Jumat, 01 Mei 2015

Firman yang selamatkan jiwamu

Latar belakang

Terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu(Yak.1:21).
  
Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa itu Firman Tuhan
Penjelasan mengenai Firman Tuhan sangat luas, pengertiannya sentral dan dinamis. Dalam Alkitab, firman bisa berupa ucapan Allah atau sebagai suatu penyataan:
A--diriNya1 sendiri untuk berkomunikasi dengan manusia.
B--Allah2, yang pengertiannya sangat luas serta dinamis, misalnya:
a--Oleh firman Allah, langit dan bumi dijadikan(Kej.1:3,6,9)
b--Memberikan 10-perintah Allah(Kel.20:1)
c--Firman-Tuhan(Yer.1:2) disampaikan oleh para nabi
d--Yesus memberitakan firman(Mrk.2:2)
e--Yesus identik dengan firman Allah(Yoh.1:1,14)
f--Dalam Kisah-para-rasul berarti pemberitaan Kristen             

Firman telah ditanamkan dalam hatimu.
Siapa saja, apakah pendosa berat, ateis, atau apapun, namun kalau mereka  menginginkan hidup yang baik, mereka akan berusaha untuk memperolehnya, yaitu: tinggalkan dosa dan cari Yesus.  

Jadi jika pada suatu saat, sengaja atau tidak sengaja, kalau mereka mendengar atau terdengar ada firman-Tuhan dan menerimanya secara lemah lembut. Maka firman tsb akan “connect” atau terhubung dengan firman yang sudah tertaman dalam hatinya(Yak.1:21), lalu berkembang, sehingga terjadilah pertumbuhan imannya kearah Tuhan Yesus.

Apakah anda peka pada firman
Untuk menyatakan apakah anda peka pada firman atau tidak, maka semuanya itu tergantung dari keinginanmu untuk hidup baik atau tidak(Mzm.38:10), karena Tuhan mengetahui apa motivasi hatimu.

Namun anda pasti pernah mengalaminya, yaitu sewaktu mau tidur dimalam atau terbangun diwaktu subuh, karena ada suara-suara dari dalam hatimu, misalnya seperti ada yang mengajarimu(Mzm.16:7) dan juga bertanya jawab kenapa anda kenapa berbuat sesuatu yang serong, merugikan masyarakat,dll. Dan ingat bahwa Tuhan Allah selalu menyelidiki perbuatanmu melalui hati-nuranimu(Rm.8:27)

Bila keinginanmu tulus dan benar maka Dia akan meluluskan keinginanmu(Ams.10:24) melalui kepekaanmu. Karenanya jangan keraskan hatimu.

Apalagi kalau anda teguh pada petunjuk-petunjuk firman, a.l. lakukan perintah Tuhan, hidup sesuai keinginan Tuhan dan bermotivasi mencari Tuhan yang menitik beratkan pada “lakukan kasih”(mat.22:37-39), maka wajarlah kalau anda peka pada firman.

Kekuatan dari firman
Kekuatan firman sangat hebat dan punya kuasa, karenanya peka-lah dan patuhi-lah terhadapnya dan lakukanlah(Yak.1:22), lalu dampaknya adalah membawa keselamatan jiwa bagimu, contoh:

Tuhan memberikan analogi, yaitu:
Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan(Yes.55:10).

Maka demikian pula kata-kata atau firman-Tuhan yang keluar dari mulutNya, tidak akan kembali dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Tuhan kehendaki dan akan berhasil dalam apa yang Dia suruhkan kepadanya(Yes.55:11)

Kesimpulan
Firman Tuhan sangat luas artinya dan berkuasa. Bila anda meresapinya, mengikutinya dan melakukannya. Maka dampaknya adalah keselamatan jiwamu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yak.1:21
Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

1Ensiklopedi Alkitab MasaKini, ISBN 987-602-8009-33-1, cet ke-11 April2011, hal-315
2Kamus-Alkitab, ISBN 978-979-687-393-7, cet ke-5 thn-2010, hal-108

Kej.1:3,6,9
3-Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang”. Lalu terang itu jadi.
6-Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.
9-Berfirmanlah Allah: ”Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada  satu tepmat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian.

Kel.20:1-17          Kesepuluh firman

Yer.1:2
Dalam zaman Yosia bin Amon, raja Yuehuda, dalam tahun yang ketiga belas dari pemerintahannya datanglah firman Tuhan kepada Yeremia

Mrk.2:2
Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintu pun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka.

Yoh.1:1-14           Firman yag telah menjadi manusia

Mzm.38:10
Tuhan, Engkau mengetahui segala keinginanku, dan keluhku pun tidak tersembunyi bagiMu.

Mzm.16:7
Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

Rm.8:27
Dan Allah yang menyelidiki hati nurani mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Ams.10:24
Apa yang menggetarkan orang fasik, itulah yang akan menimpa dia, tetapi keinginan orang benar akan diluluskan.

Mat.22:37,39
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
39-dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Yak.1:22              
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

1Yoh.2:5
Tetapi barangsiapa menuruti firmanNya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

Yes.55:10.
Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan

Yes.55:11

Maka demikian pula kata-kata atau firman-Tuhan yang keluar dari mulutNya, tidak akan kembalikepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Tuhan kehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar