Sabtu, 03 Januari 2015

Kenalilah Tuhan-mu dan tetap bersamaNya.


Latar belakang

Kenali-lah Allah dan beribadalah kepadaNYa dengan tulus, rela-hati(1Taw.28:9), karena Dia yang menuntun aku di jalan yang benar(Mzm.23:3).


Materi yang di sharing, sesuai topic

Semua orangtua berusaha memberi bekal yang terbaik kepada keturunannya untuk menghadapi masa depan, bekal tsb a.l.: akal-budi, moral, rohani, siapa Tuhan Allah dari ayamu, dll. Namun, mingkin pengaruh diluar rumah lebih dominan sehingga anda terombang ambing mengenai Allah dari ayahmu itu.

Itulah sebabnya supaya anda lebih sunguh-sungguh berusaha untuk mengenal(Hos.6:3) Allah dari ayahmu(1Taw.28:9). Karena bila anda mencari dan mengenalNya, maka:
A---Dia juga berkenan ditemui olehmu.
B---Tapi jika anda meninggalkanNya maka Dia akan membuang engkau untuk selamanya.

Mengenal Yesus melalui pengajaran dan berbuatan 
1--Supaya manusia dapat mengenal Allah, maka Allah menghadirkan diriNya kepada manusia, agar manusia bisa menanggapinya1. Dan tanggapan manusia bermacam-macam. Ada yang melalui penderitaan lalu bertobat namun ada yang melupakan Allah. Contoh:

a-Tuhan menghancurkan kota Sodom dan Gomora, namun Lot dan
keluarga yang tinggal disitu, diselamatkan karena permintaan Abraham
pada Tuhan.

b-Tuhan selamatkan Nuh, keluarganya dan beberapa pasangan hewan,
namun air bah menenggelamkan semua manusia yang berdosa dan yang
sisanya.

c-Tuhan menghukum raja Daud setelah dia berzinah tapi mengampuninya setelah dia bertobat, namun sangksinya tetap berlaku(2Sam.11:1—12:15), yaitu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya.

d-Tuhan menghukum raja Salomo, bahkan menghancurkan kerajaannya,
karena kelakuannya yang tidak berpegang pada janji Tuhan dan mengikuti
ilah-ilah para istrinya(1Raj.11:5) . Sangksinya adalah Tuhan mengkoyakkan
sebagian kerajaannya dan diberikan kepada lawannya Salomo, yakni
Hadad(1Raj-11:14)

2--Dan kedatangan Yesus ke kebumi, untuk mengajarkan Kerajaan-Allah, mengambil murid-murid, menyembuhkan berbagai penyakit, membangkitkan orang-mati, dll,  sehingga semua perbuatanNya dikenal oleh banyak orang. Dia juga menjelaskan bahwa hukum terutama dalam hukum-Taurat adalah saling-mengasihi, yaitu hubungan kasih(Mat.22:37-39) antara:
Setiap manusia dengan Tuhan, dan
Setiap manusia dengan manusia lainnya

Namun Yesus juga menekankan bahwa kedatanganNya untuk membinasakan
perbuatan-perbuatan Iblis(1Yoh.3:8) yang ditujukan kepada manusia.


Bagaimana mengenal dan merasa bersama Yesus?
Mengenal Yesus tidak ada batasnya, yang penting keinginanmu dan tekadmu untuk mencariNya hingga bisa selamat(Luk.16:1-9), contoh:

a-Banyak orang menghindari bahkan menjauhkan diri untuk mengenal Yesus, alasannya karena mereka berada dalam kuasa-dosa. Sebetulnya hal ini tidak benar karena yesus datang untuk orang-orang yang berdosa dan sakit. Karenanya mohon pengampunan dan jangan berbuat dosa lagi, tapi kenali-lah dan percayalah kepadaNya supaya anda mendapat pengampunan dosa(Kis.10:43).

b-Awalnya Pengenalan-mu pada yesus sewaktu anda masih kecil, sambil mendengar firman Tuhan, lalu anda terus-menerus mengingat cerita tsb hingga dewasa, bahkan bisa saja anda mendalami ajaran-ajaran tsb lalu menghayati dan mewujudkan dalam bentuk perbuatan-mu sehari-hari(1Yoh.2:24) .
Dan bila anda tetap dengar dan berbuat demikian, maka anda akan menerima janjiNya, berupa: hidup yang kekal(1Yoh.2:25)

c-Setiap orang yang tetap mengimani dan melakukan perintahNya dan tidak berbuat dosa lagi maka orang tsb mengenal dan bersama Yesus, tapi siapa saja yang tetap berbuat dosa berarti dia tidak mengenal Yesus(1Yoh.3:6).  

Kesimpulan

Kenalilah Tuhanmu bahwa Dia akan baik bila anda mencariNya, dan lakukan semua perintahNya maka anda ada bersamaNya, tapi kalau anda tetap berbuat dosa maka anda tidak mengenalNya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1Kamus Alkitab, W.R.F. Browning, ISBN 978-979-687-393-7, cet. Ke-5,thn-2010, hal-15 kol-2 bgn bawah

1Taw.28:9            kenallah Allahnya, ayahmu dan beribadah               
Dengan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadalah kepadaNya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab Tuhan menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita, Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.

Mzm.23:3
Ia menyegarkan jiwaku, ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena namaNya.

Hos.6:3  berusaha sungguh2 mengenal Tuhan          
Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.

2Sam.11:1—12:15             Daud dan Batsyeba—Natan memperingatkan Daud sehingga
Daud menyesal

1Raj.11:5
Demikianlah Salomo mengikkujti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejiijikan sembahan orang Amon.

1Raj.11:14
Kemudian Tuhan membangkitkan seorang lawan Salomo, yakni Hadad, orang Edom; ia dari keturunan raja Edom.

Mat.22:37-39
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

1Yoh.3:8
Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari iblis, sebab iblis berbuat dosa dari mulanya, untuk inilah Anak Allah menyatakan diriNya, yaitu suaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan iblis itu.

Luk.16:1-9           Perumpamaan tentang bendahara yang tidak jujur.

Kis.10:43
Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barang siapa percaya kepadaNya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena namaNya.

1Yoh.2:24
Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu, jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.

1Yoh.2:25
Dan inilah janji yang telah dijanjikanNya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.

1Yoh.3:6              

Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar