Rabu, 23 Maret 2011

Apakah anda robot atau yang ber-akal budi (kasihi)?



Keterangan:
Saya eddy Warbung mengucapkan terimakasih karena telah membaca artikel ini.
Tangapan anda saya tunggu di http://pikir-positif.blogspot.com  atau email:


Apakah  anda robot atau   yang  ber-akal budi (kasihi)?


Latar belakang

Tuhan menciptakan manusia menurut gambar dan rupaNya (Kejadian 1:26) dan setelah manusia mengenal dosa maka manusia harus bertahan hidup secara sehat dan wajar, setiap manusia harus memenuhi a.l:      a-kebutuhan fisik       b-aktivitas
c-pikiran yang positif            d-keinginan dan niat.

Percayakah bahwa ada kalanya ke-empat pemenuhan (a, b, c dan d) ini saling bersaing sehingga apabila manusia tidak bisa mengendalikannya maka nantinya ada yang mengutamakan kebutuhan fisik, atau aktivitas atau pikiran yang positif berupa visi, atau hanya niat-nya. Secara sadar atau tidak banyak orang menyeimbangkan ke-empat-empatnya tapi ada juga banyak orang yang mengutamakan salah satunya sehingga dapat menimbulkan dampak baik atau buruk. Bila anda melakukan sesuatu atas dasar kasih   kepada siapa saja, berarti anda sudah melaksanakan akal budi (yang merupakan bagian dari kasih, Matius.22:37).  


Yang akan di-sharing sesuai topic.

Dalam menempuh hidup, setiap manusia harus memenuhi beberapa syarat a.l.:
  1.  Kebutuhan fisik (setiap masa berbeda, misalnya: kebutuhan bayi tidak sama seperti remaja, atau nenek/kakek) harus seimbang, bila terlalu mengutamakan salah satu elemen dari kebutuhan fisik maka akan berdampak positif atau negative.
  2. Aktivitas adalah suatu kegiatan fisik atau pekerjaan yang dilakukan secukunya dan seimbang. misalnya; olahraga terlalu berat,kerja hingga larut malam terus menerus, terlalu lama traveling untuk bisnis, terlalu lama tidak komunikasi dengan anak-anak, karena akan ketagihan
  3. Pikiran positif berupa pikiran yang tidak mencurigakan, terbuka, tidak ada maksud untuk merugikan orang, pengajukan pendapat yang rational, kritik membangun, memperhatikan pendapat orang lain, dll, terlalu mengutamakan salah satu elemen akan berdampak positif atau negative. Juga jauhkan segala pikiran yang negative.
  4. Informasi selalu masuk melalui panca indra (mata, hidung, lidah dan kulit) dan diteruskan ke hati dan otak, bila anda mengingini dan berniat, maka otak mulai bekerja untuk bagaimana mendapatkannya. Ingin dan niat harus di lakukan bila tidak hanya berupa bermimpi, dan sebaiknya ingin dan niat harus diikuti oleh butir 1,2 dan 3 secara teratur menurut prioritas dan harus seimbang karena kalau tidak akan berdampak positif atau negative.

Dan apa hubungannya dengan ROBOT, yaitu bila:
  • ·         A-Dalam melaksanakan tugas anda mengutamakan butir 1 & 2, dan sedikit sekali mengikut sertakan butir 3 seperti. Jadi hanya bertindak bila ada instruksi.
  • ·         B-Dalam melaksanakan tugas anda menggunakan butir 1, 2 dan 3, secara penuh. Dan semua tugas masih didasarkan atas instruksi, inisiatif yang anda milika masih rendah.
  • ·         C-Dalam melaksanakan tugas anda menggunakan butir 1,2,3, secara seimbang, dan butir walaupun 4 masih rendah pengaruhnya.  
  • ·         D-Dalam melaksanakan tugas anda menggunakan butir 1,2,3 dan 4 secara penuh,  seimbang dan teratur.

Adakalanya butir 1,2,3 dan 4 itu saling bersaing dalam benak pikiran anda, maka itu menunjukan anda masih labil dan bila hal bersaing (tidak ada kepastian keputusan)  tetap dilaksanakan maka akan berdampak positif atau negative, kalau positif berati baik, tapi umumnya negative sehingga bisa terjadi bahwa segala hasil (karir dan harta) yang dicapai bisa hilang/lenyap, jadi sia-sia belaka. (Pengkotbah 2:21)

Sehingga semua kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan siapa saja sebaiknya didasarkan atas kasih (1Korintus 13:4-8) seperti “kasihi Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, jiwamu, akal budimu (Matius 22:37) dan bukan seperti robot.

Setelah anda membaca artikel ini, maka saya yakin bahwa anda lebih baik dari pada yang dijelaskan di artikel diatas.

Tuhan bersama anda dan memberkati anda.

Penulis.

Catatan: Adalah sangat indah bila anda buka Alkitab dan membaca sereta merenungkan firman-firman diatas seperti Kejadian 1:26, Matius 22:37, Pengkotbah 2:21, 1Korintus 13:4-8. Bila anda ingin bertanya sehubungan dengan artrikel diatas silahkan hubungi saya melalui email yang disebut diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar