Minggu, 21 Juni 2020

Seberapa jauh anda berpartisipasi dalam aktivitas Kerajaan Allah.


Latar belakang



Setiap orang sesuai kemauannya, pribadinya, statusnya dan kemampuannya bisa berpartisipasi untuk membesarkan Kerajaan Allah.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1---Seberapa dalam anda berpartisipasimu.

Setiap orang boleh berpartisipasi untuk membesarkan Kerajaan Allah (KA), dasar pertama nya memiliki kasih(Mat.22:37-40). Tapi bibit kasih itu yang diberikan Tuhan berada dalam hatimu dan akal budimu(Ibr.8:10) yang akan berkembang atau bertumbuh sesuai pengertianmu berupa iman, sewaktu menjalani kehidupanmu. Imanmu yang dipertajam oleh perbuatanmu(Yak.2:22) yang timbul sesuai kemampuanmu akan terus dipengaruhi oleh dasar kedua.



Dasar kedua berupa: yang terbentuk dari pengaruh luar dan pendidikanmu. Karenanya kemauan dari setiap orang berbeda-beda sesuai kehendak bebasmu, maka motivasi juga tidak sama, lalu secara sengaja atau tidak maka proses memperoleh status sosialnya juga tidak akan sama. Oleh sebab itu ada yang menjadi petani, karyawan swasta/negeri, nelayan, penyanyi, dll.

Tapi juga berusaha dan tekad mempengaruh semua pencapaian itu. Demikian pun keseriusan untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan memerlukan suatu panggung atau tingkatan “berusaha dan tekad”, yang tergantung dari:

a—Keinginan

Keinginan membesarkan KA adalah baik namun harus beriman yang tertuju kepada Yesus. Untuk itu anda supaya percaya pada Firman yang diajarkan oleh Dia dan yang tertulis dalam Alkitab

b—Ketekunan

Dalam hal ini konsistensi untuk mencari Tuhan Yesus dan mendalami firmanNya adalah sangat penting, karena kemurnian rohani akan bertambahyang harus diikuti oleh perwujudan  adanya perbuata yang sejalan

c—Kepribadian

Masyarakat sekitarmu akan menilaimu melalui, tingkah lakumu yang mencerminkan kebiasaanmu akan apakah anda benar-benar

d---Tujuan

e---Beriman

f---Gabungan a-e



2---Setingkat apa partisipasimu dalam kegiatan KA

Selain alasan di butir-1, maka kesiapan berpartisipasi tergantung pada apa yang anda miliki untuk memulai berpartisipasi dalam KA. Pengertian partisipasi dalam KA sangat luas dan bervariasi, namun tidak berarti bahwa anda harus melangkapi diri dahulu hingga lengkap lalu memulai berpartisipasi dalam kegiatan KA.

Tingkat social bukan masalah maupun kondisi fisikmu dan atau pengetahuanmu. Tapi mulailah dimana tingkatmu berada. Dan setiap orang yang beraktivitas dalam kerajaan Allah pasti berbeda-beda hasilnya namun yang penting kemurniannya, sebagai berikut:

a--Ada keluarga petani miskin, namun secara tidak sengaja partisipasi dalam kegiatan KA. Kegiatannya berupa: hidup berdasarkan kasih(1Kor13:4-8) antara lain jujur, taat, dll, kerja keras, memberi panutan yang benar, sopan terhadap istrinya dan anaknya.

b--Sepasang laki dan perempuan berumur pertengahan yang batu menikah, mempunyai tekad untuk beraktivitas dalam Kerajaan Allah (KA). Cara mereka adalah:

ba--Saling mengasihi dan membantu

bb--Mempertunjukkan tingkah laku dan kepribadian yang benar

bc--Berinteraksi secara sopan bersama masyarakat sekitarnya.

bd--Memenuhi kebutuhan keluarga kecilnya dan orang-orang yang perlu pertolongan disekelilingnya

be--Beraktivitas dalam KA sesuai bakat dan kemampuan yang mereka dimiliki



Tidak susah bukan bila anda ingin beraktivitas dalam KA, yang penting iman dan perbuatan berdasarkan kasih, namun kasih ini tertuju kepada Yesus.

Karenanya berusahalah sebab kepada setiap orang diberi kesempatan.



Penutup

Setiap orang dapat beraktivitas dalam KA, namun tergantung kemauanmu. Tapi sebaiknya berdasarkan kasih yang ada dalam dirimu, disertai iman yang selalu disempurnakan oleh perbuatanmu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

(Mat.22:37-40)

(Ibr.8:10)

(Yak.2:22)

(1Kor13:4-8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar