Jumat, 23 Januari 2015

Kasiha karunia & Damai sejahtera, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

Latar belakang.

Selama hidupmu, kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera, akan menyertai dalam kebenaranmu dan kasihmu(2Yoh.1:3).


Materi yang di sharing, sesuai topic


Kehidupan manusia sepenuhnya tergantung dari Allah, karena Dia yang memberi tubuh, nafas atau roh(Kej.2:7). Jika Allah menarik kembali rohNya, maka binasalah tubuh manusia dan akan kembali menjadi debu. Dan pemberian ini adalah karena kemurahan Allah sehingga Dia meminjamkan “hidup” kepada manusia.

Relasi
Demikianpun Allah memberikan hukum-Taurat dan hukum-Kasih sehingga relasi antara a--sesama manusia bisa lebih baik, dan b--manusia dengan Allah bisa lebih taat, agar manusia mentaati dan melaksanakannya, sehingga kehidupan manusia bisa selamat di dunia dan nantinya memperoleh kehidupan yang kekal.

Dalam proses kehidupan manusia di dunia ini, Allah Bapa dan Yesus Kristus memberikan:
1--kasih karunia,
2--rahmat,
3--damai sejahtera,

yang akan menyertai mereka dalam kebenaran dan kasih. Seperti tertulis di Alkitab, ayat 2Yoh.1:3.

1--Apa artinya kasih-karunia.
Pengertiannya a.l.: Kasih karunia adalah pemberian yang cuma-cuma dari Allah kepada manusia yang seharusnya tidak layak mereka menerimanya(Kej.6:7-8). Namun Allah menghendaki supaya selama hidupmu, anda juga bisa bersifat memberi kepada siapa saja terutama kepada orang-orang yang seharusnya tidak layak menerimanya. Misalnya, walaupun dia adalah seorang musuh atau competitor tapi anda tetap memberikan dana dan bantuan sewaktu dia sedang susah, bangkrut dan memerlukannya..

2--Apa artinya rahmat1,
Pengertiannya a.l.: Kasih sayang atau belas kasih ialah sifat yang terdapat pada Allah. Dan Allah menghendaki supaya manusia bisa mempunyai sifat belas kasihan atau kasih sayang. Misalnya, berbelas-kasihan kepada orang yang memerlukannya;  (a) orang yang berdosa, dan sengsara(Mzm.86:15). (b) anak yatim, orangtua, cacat(Mzm.146:9)
 
3--Pengertian damai-sejahtera2
Damai sejahterah dari Allah adalah sempurna, karena: melampaui segala akal, yang akan memelihara hati dan pikiran anda dalam Yesus Kristus(Flp.4:7)

Namun semua manusia telah jatuh dalam dosa, dan iblis selalu menggoda, membujuk dan menghalangi manusia supaya jangan menerima damai-sejahtera itu.

Tapi anda harus tetap yakin akan Yesus, karena Dia yang memberikan damai-sejahtera, namun anda harus berusaha untuk memperolehnya, jadi bukan tunggu disuap seperti anak kecil.


Kasih-karunia, rahmat dan damai sejahtera menyertaimu?
Secara ringkas 1, 2, 3, telah diuraikan diatas, lalu apa gunanya menyertai-mu dalam kebenaran dan kasih-mu selama kehidupanmu?

Kebenaran
Rasul Paulus membedakan kebenaran(Flp.3:9) sbb:
AA--Kebenaran yang merupakan pemberian dari Tuhan.
 
BB--Kebenaran berupa keadilan yang dicapai oleh usaha moralmu. Karena kehidupan manusia tidak menentu dalam hal iman-nya, sehingga perlu dijaga supaya imanmu selalu tertuju kepada Tuhan, dan bukan kepada  materi, asusila, korupsi, dll. Atau pindah ke  ilah-ilah lain.

Kebenaran-mu (BB) inilah yang selalu perlu DISERTAI kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera, selama kehidupanmu !!

Dan ini berlaku bila anda ingin Roh-Kudus meminpin hidupmu, namun bila anda utamakan kepentingan iblis, maka penyertaan ini akan tidak berdaya.

Kasih (arti kasih tidak sama dengan kasih-karunia)
Umumnya, relasi kasih antara setiap manusia yang percaya dengan Tuhan, Allah kita, adalah baik-baik saja.
Namun belum tentu relasi kasih(1Kor.13:4-8) antara sesama manusia. ada kalanya orang senyum hanya formalitas saja, tapi begitu kepentingannya tidak ada lagi, maka tolong menolong sudah sirna.
Relasi semacam ini yang perlu disertai kasih-karunia, rahmat, damai sejahtera, walaupun sudah tidak ada lagi kepentingan.


Kesimpulan

Kasih-karunia, rahmat dan damai-sejahtera adalah penting untuk setiap orang yang percaya, karena akan disertai olehnya dalam kebenaranmu dan kasihmu selama perjalanan kehidupanmu. Namun anda harus berusaha untuk mendapatkannya dan mempertahankannya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :


2Yoh.1:3
Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet-11 Ap2011, ISBN 978-602-8009-33-1,Hal-528
2Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet-11 Ap2011, ISBN 978-602-8009-33-1,Hal-229-230

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Kej.6:7-8
Berfimanlah Tuhan: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal. Bahwa Aku telah menjadikan mereka”.
Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan.

Mzm.86:15
Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.

Mzm.146:9
Tuhan menjaga orang-orang asing anak yatim dan janda ditegakkanNya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkanNya.

Flp.4:7
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Flp.3:9
Dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

1Kor.13:4-8
4-kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

8-Kasidh tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar