Jumat, 15 Mei 2015

JalanKu dan bukan jalanmu

Latar belakang

Rancangan Tuhan yang diikuti bukan rancanganmu(Yes.55:8).


Materi yang di sharing, sesuai topic
                                                                       
1--Pikiran manusia tidak mungkin mengerti rancangan Tuhan.
Jalan pikiranNya Tuhan tidak ada seorangpun yang bisa menduga kemana arahnya, namun Dia yang mengaruniakan kehidupanmu di bumi yang sekarang ini anda huni dan damai sejahteraNya kepada kita semuanya(2Tes.3:16). Namun manusia harus berusaha melestarikannya.

Selain itu pikiran manusia terbatas dan sudah tergoda oleh iblis, sehingga mereka melawan perintah Allah(Kej.3:1-7). Karenanya alam pikiran manusia berbeda dan tidak mungkin mengikuti jalan pikiranNya Tuhan, seperti apa yang dialami oleh beberapa orang, untuk melaksanakan rencana Tuhan, a.l.:

a--Musa sama sekali tidak mengetahui jalan hidupnya: bahwa setelah jadi pangeran di kerajaan Mesir selama 40-tahun, harus menggembalakan ternak semala 40-tahun yang merupakan pelatihan kepemimpinan untuknya, yaitu dia akan memimpin bangsa Israel menuju tanah terjanji selama 40-tahun lagi.

b--Daud tidak menyadari bahwa pekerjaannya, yaitu: gembalakan ternaknya dan juga harus mengalahkan singa dan beruang bila menerkam ternaknya, berupa persiapan mental, keberaniannya, dll. Jadi telah terbiasa mengalahkan bahkan membunuh binatang liar(1Sam.17:35-36), maka tidak akan susah kalau melawan goliath yang tidak selincah singa-dan-harimau.
  
c--Maksud Saulus/Paulus kepergiannya ke Damsyik untuk menganiaya orang Kristen(Kis.9:3), namun Tuhan menghajarnya. Akhirnya dia bertobat dan mewartakan Injil di berbagai kota Asia Kecil dan Roma.

d--Yesus berdoa supaya Dia tidak mengalami penderitaan, namun tidak dijawab oleh BapaNya(Mat.26:38)

2--Bagaimana bila anda menolak rencana Tuhan.
Tuhan telah memilih dan merancang. Karenanya anda telah diproses seperti Musa, Daud, Paulus, Einstein, Newton, dll. Tapi harus diingat, bila anda sudah menerima rancangan itu dan sewaktu dalam proses menyelesaikannya anda menolak atau tidak lakukan sesuai proses perintahNya, maka anda akan menghadapi risiko, contoh:

Menolak sewaktu dalam proses penyelesaian rancangan.
a--Raja Saul, karena tidak melakukan proses peperangan seperti yang di-instruksiNya, maka akhirnya dia ditolak sebagai raja.
b--Raja Salomo pada akhir pemerintahannya, lebih mendengar para istri-istri yang berilah-ilah, maka kerajaannya pecah dua.

Menolak sebelum rancangan dikerjakan.
Bila anda menolak sebelum rancangan Tuhan dimulai, maka Tuhan akan memilih orang lain untuk melakukannya, dan membiarkan anda mencari jalan kehidupanmu sendiri. Namun keahlian yang telah Dia persiapkan untukmu akan diambil dan diberikan kepada orang-lain yang Dia pilih(Mat.25:28) untuk melakukan rancanganNya.

3--Apa sikapmu terhadap judul ini.
Setiap orang mengimani judul-diatas secara berbeda-beda sesuai motivasinya, namun adakah halangan bagimu bila Tuhan memasukkan anda dalam rancanganNya untuk mewartakan Injil?.

Umumnya pewarta sering dan sangat dihantui siapa yang bisa
dipercaya untuk menghidupkan-mereka, dll.
  
Dan Yesus telah menyatakan, bahwa Tuhan persiapkan kehidupan untuk manusia(Mat.6:26). jadi serahkan kekawtirnmu padaNya. Para pendeta yang teguh pada rancangan Tuhan, a.l.”

Pendeta Steven Tong, yang dipersiapkan sejak muda belia dan sampai sekarang ini masih aktif mewartakan Injil di a.l.: USA, Belanda, Rusia, Hongkong, Singapore, Malaysia, Indonesia, dll, yang mencakup lebih dari 33 juta orang. Demikianpun Billy Graham, keluarga Paul Crouch, dll.

Kesimpulan
Terimalah dan lakukanlah rancangan Tuhan, Dia yang menyertai-mu sampai kemana anda pergi wartakan(Mat.28:19-29)

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Yes.55:8
Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tuhan,

2Tes.3:16
Dan Ia, Tuhan damai sejahtera, kiranya mengaruniakan damai sejahteraNya terus-menerus dalam segala hal kepada kamu. Tuhan menyertai kamu sekalian.

Kej.3:1-7        manusia jatuh dalam dosa

1Sam.17:35-36
35-maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.
36-Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.

Kis.9:3
Dalam perjalanannya ke Damsyik; ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.

Mat.25:28
Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.

Mat.28:19-20
19-Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

20-dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar