Sabtu, 30 Agustus 2014

Kerajaan-Allah untuk anda

Latar belakang

Berusahalah cari Kerajaan-Allah dan kebenarannya, maka semua akan beres(Mat.6:33).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Tema pokok pemberitaan Yesus
Menurut injil Sinoptik*, tema pokok yang Yesus beritakan adalah Kerajaan-Sorga atau Kerajaan-Allah(EAMK-II-294), misalnya:
Yesus berkeliling dan mengajar di banyak rumah ibadah dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga dan melenyapkan segala penyakit dan kelemahan(Mat.9:35)

Pemberitaan mengenai Kerajaan-Allah ada dua:
 (1)--Meskipun pemberitaan tentang penghakiman dan panggilan untuk bertobat tetap ada(Mat.4:17) dan tidak dikurangi maksudnya, namun unsur penyelamatan dalam Kerajaan-Allah lebih ditekan.   
 (2)--Sewaktu  Yesus memakai kuasa Roh-Allah mengusir iblis, maka sesungguhnya Kerajaan-Allah sudah datang kepadamu(Mat.12:28).    
 
Bagaimana masuk dalam Kerajaan Allah
Banyak orang telah melakukan pekerjaan yang baik, a.l.; mengadakan banyak mujizat, mengusir setan, dll, demi namaNya. Namun Tuhan menolak mereka, karena mereka tidak melakukan pekerjaan berdasarkan kehendaknya, yaitu; perbuatan mereka tidak berakar pada peraturanNya dan hukumNya(Mat.7:21---terjemahan bahasa Inggris), dan juga motivasi mereka tidak positif.  Peraturan dan hukumNya, berupa:
1--Hukum utama yang pertama(Mat.22:37) yaitu:kasihi Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
2--Hukum utama yang kedua(Mat.22:39) yaitu:  kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
 3--Dan berbelas kasihanlah dan bimbinglah mereka yang belum mengenal hukum utama yang ke-1 dan ke-2, sehingga mereka juga bisa mengetahui dan  memperoleh keselamatan dari Yesus(Mat.9:37-38).
4--Dengan kemurnian hati untuk lakukan pertobatan dan mohon pengambupnan dosa dari Tuhan.
5--Supaya anda bisa dilahirkan kembali(Yoh.3:3), yaitu bertumbuh dalam rohani seperti anak kecil yang haus akan kebenaran. Dan-lain-lain.

Kerajaan Allah untuk siapa?
Yesus memberikan kesempatan kepada siapa saja, termasuk para muridNya, untuk bisa mengetahui rahasia Kerajaan-Allah. Tetapi kepada orang luar, a.l. mereka yang tidak percaya padaNya, karena benak pikiran mereka telah di-dominasi oleh hal-hal yang tidak ada hubungan dengan Kerajaan Allah, sehingga sekalipun mereka memandang, tapi  tidak melihat; dan sekalipun mendengar mereka tidak mengerti. Sehingga kepada mereka diberikan dalam bentuk perumpamaan(Luk.8:10), misalnya:
1)--Ada seorang penabur keluar untuk menabur(Mrk.4:1-20)
2)--Pelita dan ukuran(Mrk.4:21-25)
3)--Benih yang tumbuh(Mrk.4:26-29)
4)--Biji sesawi(Mrk.4:30-41)

Halangan masuk Kerajaan Allah
Banyak orang ingin mengetahui Kerajaan-Allah dan berusaha untuk bisa masuk ke dalamnya, namun ada faktor yang menghambat mereka, misalnya:
1==Ketetapan hati  kurang teguh, sehingga mudah terikut berbagai arus.
2==Kedagingan(hidup-duniawi) masih sangat dominan.
3==Ada beberapa pencari keselamatan terkecoh, karena ditipu oleh para ahli Alkitab yang munafik karena perbuatannya(Mat.23:13)

Siapa saja yang tidak dapat melihat Kerajaan-Allah
Semuanya tergantung dari motivasimu dan tujuan hidupmu, namun kalau sudah jelas-jelas melanggar perintah Tuhan supaya bertobat dan mohon pengampunan. Karena yang tidak masuk Kerajaan-Allah adalah mereka yang:
1)==tidak adil(1Kor.6:9)
2)==penyembah berhala,
3)==orang berzinah,
4)==bertindak sebagai banci maupun lesbian,
5)==dan-lain-lain.


Kesimpulan

Utamakan Kerajaan-Allah dalam hidupmu, yaitu menjiwai dan melakukan hukum-utama yang pertamma dan kedua.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

*Injil-injil Sinoptik adalah:
Penulisan sendiri-sendiri mengenai Yesus, oleh: Matius, Markus dan Lukas, yang ditinjau dari sudutnya mereka, namun ada yang tumpang tindih.

Mat.6:33         cari dahulu ka dan kebenarannya*
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

EAMK, jld.2, ISBN 978-602-8009-34-8,  Juli 2011, hal 294

Mat.9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kta dan desa; mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenhyapkan swegala penyakit dan kelemahan.

Mat.4:17
Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan sorga sjudah dekat!”

Mat.12:28
Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

Mat.7:21
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk kedalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga

Mat.22:37
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Mat.22:39
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Mat9:37-38

Yoh.3:3           ia tidak dapat melihat ka*
Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”

Luk.8:10
Lalu Ia menjawab: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetaui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan seklipun mendengar mereka tidak mengerti.

Mrk.4:1-20                 Perumpamaan tentang seorang penabur

Mrk.4:21_25               Perumpamaan tentang pelita dan tentang ukuran

Mrk.4:26-29               Perumpamaan tentang benih yang tumbuh

Mrk.4:30-41               Perumpamaan taentang biji sesawi

Mat.23:13
Cedlakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hak kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang, Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.

1Kor.6:9         yg tdk adil tdk akan perolah bagian dalam ka*

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar