Jumat, 27 November 2015

Karena dikasihi sehingga ditegor ?!

Latar belakang

Adalah suatu keberuntungan bila seorang kawan menegormu yang bertujuan supaya anda terhindari dari suatu kecelakaan. Namun bila ada yang menegor motivasimu yang buruk, apakah dia penyelamat atau penjerumus

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Hidup duniawi dan rohani.
Umumnya ada dua arus pandangan hidup yang dianut para-remaja setelah memperoleh asuhan dari orangtuanya, pendidikan dari sekolahnya dan pergaulan lainnya. Karena mereka telah dewasa dan akan meninggalkan rumah untuk menempuh kehidupannya sendiri. Pandangan hidup tsb, adalah:
a--Hidup duniawi berupa: kehidupan berdasarkan kemampuannya sendiri, logikanya, fisiknya, kepinterannya, kemampuannya, relasinya, dll. Dan berdasarkan itulah, dia mulai membangun, mencari, berusaha dan meningkatkan career-nya. Agar bisa punya banyak harta, dihormat orang, punya kedudukan dalam pemerintahan dan/atau lingkungan swasta.
b--Hidup rohani berupa: kehidupan berdasarkan aturan dari Tuhan. Bila jiwa anda telah yakin pada aturanNya, maka peraturan ini akan ikut campur dalam segala bentuk aspek kehidupanmu. Dan kehidupan rohanipun bisa mencapai career yang tertinggi. Misalnya: Daud dari penggembala menjadi raja Israel(2Sam.5:1-5).
c--Perubahan perjalanan hidup, sangat mungkin terjadi orang yang hidup-duniawi berpindah ke hidup-rohani karena dia sadar telah berdosa, sehingga meninggalkannya dan mencari Tuhan, demikianpun sebaliknya.

2--Semua-manusia alamai pencobaan.
Namun dalam perjalanan hidup setiap orang, apakah dia hidup-duniawi atau rohani, pada saat tertentu mereka akan menghadapi dan harus mengalami pencobaan. Dan akibat dari pencobaan ini bisa anda rasakan bagaimana kemurnian imanmu kepada Tuhan. Masihkah hidup-rohani? Atau pindah ke duniawi. Atau sebaliknya.
Jadi ada semacam proses, berupa indikasi yang kemurnian imannya menurun/meningkat, dan ini hanya anda sendiri yang mengtahuinya, a.l.:
a--Hatinurani-mu mulai menegormu(Mzm.16:7) bila anda bertindak tidak; jujur, adil, memeras, menipu,dll.
b--Bila anda tidak hiraukan kejadian-kejadian kecil yang memperingatimu,
c--Tetap anda masih tidak tanggap untuk tinggalkan kesalahanmu.
d--Akhirnya ada cobaan yang harus anda lalui. Contoh: raja Salomo yang bijaksana namun akhir dia bersender pada ilah-ilah para isterinya, sehingga Tuhan meremukkan kerajaannya(1Raj.11:11).

(“Meningkatnya kemurnian-iman” akan diuraikan dilain kesempatan )

3--Apakah teguran sebagai bencana atau penolong?
Teguran Tuhan ditanggapi bervariasi oleh setiap individu dari semua tingkat social, yang bersifat, a.l.:
Positif.
a--Menyadari, pribadinya berbuat kesalahan, sehingga harus memperbaiki dirnya. Misalnya perkataan kasar yang membuat orang depressi. Jadi mohon maaf.
b--Menyadari telah menipu banyak orang, karenanya harus dikembalikan semua hasil tipuan tsb. Jadi harus merubah mentalnya.
c--Menyadari telah lama memperhamba bahkan memaksa istri/suami/anak-mu mengikuti kehendakmu, karena anda yang pencari nafkah. Misalnya memaksa mereka masuk-aliran-sesat(ISIS, dll) yang dalam hati mereka bertentangan.Dll. Karenanya bentuklah keluarga yang harmonis(Ef.5:22-33, Ef.6:1-9).

Negatif
d--Tidak sadar bahwa tegoran tsb adalah dari Tuhan, sehingga menganggapnya sebagai tantangan yang harus dilawan sampai kapanpun. Namun akhirnya menderita dan bangkrut.
e--Tidak peduli penderitaan orang lain, walaupun mereka telah menjelaskan sejujurnya tapi anda tetap tidak percaya. Akhirnya mereka melapor perbuatanmu ke polisi.
f--Pengawasan terhadap kegiatan-perkantoranmu sangat-lemah; sehingga operasional anakbuahmu tidak terarah, keuangan masuk/keluar hampir tidak ada otorisasi, karena anda terlalu utamakan urusan sepele/pribadi diluar-kantor. Sehingga bila karyawanmu berlaku-curang, lalu-tertangkap. Maka anda-lah yang bertanggung jawab, lalu masuk penjara.
g--Banyak orang buat kesalahan, namun hanya berkata “lagi apes” kalau ditangkap polisi, jadi tidak mengaku salah.

Kesimpulan

Andalkan Tuhan(Ams.3:5) dalam segala aspek kehidupanmu. Bila ada teguran dan/atau peringatan, maka tanggapilah secara positif karena itu berarti anda masih diperhatikan(Why.3:19). Namun hilangkan sifat negative karena itu hanya merugikanmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


PenulisEddyWarbung


R e f e r e n s i  :

2Sam.5:1-5     Daud menjadiraja atas seluruh Israel

Mzm.16:7
Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

1Raj.11:11
Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Salomoj: “Oleh karena begfitu kelakuanmu, yakni engkau taidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapanKu yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.

Ef.5:22-33      Kasih Kristus adalah dasar hidup suami isteri
(Marriagte-Christ and the Church)

Ef.6:1-9          Taat dan kasih  (Children and parents)

Ams.3:5         
Percayalah kepda Tihan dengna segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Why.3:19
Barangsiapa Kukasihi, ia Ku-tegor dan Ku-hajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar