Sabtu, 02 Januari 2016

Tubuhmu untuk muliakan Tuhan

Latar belakang

Tubuhmu adalah tempat, dimana Roh Kudus tinggal/berdiam, karena tubuhmu adalah milik bersama, yaitu: Tuhan(1Kor.6:19) sebagai penciptamu dan anda sendiri.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Tubuhmu milik siapa
Setiap orang adalah ciptaan Tuhan, supaya bisa berpartisipasi dalam rancanganNya. Namun hidup manusia terbatas karena mereka semua telah berdosa dan pada saatnya akan meninggal(1Tes.5:23), maka:  
a--Keseluruhan aktivitas tubuhnya berhenti dan akan mengalami kerusakan sehingga harus dikuburkan dan akan kembali jadi tanah……..yang-dibahas
b--Rohnya kembali ke Tuhan …………………………………….(tidak-dibahas).X
c--Jiwanya akan mempertanggung-jawabkan perbuatanmu…..(tidak-dibahas).X

Sehingga bisa saja timbul pertanyaan, bahwa sebagai Pencipta, apakah Dia juga tinggal  didalam tubuh-manusia, dan juga sebagai Pemilik(1Kor.6:19)? Dan seberapa jauh:
d--Dia bisa tinggal dalam tubuhmu?
e--Dia bisa mengendalikan tubuhmu?
f--Manusia bisa mengendalikan tubuhnya sendiri menurut kebebasannya?
g--Manusia menggunakan tubuhnya untuk melakukan KaruniaNya yang Dia berikan padanya, a.l. berupa kuasai hewan dan bumi untuk kepentingan bersama-sama(Kej.1:28), atau hanya dipakai untuk kesenangan duniawi.

2--Apakah hanya tubuhmu yang berperan?
Selama kehidupanmu masih berada didunia ini, maka yang terlihat seolah-olah seluruh kegiatanmu dilakukan oleh tubuhmu melalui; panca-inderamu, pikiran, gerakan-gerakanmu, tangan, kaki,dll. Sehingga lingkunganmu bisa menilai perbuatanmu serta apa dampaknya, apakah berkualitas atau hanya menderitakan orang lain.

Tapi kenyataannya, perbuatan tubuhmu adalah reflefleksi dari perintah yang dipengaruhi oleh; pikiran, kesenanganmu, kebebasanmu, moralmu, dendam, perasaan ego, benci, nafsu, hukum-kasih, godaan serta hasutan iblis, dan-lain-lain. Jadi ada yang berperan selain keinginan tubuhmu, sehingga bisa me-refleksi perbuatan-perbuatan yang bersifat:
a--Rohani (sifat ini sangat baik, tapi kemungkinan tidak ada yang sanggup).  
b--Duniawi (sifat ini dianut banyak orang).
            c--Campuran antara Duniawi dan Rohani (sifat ini banyak dianut orang).  

3--Apa yang akan diperbuat oleh pemilik tubuhmu?
Suatu analogi: Keluargamu akan menginap di suatu hotel, tapi kalau sambutannya buruk, hotel kotor, bau, pelayanan lainnya lambat, dll. Maka keluargamu pasti marah dan kecewa, lalu tinggalkan hotel tsb dan mencari yang lain.

Maka sama halnya dengan tubuhmu, jika anda melakukan sesuatu yang kotor seperti 2b, 2c, misalnya; berzinah, korupsi, sengsarakan rakyat. Maka sebagai pemilik tubuhmu, yaitu:
a--Tuhan sebagai penciptamu, yang berdiam didalam tubuhmu
b--Hati-nuranimu yang akan menyatakan semua perbuatanmu yang sebenarnya bila Allah menyelidikinya.
Akan marah dan kecewa, sehingga Roh-Kudus bisa meninggalkan tubuhmu.  

Karena bayangkan, Dia yang menciptakanmu dan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam rancanganNya, berupa; kepercayaan serta kekuasaan supaya bisa mengatur hewan serta bumi dan menikmati kehidupannya. Tapi kenyataan yang anda lakukan adalah:
d--Tinggalkan rancanganNya 
e--Merusak tubuhmu pakai sehingga memalukan.
f--Ikuti godaan iblis, dll.
g--Berzina disana-sini.
h--Mengutamakan nafsu keburukanmu, dll.

4--Apa yang seharusnya anda perbuat.
Gunakanlah tubuhmu menurut aturanNya, misalnya;
a--Jagalah kekudusanmu, seperti dijelaskan diSepuluh Perintah-Allah(Kel.20:1-17).
b--Peliharalah tubuhmu supaya bersih dari kuman percabulan dan tingkatkan kemurnian rohanimu. Karena dengan demikian anda bisa menjadi panutan kepada yang belum atau masih kurang dalam pengenalan akan Tuhan.
c--Terus berada dilingkungan rohani dan usahakan bisa memberitakan kebenaran(Yoh.14:6).

Kesimpulan

Gunakanlah tubuhmu untuk memuliakan Tuhan, karena Roh-Kudus akan tinggalkan tubuhmu bila digunakan untuk hal-hal yang najis.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1Kor.6:19
Atau tidak tahukah kau, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna deNgan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “ Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

Kel.20:1-17     KESEPULUH  FIRMA  ALLAH

Yoh.14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

1Kor.6:20
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar