Sabtu, 09 Mei 2015

Berusaha untuk tetap sebagai manusia-baru.

Latar belakang

Dahulu anda juga hidup dalam duniawi, namun sekarang anda telah membuangnya dan hidup yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh kebenaran dalam Yesus(Kol.3:8-10)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Manusia lama
Selama proses kehidupan maka setiap manusia harus berjuang untuk melepaskan dan tinggalkan segala dosa serta keinginan dagingnya(Rm.8:6) atau duniawi, namun  terus mencari kebenaran(Kol.3:5-11) supaya kehidupannya bisa selamat.

A--Apa itu dosa.
Penjelasannya: (a)--yang berbuat dosa adalah maut(Rm.6:23). (b)--yang melawan perintah Tuhan adalah maut, contoh Adam dan Hawa melanggar perintahNya sehingga mereka diusir dari taman Eden, dll. (c)--Raja Salomo melanggar ketetapan Tuhan, karena condong kepada para istrinya yang beri-ilah-ilah, sehingga kerajaannya pecah dua.

B--Apa itu keinginan daging.
Penjelasannya: kelemahan manusia a.l. keinginan-daging, bila diikuti maka dampaknya adalah maut(Rm.8:6), misalnya: percabulan, kenajisan, hawa nafsu jahat, keserakahan, berhala(Kol.3:5) melaratkan banyak orang dan berkorupsi, dll.

C--Peri-laku.
Dosa dan kelemahan-manusia mempunyai perilaku yang kecenderungan-nya berbeda-beda, namun ada persamaannya yaitu: marah, geram, kejahatan, fitnah, kata-kata kotor, saling mendustai(Kol.3:9), dll.

2--Manusia baru.
Jadi anda telah membuang: segala dosa-A, keinginan kedagingan-B dan peri-laku burukmu-C. Dan sekarang ini anda sudah berubah menjadi orang yang berpribadi yang baik atau manusia-baru(Kol.3:10), namun anda harus terus menerus mencari dan berusaha supaya bisa makin dekat dengan Yesus yang adalah jalan, dan hidup, dan kebenaran(Yoh14:6).

Oleh karenanya selalu andalkah Tuhan-Yesus dan berusaha bergaul dalam lingkungan yang baik. a.l. bersosialisasi dengan yang se-iman, memperdalam pengetahuan Alkitab, tingkah-lakumu mencerminkan perbuatan kasih, ikuti kegiatan kerohanian, dll, sehingga iman anda makin teguh kepada Yesus.

3--Manusia-Baru  dan  Lahir-Kembali
Dua istilah ini, mempunyai pengertian sama begitupun tujuannya, namun titik tolaknya berbeda, misalnya:
a)--Manusia-baru menekankan supaya tinggalkan dosa dan kelemahan-manusia a.l. keinginan-daging dan perubahan perilaku-mu.

b)--Lahir-kembali menekankan supaya pengetahuan-rohani serta perbuatanya orang-orang (termasuk orang-Yahudi pada waktu itu) harus secara total dirubah dan dimulai dari awal. Misalnya: seperti bayi yang baru lahir dan bertumbuh secara positif. Contoh, banyak ahli-Taurat dan orang-Farisi mengajar Hukum-Taurat namun keyakinannya dipertanyakan, karena perbuatannya tidak-sesuai(Mat.23:3) dengan yang diajarkan. Demikianpun ajaran Yesus, a.l. jangan melawan orang jahat tapi berilah pipi kirimu bila dia memukul pipi kananmu(Mat.5:39) dan hukum-Kasih, dll, tidak  mereka indahkan sehingga titik kulminasinya sewaktu Yesus disalibkan. Dan dampaknya  perilaku mereka me-refleksik-an pada perbuatan mereka, yaitu kekeliruan-besar. Karenanya pemahaman tersebut harus dirubah total, dalam hal ini Yesus memakai istilah “lahir-kembali kepada Nikodemus(Yoh.3:1-21).
   
4--Apa dampak dari manusia-baru untuk kehidupanmu?
Bila anda telah berubah menjadi Manusia-Baru  dan  Lahir-Kembali maka alam pikiranmu dan peri-lakumu menunjukkan perbuatan yang jujur, adil, berbelas-kasihan, peduli, dan sebagai motivator untuk meningkatkan lingkunganmu. Bahkan anda selalu menganjurkan supaya ada kebenaran dalam kehidupan manusia(Ams.21:21).

Siapkah anda untuk hidup sebagai manusia-baru?


Kesimpulan
Bila mentalmu dan perbuatanmu sudah tidak sejalan atau dua-duanya sudah kacau, maka sebaiknya berusahalah untuk hidup baru seperti yang diuraikan diatas dan seperti yang dikatakan Yesus kepada Nikodemus.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kol.3:8-10
8-Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar daru mulutmu.
9-Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
10-dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya.

Rm.8:6
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Kol.3:5-11       Manusia baru.

Rm.6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Rm.8:6
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Kol.3:5
Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.

Kol.3:9
Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya

Kol.3:10
Dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya

Yoh.14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yoh.3:1-21      Percakapan dengan Nikodemus.

Ams.21:21
Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar