Kamis, 22 Maret 2012

Sadarkah bahwa setiap saat iman anda diuji?


Ringkasa artikel

Latar belakang:
Dimana saja iman anda diuji

Materi yang di sharing:
Penjelasan singkat bahwa iman akan
bertumbuh karena perbuatan

Kesimpulan:
Perbuatan akan sempurnakan
iman anda

Referensi:
Lihat di bawah


Latar belakang

Peningkatan atau penurunan iman seseorang tergantung dari bagaimana dia menanggapi suatu masalah yang setiap saat bisa menghadangnya secara langsung atau tidak langsung.

Apa arti iman dan firman, lihat: referensi.

Materi yang di sharing, sesuai topic:

Kepada setiap orang akan timbul iman, sewaktu dia mendengar firman Tuhan (Roma10:17)  secara sengaja atau tidak. Dan iman itu akan tersaring oleh rohmu (akal budimu, segenap hatimu, jiwamu, pikiranmu), sehingga ada yang tertinggal dan mungkin bertumbuh (Yesaya 55:11) tapi ada juga yang tidak. Penjelasan secara sederhana sbb:    

(1)--Iman yang tersaring, tertinggal dan bertumbuh.          
Iman yang tersaring oleh roh akan tertinggal dan diteruskan ke otak untuk diolah lebih lanjut, sehingga anda bisa mengetahui ada penambahan iman. Tapi setiap penambahan iman belum tentu teruji untuk bertumbuh.

(2)--Kapan  iman  diuji dan bertumbuh
Setiap penambahan iman belum tentu bisa cocok dengan cara berpikir anda. Karena dimana dan kapan saja, anda bisa menghadapi masalah, dan disinilah iman anda diuji, yaitu atas dasar response anda terhadap masalah tsb, bila: adanya kerjasama yang serasi antara iman dan perbuatan, sehingga masalah tsb teratasi secara baik, maka iman anda teruji dan menjadi semakin sempurna (yakobus 2:22).

(3)--Kapan iman tidak bertumbuh
Bila tidak ada kesesuaian antara iman dan perbuatan sehingga gagal mengatasi masalah, jadi iman belum bertumbuh dan harus diulangi lagi.

(4)--Pertanyaan sederhana mengenai iman anda
Sedalam mana anda beriman ? 
Coba buktikan !   ....................................................hanya anda yang tahu, (apakah karena sering ke gereja tiap minggu, kebaktian, dll, cukupkah itu ? . Atau, aktif dalam kerohanian dan dalam perbuatan, misalnya: mengajar,  ciptakan lapangan kerja, bantu orang memerlukan, kunjungi: penjara, yatim piatu, dll. ?)

(5)--Karena iman, maka Nuh membuat kapal (atas petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan) di atas gunung untuk selamatkan keluarganya karena Tuhan akan menghukum dunia (Ibrani 11:7)

(6)--Seorang mencuri mobil, anda mengetahui siapa orangnya,  apa tindakan anda? (disini iman dan perbuatan mencari saling kesesuaian, apa respons anda)


Kesimpulan

Jadi manusia dibenarkan kerena perbuatannya dan bukan karena imannya (Yakobus 2:24), oleh karenanya lakukan perbuatan sehingga iman anda lebih sempurna


Terima kasih anda sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.




R e f e r e n s i


I m a n :

Ibrani 11:1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Roma 10:17
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Yakobus 2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Yakobus 2: 24
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya iman.

Yakobus 2:26
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Ibrani 11:7
Karena iman, maka Nuh – dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan – dengan taat mempersiapkan bahtera untuk meuyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.



F i r m a n  :

Yesaya 55:11
Demikian firmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehandaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuhkan kepadanya.

Yohanes 1:1-2
(1)--Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Keluaran 20:1
Lalu Allah mengucapkan segala firman ini (yaitu: Kesepuluh Firman / 10 perintah Allah, lihat di Keluaran 20:2-17).

Yeremia 1:4-5
Firman Tuhan datang kepadaku, bunyinya:
Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar