Sabtu, 09 April 2011

Sudahkah anda memilih kebutuhan hidup sesuai firmanNya?


Lanjutan untuk penjelasan: Kebutuhan fisik
Kutipan dari judul: “Apakah anda robot atau yang berakal budi (bagian dari kasih)”
Yang diterbitkan pada tgl:  23  / Maret / 2011.
Diterbitkan oleh: piker-positif.blogspot.com

Saya Eddy Warbung mengucapkan terimakah kepada anda karena telah
luangkan waktu untuk membaca artikel ini, dan tanggapan anda sangat
saya harapkan di website: pikir-positif.blogspot.com atau pada
email: pikir.positif@gmail.com Karena dengan menulis artikel ini 
bukan berarti saya sudah sempurna.

Sudahkah anda memilih kebutuhan hidup sesuai firmanNya?

Latar belakang

Tuhan mencipta manusia dan berfiman supaya manusia beranak cucu untuk memenuhi bumi (Kejadian 1:26-27). Tetapi setelah manusia berbuat dosa, mereka harus keluar dari taman Eden dan harus bekerja supaya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan untuk terjadinya kehendak Allah maka kepada semua manusia diberikanNya antara lain 10 Perintah Allah yang sampai sekarang ini masih merupakan salah satu dasar dalam pembentukan moral dan mental manusia, sehingga kebutuhan hidup yang dipilih oleh manusia bisa lebih berkualitas dan bermanfaat. Yang menjadi pertanyaan apakah manusia masih tetap mendengar atau patuh pada 10 Perintah Allah (Keluaran 20:2-17) yang mendasar itu ?.


Materi yang akan di sharing

Dalam proses kehidupan manusia, ada beberapa faktor yang penting misalnya salah satu kebutuhan fisik yang beraneka regam, apakah untuk diri sendiri, keluarga, organisasi, dll  (perlu diketahui bahwa kebutuhan fisik tidak sama  dengan  5 tingkat kebutuhan manusia yang dijelaskan  teori Maslow, dari Perancis).   Sehingga untuk hidup, maka fisik manusia memerlukan beberapa kebutuhan, antara lain:  
  1.  Sandang pangan (sesuatu yang bisa dilihat, dipegang, dirasa, dinikmati)
  2.  Pekerjaan untuk status sosial sekaligus untuk cari nafkah (sesuatu yang tidak bisa dilihat lihat tapi bisa dirasa secara emosional).
  3. Pasangan hidup untuk kelanjutan generasi (bisa dirasa oleh panca indra dan emisional).

Semua kebutuhan yang dijelaskan pada butir-butir diatas itu dipilih dan ditentukan oleh manusia atau anda sendiri, jadi keputusan berada ditangan anda, bukan orang lain. Dan keputusan yang anda ambil selalu berdampak positif atau negative, yang bisa mengakibatkan senang atau kecewa / untung atau rugi, dll, pada waktu itu atau nanti diwaktu yang akan datang.


Peringatan dari Tuhan

Agar keputusan yang anda pilih membuahkan hasil dan/yang berdampak positf, maka ada beberapa firman yang mendukung 10 Perintah Allah ( firman 10 perintah Allah sangat panjang, singkatnya sbb: kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. )  tsb di alkitab yang menyatakan, sbb:   
  • Yehezkiel 36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
  • Yehezkiel 36:27 RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya.
  • Matius 21:22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya
  • Matius 21:21. Aku berkata kepadamu, sesungnguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Hal ini akan terjadi.


Kebutuhan yang dipilih masih tidak tepat

Umumnya yang berbuat “pilih tidak tepat” adalah anda sendiri, Tuhan tidak merubah peraturanNya selain itu ke-peka-an anda terhadap Tuhan sudah berkurang, a.l; kurang sabar, kurang percaya, kurang yakin (Mat21:21), nafsu dan emosional, keras hati, tidak menepati perintah Tuhan. Juga pendekatan dan hubungan dengan Tuhan sudah berkurang, a.l; kurang berdoa (Mat 21:22) dan kurang sediakan waktu, sehingga salah pilih kebutuhan, misalnya:
  • Kebutuhan makanan dan minuman, bila anda terus menerus makan yang berlemak tinggi maka suatu ketika anda bisa kena serangan jantung. Terlalu banyak makan manis maka terjadi penyakit gula, terlalu asin makanannya maka terjadi penyakit darah tinggi, dll. (terlalu banyak takarannya adalah tidak baik)
  • Kebutuhan pekerjaan, dalam hal ini pekerjaan yang dipilih harus yang disenangi dan untuk cari nafkah bukan untuk mencari status, korupsi dan merugikan rakyat
  • Kebutuhan pasangan hidup untuk membentuk keluarga, ada pria/wanita karena merasa relative sudah tua sehingga kemungkinan siapa yang mendekatnya dianggap adalah pasangan hidupnya sehingga bersedia menikah walaupun pasangannya belum serius sehingga bisa merugikan pasangan hidupnya atau keluarganya sendiri.
  •  Kebutuhan gedung DPR yang salah momen-nya karena mahal sekali dan di lain pihak kinerja anggota DPR rendah, perumahan rakyat sangat kurang, sarana jalan rendah dan pekerjaan untuk rakyat sedikit. DLL.

Sudah tentu bila anda mengingini agar kebutuhan terpenuhi anda harus bekerja secara baik (Kolose 1:29 Itulah yang kuusahakan dan kupergunakan kuasaNya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku) dan jangan tinggalkan Tuhan,  percaya padaNya dan terus menerus tingkatkan hubunganmu.

God Bless You.

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar