Sabtu, 17 Januari 2015

Roh yang dikaruniakan kepada anda

………Lanjutan dari minggu lalu tgl 9-Januari-2015.................

3 Roh yang dikaruniakan kepada anda.       .


Penjelasan: Roh-Kudus1 sama dengan Roh-Allah, Roh-Kebenaran, Roh-Tuhan,
                     Roh-Yesus, Roh-Penghibur, Roh, (bukan “r-kecil” roh). 

Kenapa Roh ada dalam kita?

Tuhan menciptakan, a.l.: manusia dari debu tanah lalu menghembuskan nafas kehidupan ke dalam hidung manusia, sehingga menjadi mahluk hidup(Kej.2:7) yang tertinggi nilainya. Karenanya manusia itu sempurna, yang terdiri atas: badan, jiwa, roh(1Tes.5:23).

Dalam proses kehidupan maka ketiga-tiganya, yaitu: badan, jiwa dan roh, selalu bersatu, namun mereka mempunyai peranan tersendiri-sendiri. Karena tanpa:
--roh, maka manusia akan apatis dan hanya seperti robot, bahkan bisa mati(Mzm.104:29).
--badan, maka manusia tidak bisa beraktivitas dan tidak bisa bepergian (tidak dibahas).
--jiwa, maka tidak ada gunanya anda beriman, karena beriman adalah untuk selamatkan jiwamu(1Ptr.1:9), (tidak dibahas).

Dan roh dari seseorang bisa menjadi buruk bila dia tidak dapat menguasai godaan iblis dan kedagingannya, misalnya melakukan kekejian: berdusta, menumpahkan darah orang yang tidak bersalah, melakukan rencana jahat(Ams.6:16) dan-lain-lain. Namun bisa juga baik kalau anda membiarkan Roh Allah(Rm.8:14-15) memimpin kehidupanmu, yaitu melakukan perintah-perintahNya secara tulus.

Sekarang kembali ke kata kunci, yaitu: Roh.
Atau lengkapnya: “Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita?

Anda dikaruniakan Roh, karena menuruti nasehat.
Karena anda telah mengerti dan melakukan secara taat perintah-perintahNya (lihat nomor:1) dan menuruti nasehat untuk tidak merusak tubuhmu seperti merusak mentalmu, percabulan, dll (1Kor.6:20-26), misalnya:

Segala sesuatu adalah halal sesuai dengan tujuan kebutuhannya, tapi belum tentu semuanya itu berguna untuk dirimu. Misalnya, anda memaksa diri memakan blackforest, walaupun sudah mengetahui bahwa anda pengidap diabetik yang akut. Jadi jangan membiarkan dirimu diperhamba olehnya(1Kor.6:12)

Tubuhmu bukanlah untuk menikmati keindahan-dunia secara negative, misalnya percabulan, ber-korupsi, merusak alam sehingga rumah terendam banjir, dll. Tapi tubuhmu untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuhmu(1Kor.6:13). Karena itulah Tuhan menciptakan manusia untuk tujuan yang kudus dan mulai, karena kepada anda  diberikan tanggung-jawab untuk kelola dan menempati bumi. Itulah maksud Tuhan untuk manusia.
     
Atau, apakah anda tidak mengetahui, bahwa bait (singgasana) Roh-Kudus juga berdiam di dalam kamu? Roh-Kudus yang kamu peroleh dari Allah?Karenanya kamu itu bukan milikmu sendiri, tapi juga oleh Allah(1Kor.6:19)
  
Jadi tinggalkan dosa-dosamu dan terus mencari Allah. Selalu setia melakukan peraturanNya, dan Dia akan karuniakan Roh-Kudus yang akan tinggal bersamamu, dan anda juga akan berdiam atau tinggal bersama Allah.

Dan inilah yang membuat anda mengetahui, bahwa Roh yang telah Dia karuniakan ada atau berdiam pada-mu.

Kesimpulan

Jagalah hatimu supaya selalu melakukan perintahNya, yaitu; “mengasihi” Tuhan dan  manusia lainnya seperti dirimu sendiri. Sadarilah juga bahwa tubuhmu adalah milik Tuhan. Sehingga Roh yang Dia berikan bisa berdiam/berada di dalam tubuhmu dan anda di dalam Allah.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1 Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet-10 Juli-2011, ISBN978-702-8009-34-8, hal-318

1Yoh.3:24
Barangsiapa menuruti segala perinahNya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.
English translation:
Now he who keeps His commandments abides in Him, and He in him. And by this we know that He abides in us, by the Spirit whom He has given us.

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Mzm.104:29
Apabila Engkau menyembunyikan wajahMu, mereka terkejut; apabila Engkau mengabil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu.

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Ams.6:16
Enam perkara ini yang dibenci Tuhan, bahkan, tujuh perkara menjadi kekejian bagi hatiNya: mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah.

Rm.8:14-15
14—Semua orang, yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah.
15—Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

1Kor.6:12, 13, 19
12-Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.
13-Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

19-Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar