Jumat, 28 Agustus 2020

Benarkah Anda dibawa ke dalam pencobaan

 

Latar belakang

Setiap orang tidak menghendaki adanya pencobaan yang harus dia lalui, namun sadar atau tidak, setiap orang akan selalu mengalaminya untuk kepentingannya.

Materi yang dibahas, sesuai topik

 

Pencobaan

 

Istilah cobaan di bahasa Indonesia mempunyai arti yang sangat luas sehingga bisa menimbulkan pengertian yang bias, tapi dalam bahasa Inggris sangat menjurus sehingga pengertiannya tidak kabur, karena mempunyai kata dasar yang berbeda-beda untuk setiap kegiatan, seperti contoh di bawah ini.

 

Dalam Doa Bapak Kami ada kalimat yang mengatakan, sbb:

......Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat... (and do not lead us into tempation. But deliver us from the evil one)Mat.6:13.

 

Bila di teliti kalimat diatas, maka:  

...seolah-oleh Tuhan telah membawa manusia ke dalam suatu pencobaan atau  temptation, sehingga mereka mengalaminya

 

Namun dalam kalimat selanjutnya, mengatakan:

...seolah-olah manusia yang telah mengalami pencobaan/tempation sehingga memohon untuk, melepaskannya dari yang jahat (Mat.6:13)....

 

1---Pencobaan

Asal kata pencobaan adalah “coba” dalam bahasa Inggris “try” namun “pencobaan” artinya “temptation”. Jadi try dan temptation sangat beda artinya.

 

Arti pencobaan menurut:

v  KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), cobaan adalah sesuatu yang dipakai untuk menguji: ketabahan, iman, dan sejenisnya. Sabarlah apabila Anda menerima pencobaan dari Tuhan. (cobaan atau TEMPTATION)

v  Dalam Alkitab,  ........ jangan membawa ke dalam pencobaan, tapi lepaskanlah kami dari yang jahat(Mat.6:13). Yang dapat di artikan sebagai di uji

v  Pengertian cobaan dapat diperluas, misalnya: apakah setiap orang bisa tabah namun tetap tekun, setia dan tidak berbuat curang selama hidupnya bila mengalami berbagai permasalahan, antara lain dalam; percintaan, masalah pribadi, masalah keluarga serta anak-anak, tantangan dalam karir, tugas yang berat, selesaikan perencanaan anggaran  lima tahunan, melawan pergaulan yang buruk, dan lain-lain. Di sini pencobaan sangat bervariasi artinya.

v  Yesus pun mengalami cobaan(Ibr.3:8), (cobaan atau TRIAL). Hal ini pun dapat terjadi pada setiap orang secara sadar atau tidak dan tanpa di sangka-sangka.

 

Sebetulnya, pencobaan adalah bagian dari kehidupan setiap orang di mana pun dia berada dan kapan saja, tanpa pandang jabatan dan status. Pencobaan dapat dipandang sebagai suatu: ujian, beban, kuras pikiran,  hambatan yang sangat memerlukan tenaga  dan waktu untuk dapat mengatasinya. Tapi dalam pencobaan ini, banyak orang juga yang mengalami kegagalan selama proses pencobaan berlangsung. Namun pencobaan pun ada manfaatnya untuk menguji: ketekunan, kesetiaan, ketaatan dan tidak berbuat noda, bahkan pemurnian atau peningkatan iman. Hal ini yang dialami Abraham, yaitu Tuhan mencobai(Kej.22:1-2) (dalam bahasa Inggris tested), karena Abraham harus mengorbankan anak satu-satunya sebagai  korban bakaran di atas gunung(Kej.22-2).

 

2—Cobaan karena kehendak Tuhan

Harus diketahui bahwa kepada setiap orang Tuhan telah memberikan karunia, sesuatu untuk memenuhi kehendakNya. Namun Tuhan dapat juga memberikan karunia yang lebih kepada orang yang di inginiNya(Rm.9:15) untuk melakukan suatu tugas

 

Namun ada orang yang tidak dapat dan tidak mau melakukan kehendakNya atau sebagai perpanjangan tanganNya untuk melakukan suatu tugas, sehingga merasa suatu beban, dan ini merupakan suatu cobaan baginya.

Pertanyaannya, bagaimana karunia yang menjadi cobaan bagi orang tertentu,

contohnya:

Tugas seperti yang Tuhan arahkan Musa untuk berbuat, yaitu memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Mohon perhatikan, bagaimana Tuhan melatih Musa namun tidak diketahuinya. 

a--Bagaimna cobaan dalam kehidupan Musa di dalam istana Firaun, ternyata dia membunuh seorang Mesir sehingga dia harus melarikan diri.

b--Cobaan untuk menguji kesabaran Musa selama 40 tahun, caranya menjadi gembala ternak di padang pasir selama 40 tahun.

c--Cobaan memberanikan diri menghadap Firaun, untuk mendesaknya agar bangsa Israel dapat keluar dari tanah perbudakan di Mesir.

Pelatihan yang Musa alami adalah  untuk memimpin bangsa Israel selama 40 tahun di padang pasir menuju tanah terjanji

 

2-Apakah Anda di arahkan ke dalam pencobaan(Mat.6:13).

Jelas tertulis, ....jangan membawa kami dalam pencobaan” (do not lead us into temptation). Dalam konteks ini, maka banyak sekali artinya, sehingga pencobaan dapat diuraikan sebagai berikut:

a---Secara alami

 

Cobaan yang terjadi sehari-hari.

Seperti biasanya, setiap langkah manusia selalu tidak lepas dari keadaan lingkungannya dan alam di sekitarnya, sehingga mereka menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

Misalnya seorang nelayan, untuk dapat mempertahankan hidupnya di laut, maka dia harus menyesuaikan diri dengan keadaan laut. Jadi  ini merupakan cobaan dalam  kehidupannya. Membayangi laut, maka akan terpikir: besarnya ombak, kekuatan angin bertiup, suhu di mana dia berada, arus laut, jenis ikan yang hidup dalam laut, sampah plastik di laut, dan lain-lain.

Keadaan fisik nelayan dan pikirannya harus menyesuaikan diri untuk hidup di laut, misalnya: untuk mencari makan, minum, mempertahankan keluarga, membesarkan anaknya.

Sehingga untuk mempertahankan hidup di laut, maka semua gangguan dari laut itu atau cobaan-cobaan secara alamiah dari laut harus dapat di atasinya dengan keahlian yang Anda punyai. Misalnya dapat memancing, berenang, menyelam, mempunyai  rumah-rumah apung yang tahan ombak, perahu pakai layar, dll.

 

Namun, bila nelayan tersebut tidak mau mengikuti syarat-syarat dari laut dan sekitarnya, maka dia akan mengalami cobaan yang ditimbulkan oleh kebiasaan dari laut itu. Sehingga dampak dari laut tsb akan sangat merugikannya, bahkan banyak orang mengalami penderitaan karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan laut atau di mana dia berada, sehingga membawa dampak negatif.

 

Di lain pihak bila mereka dapat memanfaatkan keadaan laut maka mereka akan memperolah keuntungan. Jadi bersifat positif dari sekitarnya, dan sifat positif dapat dikembangkan dan berbuah berkali-kali, demikian pun sifat negatif dapat terjadi berkali-kali yang merugikan siapa saja.  

 

Hal ini berlaku untuk semua aspek kehidupan manusia namun sesuai kondisi di mana Anda berada dan tekad Anda untuk tetap mengatasinya untuk meraih hal yang positif, karena cobaan itu tidak melebihi kemampuanmu(Mat.11:30). Asalkan berusaha untuk mengatasi segala cobaan itu, maka Anda akan hidup lebih sejahtera.

 

Cobaan seperti inilah yang akan Anda alami. Cobaan ini telah terjadi secara natural namun Tuhan yang menciptakannya. Jadi memang benar bahwa setiap orang pasti akan mengalami cobaan alami, tidak pandang kedudukannya atau tingkat sosialnya

 

Apa gunanya pencobaan

Gunanya dari segala jenis cobaan adalah untuk membentuk etika dan moral yang sesuai dengan ajaran Kasih. Dan bila Anda dapat terus meningkatkan kemurnian iman yang tertuju kepada Yesus maka Anda akan selamat, karena tujuan beriman dan pemurniannya adalah untuk keselamatan jiwamu(1Ptr.1:9).

 

Penutup

Setiap orang mengalami pencobaan secara alami, namun berusahalah untuk mengatasinya(Mat.11:30), demikian pun ada karunia yang diberikan sesuai kehendak Tuhan, karenanya berusaha untuk menerima dan lakukannya, bila menolak maka akan merupakan beban atau cobaan yang sangat membebanimu.  

 

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Mat.6:13

Kej.22:1-2

Kej.22:2

Rm.9:15

Mat.11:30

1Ptr.1:9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar