Kamis, 08 Maret 2012

Berapa lamakah Roh berdiam di batin anda ?

Ringkasan artikel

Latar belakang:
Roh bisa berdiam di bantin seseorang tergantung
keteguhan  anda mengikuti ketetapanNya
dan peraturanNya

Materi yang di sharing:
Contoh  bahwa anda telah salah menggunakan
kebebasan tapi Tuhan dapat memberikan hati
dan Roh yang baru dalam batinmu

Manfaatnya:
Terus berdoa dan mencari Tuhan dan
percaya padaNya

Referensi:
Mohon liht dibawah artikel ada
keterangan dari ayat-ayat


Latar belakang

Tuhan menciptakan mahluk tertinggi nilaiNya yaitu manusia. Dan Roh-Nya diam di dalam batin manusia dengan maksud supaya mereka menuruti ketetapan-Nya dan selalu berpegang pada peraturan-peraturanNya dan melakukan semuanya itu (Yehezkiel 36:27), tetapi Tuhan juga memberikan kepada manusia kebebasan.


Materi yang di sharing, sesuai topik:

Berapa lama Roh-Nya dapat berdiam dalam batin manusia adalah tergantung keinginan dan tingkah laku setiap manusia tsb.  Dan seperti anda ketahui bahwa manusia bukan robot, sehingga keinginannya bisa segala macam tergantung kehendaknya (bisa: baik/buruk atau rohani/duniawi), kondisinya dan situasinya.


Timbul pertanyaan, antara lain:

Apakah Roh bisa tinggal selamanya dalam batin anda?.

Karena Roh adalah kudus yang keinginan berlawanan dengan keinginan daging (Galatia 5:17),  sehingga untuk mempertahankan Roh tsb memerlukan suatu usaha dan tekad yang sungguh-sungguh juga tetap konsisten, sehingga Roh bisa tinggal dalam batin anda. Karena setiap saat dosa selalu mengintip dan terus menerus menggoda agar anda berbuat salah, jadi anda harus dapat menguasai diri (Kejadian 4:7). Sehingga tergantung dari iman dan perbuatan anda untuk melakukan kehendak Tuhan atau tidak, supaya Roh-Nya dapat berdiam lebih lama.


Apakah kemerdekaan susah dikendalikan (Galatia 5:13) dan bisakah anda mendapat roh yang baru dalam batin?

Tuhan percayakan anda untuk mengelola bumi dan isinya (Kejadian1:26) karenanya anda diberikan kemerdekaan untuk melakukan apa saja, tapi jangan salah gunakan kemerdekaan tsb yaitu mencari kesempatan untuk berbuat dosa (Galatia 5:13) misalnya korupsi dll, sehingga menderitakan masyarakat dan bangsa. Tapi walaupun demikian Tuhan masih mengampuni kesalahan anda bahkan memberikan hati dan roh yang baru dalam batin anda (Yehezkiel 36:26), bila anda sadar akan dosa-dosa dan mohon pengampunan setulus hati dan mengikutiNya.

Jadi gunakanlah kepercayaan tsb untuk mengelola bumi secara merdeka untuk kepentingan bersama.


Apakah seorang narkoba bisa sembuh total ?

Sedalam apapun pengaruh narkoba pada seseorang, tapi kalau orang tsb sadar akan kesalahan yang telah diperbuat sehingga datang kepada Tuhan dan mohon pengampunan, berbalik ke jalan yang benar dan berbuat sesuai kepentingan Tuhan. Maka Tuhan akan mengulurkan tangan sehingga anda terbebas dari narkoba. Tuhan akan memberikan Roh baru yang akan diam di dalam batin anda dan itu akan membuat anda menuruti segala ketetapaNya, tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Nya dan melakukan semua itu (Yehezkiel 36:27). Oleh karennya berdoa dan cari muka Tuhan dan Tuhan juga akan menolong anda.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, mohon saran.


Penulis.



Referensi :

Yehezkiel 36:27
Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya

Galatia 5:17
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan – sehingga kamu setiap kali tidak  melakukan apa yang kamu kehendaki.

Kejadian 4:7
Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau tidak berbuat baik?. Tetajpi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.

Kejadian 1:26
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata ynag merayap di bumi.”

Galatia 5:13
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka, tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih


Yehezkiel 36:26
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat


Kejadian 6:3
Berfirmanlah Tuhan: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah  daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja”.


stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar