Sabtu, 19 Maret 2011

Kenapa berkat anda dinikmati orang lain ?


Keterangan:
Saya, Eddy Warbung, mengucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini krn maksud saya adalah positif, bila anda merasa terganggu dan tidak suka sehingga merasa terganggu diwaktu tidur maka langsung saja di-delete dan tidak perlu disebarluaskan kepada orang lain. Bila anda bedrkenan saya tunggu tanggapannya di www.pikir-positif.blogspot.com atau email pikir.positif@gamil.com
  
                                        
                         Kenapa berkat anda dinikmati orang lain

Latar belakang

Semua ketekunan dan usaha adalah baik, terutama bila ditujukan untuk kepentingan keluarga dan  orang-orang yang patut untuk dibantu. Dan motivasi untuk membantu sebaiknya didasarkan pada kasih akan Tuhan (firman Tuhan, Matius 23: ayat 37-40). Di lain pihak ada beberapa individu yang berkatnya sangat melimpah tapi di salurkan ke orang yang tidak berhak menerimanya karena berbagai motivasi, (firman Tuhan, Pengkotbah 2:26).


Masalah yang akan di sharing (sesuai topic)

Karena ketekunan dan kerja keras sehingga berkat yang anda peroleh sudah wajarnya dinikmati oleh istri/suami dan anak-anak dan keluarga dekat juga untuk orang yang patut dibantu. Tapi ada kalanya orang lain juga turut menikmati sebagian dari berkat tsb, bahkan ada yang menerima bagiannya lebih besar, dibandingkan dengan keluarga yang hanya menerima bagian kecil, sehingga sering terjadi argumentasi bahkan bisa keretakan dalam keluarga.

Ada juga orang yang kerja keras dan peroleh berkat melimpah ruah tapi banyak mengalir keluar, misalnya milyaran rupiah setiap bulan untuk kepengintan yang sia sia. Kenapa sia-sia karena komunikasi yang tidak menyenangkan di dalam keluarga sendiri, sehingga dia bisa menempuh gaya hidup yang tidak wajar selain itu dia mempunyai kepribadian yang tidak mau mengalah, keras hati, sombong, pemarah, tidak sabar, curiga, dengki,  dll.  

Sebetulnya sebelum anda terjerumus dalam arti berkat anda diambil untuk orang yang tidak berhak menerimanya, pasti sudah ada peringatan dan ajaran yang melarang, yaitu:

Peringatan yang timbul dari hati nurani anda sendiri:

  • 1.      Kepekaan anda akan firman, seperti semacam ada suara dari dalam hati, yaitu suara hati nurani, karena sejak lahir hingga saat ini anda diajarkan akal budi dan dikonfirmasi berkali-kali mana yang baik dan jahat, senang dan susah, sayang dan benci, dll. Kalau kepekaan tinggi maka suara hati nurani makin sering terdengar sehingga anda  mempertimbangkan kembali akan melaksanakan atau tidak. 
  • 2.      Ketika anda mulai berniat untuk berbuat salah, maka suara hati nurani mulai memberikan alaram untuk jangan berbuat. Tapi sering orang melanggarnya. Karena dosa makin menebal


Sebagian ajaran dan peringatan yang dikutib dari ayat-ayat Alkitab sbb:

  • 1.      Ajaran ini untuk membuat anda tetap terima didikan dan tidak bosan terima peringatan, jadi supaya lebih peka sehingga konsisten tidak berbuat dosa. Lihat, Amsal 3:11 Hai anankku, jangan engkau menolak didikan Tuhan, dan jangan engkau bosan akan peringantannya.
  • 2.      Seorang ayah akan berbuat segalanya untuk meningkatkan kualitas seorang anak jika ayah menegornya itu adalah maksud baik. Lihat Amsal 3:12 Karena Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihiNya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.
  • 3.      Siapa yang memberikan berkat secara benar dan tepat seperti arahan Tuhan maka berkatnya akan mudah didapat. Amsal 11:25 Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan. Siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.
  • 4.      Yang patuh dan mengikuti kehendak Tuhan maka dia juga terus diberkati  . Amsal 3:9 Muliakan Tuhan dengan hartamu  dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu. Amsal 3:10 Maka lumbung-lumbung akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah angurnya.
  • 5.      Berkat yang diperoleh karena ketekunan dan kerja keras sesuai arahan Tuhan dapat diwariskan ke anak cucunya. Sebaliknya berkat orang berdosa tidak dinikmatinya, tapi orang lain. Amsal 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.

Diwajibkan kerja keras tapi berkat untuk orang lain.

1.      Kerja keras tapi sia-sia, jadi bekerja keras tapi berkatnya untuk orang lain. Pengkotbah 2:26 Karena kepada orang yang dikenankanNya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kekuasaan, tetapi orang yang berdosa ditugaskanNya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikan kepada orang yang dikenan Allah. Ini pun kesia-siaan dan usaha menjaring angin

Walaupun sudah ada peringatan, ajaran dan suara hati nurani, tapi karena dosa maka anda sudah tidak peka sehingga berkat yang dihasilkan hanya untuk orang lain, jadi sia-sia belaka. Bila anda termasuk salah satu individu yang dijelaskan diatas maka tinggalkan kebiasaan yang tidak menguntungkan dan segera mencari Tuhan dan mohon pengampunan, karena Dia maha pengasih.

Terima kasih sudah meluangkan membaca artikel ini, semoga berguna, dan Tuhan memberkati Anda.

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar