala tetap  menduduki jabatan dan pengaruh.
4-Pejabat Mahkamah Agama (PMA)
4-cari saksi palsu utk bunuh Yesus, dan mempertahankan
jabatannya.
4-Tingkatkan kedengkian rakyat supaya Yesus dibunuh namun mereka pertahankan kedudukannya.
5-Ahli Taurat dan orang Farisi(Mat.23:23)
5-benar mereka membayar seperpuluhan tapi inti dari hukum Taurat diabaikan, yaitu: keadilan, belas kasihan, kesetiaan.
5-Ada kalanya pengajarannya benar tapi perbuatannya Ahli Taurat dan Farisi busuk. Jadi tidak memberikan contoh yang baik










Apapun profesi seseorang, dan apa yang dia perbuat, serta apa dampaknya. Semuanya itu berawal dari motivfasi tertentu yang digerakakan oleh hati orang tersebut. Dan isi hati seseorang tidak bisa diduga. Karena dari hati bisa timbul segala pikiran jahat(Mat.15:19).



2--Motivasi

Setiap orang tidak dapat milihat dan mengetaui motivasi seseorang yang timbul dari hatinya. Dan motivasi itu timbul dari keinginan serta dari kehendak bebas seseorang. Sehingga walaupun anda telah dilarang untuk jangan berbuat tapi anda mempunyai pilihan apakah melakukan atau tidak. Dengan kata lain melanggar peraturan yang telah anda ketahui sanksinya, hal ini yang terjadi padaAdam dan Hawa.

Jadi godaan itu dapat melemahkan cara berpikir dan akal sehatmu. Apalagi godaan yang berdampak pada dirimu bahwa akan menjadi, seperti: Tuhan, orang sangat terkenal, akan mempunyai banyak harta, dll.



3--Selalu mengendalikan dirimu

Setiap orang pasti menginginkan motivasi yang benar. dan untuk memperolehnya sebetulnya tidak susah, yang penting kemauan dan ketaatan, dan jangan tergoda. Untuk itu maka anda harus bersandar kepada Yesus, yaitu: lakukan peraturan dan dan hukumNya. Dan hukumNya juga tidak susah-susah amat untuk dimengerti. Yang penting dari hukum itu, imani dan lakukan.

Hukum itu adalah hukum yang terutama dan yang pertama, itulah yang Yesus katakan. Dan hukum itu adalah hukum Kasih. 



Penutup



Motivasi timbul dari hatimu, dan hati mu yang memilih keinginan mana yang dia prioritaskan. Dan prioritas itu bisa jadi karena godaan dari luar, seperti yang di alami oleh Adam dan Howa. Untuk selalu memperoleh motivasi yang baik maka selalu dekatlah pada Tuhan, lakukan hukum Kasih(Mat.22:37-40) dan butir butir Kasih (1Kor.13:4-8).



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar