Sabtu, 02 Agustus 2014

Hidup-kekal itu ada bila anda lakukan hukum-Kasih

Latar belakang

Tuhan akan memberikan Hidup-Kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat kebaikan, mencari kemuliaan Tuhan, kehormatan Tuhan dan ketidakbinasaan-(Rm.2:7)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Penjelasan mengenai ‘hidup-kekal’ banyak ditemukan di ayat-ayat dalam Alkitab dan ensiklopedi-alkitab, yang menyebut adanya hubungan dengan perbuatan manusia. Perbuatan-perbuatan tsb, a.l.:

Tuhan memberi petujunjuk supaya manusia melakukannya.
Semua manusia telah berbuat dosa, yaitu melanggar perintah Tuhan, dan upah dosa adalah maut(Rm.6:23) yang bisa dikatakan hilangnya perasaan rohani dan akan adanya kematian. Namun Tuhan tidak membiarkan manusia sendirian dan menderita, maka diberikannya sarana dan kesempatan, a.l.:

a/--Hukum-Taurat dan hukum-Kasih sebagai landasan untuk kehidupanmu didunia dan ber-relasi dengan Tuhan.

b/--Bermegah dalam kesengsaraan karena akan timbul ketekunan, dan dalam ketekunan menimbulkan tahan-uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan(Rm5:3-4). Dan pengharapan yang sejati adalah Yesus Kristus.

c/--Tuhan menyediakan karuniaNya a.l. berupa hidup-kekal kepada manusia yang mau bertobat, melalui Kristus Yesus, Tuhan anda(Rm6:23). Dan mereka harus berusaha bahkan merebut untuk mendapatkan hidup yang kekal(1Tim.6:12).

Tekun berbuat kebaikan, mencari kemuliaan Tuhan, kehormatan Tuhan dan ketidakbinasaan
Sampai saat ini manusia masih berbuat dosa(Rm.3:23), namun Tuhan tetap membuka jalan kepada mereka supaya mencariNya, sesuai pemberianNya di butir a, b, dan c yang dijelaskan diatas. Karenanya usahakanlah supaya anda berbuat baik untuk mencari kehidupan yang kekal(Luk.10:25)

Caranya memperoleh hidup yang kekal(Luk.10:26,28) adalah:

1-Mengerti apa yang tertulis dalam hukum-Kasih (sudah termasuk hukum-Taurat).
2-Lakukan hukum-hukum itu, dengan segenap jiwamu dan penuh tanggung jawab
3-Dalam segala hal, bermotivasi dan lakukanlah secara positif. Seperti yang dilakukan oleh orang Samaria-yang-baik-hati, yang dianggap orang kafir. Tapi dia menolong orang Yahudi yang dipukul dan dirampok sewaktu pulang dari Yerusalem. Bukan seperti orang Lewi, yaitu hamba Tuhan bangsa Yahudi, yang tidak menolongnya malahan pergi meninggalkannya(Luk.10:30-37).

Masih banyak penjelasan dan contoh-contoh  lainnya mengenai kehidupan kekal terdapat didalam Alkitab.


Pertanyaan sekarang, apakah anda percaya ada kehidupan kekal?

Yang pertama-tama anda lakukan adalah beriman dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus, karena:

Dia adalah jalan, kebenaran dan hidup(Yoh.14:6), dan siapa yang mau ke Bapa, harus melalui Dia.

Dan mengenai hidup-kekal.

Semua manusia telah berbuat dosa yang hukumannya ialah maut, namun karunia Allah ialah hidup yang kekal(Rm.6:23). Oleh karenanya manusia perlu mengaku dan mohon pengampunan dosa kepada Tuhan, karena dosa itu menyebabkan mereka kehilangan kumuliaan Tuhan(Rm.3:23).

Tuhan Yesus yang menjadi manusia(Yoh1:1) dan telah menebus dosa-dosa semua orang(Rm.5:8) semasa hidup mereka. Dan untuk itu Yesus disalib, dan setelah 3 hari Dia bangkit(1Kor.15:1-4).  Jadi ini merupakan suatu bukti bahwa Dia kalahkan dosa dan kematian. 

Dan semua kejadian diatas adalah karena kasih karuniaNya yang telah mengkaruniakan manusia yang percaya memperoleh hidup yang baru melalui kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, dan inilah yang memberikan harapan yang tegas pada kita(1Ptr.1:3).
                                            

Kesimpulan

Tuhan memberikan sarana dan kesempatan kepada manusia untuk hidup-kekal, namun manusia harus berusaha, mencari dan merebutnya(1Tim.6:12), a.l. lakukan hukum-Kasih. Namun semuanya itu bukan jasa anda, karena tanpa sarana dan kesematan itu, maka usaha anda sia-sia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.2:6-7
6-Ia  akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,
7-yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan.

Rm.6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Rm.5:3-4
3-Dan bukan hanya itu saja, kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan.
4-dan ketekunan menumbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

1Tim.6:12
Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau  telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Rm.3:23
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan  kemuliaan Allah.

Luk.10:25
Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memeroleh hidup kekal?”

Luk.10:26,28
26-Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat?
28- Kata Yesus kepadanya: “Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup”.

Luk.10:30-37              Orang Samaria yang murah hati.

Yoh.14:6
Kata Yesus keadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku

Yoh.1:1, 14
1—Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
14-Firman itu telah menjadi manusia, dan diam  di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Rm.5:8
Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

1Kor.15:1-4                kebangkitan Yesus

1Ptr.1:3
Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pangharapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar