Sabtu, 16 Januari 2016

Hindari motivasi tersembunyi dalam rencanamu

Latar belakang

Setiap manusia pada saat tertentu akan mempertanggung-jawabkan perbuatannya di depan Tuhan Allah(Rm.14:12) atau apologetic1. Karenanya hindari motivasi-buruk dari siapapun yang mau menyisipkan dalam perbuatan-dan-rencanamu.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Manusia bekerja harus patuh pada aturannya.
Hampir semua karyawan dimanapun mereka bekerja harus membuat laporan kegiatannya sesuai peraturan-nya kepada yang berkepentingan(1Ptr.3:15). Demikianpun suatu rencana operasionalnya akan disusun se-benar-benarnya untuk mencapai objektifitasnya, sehingga pertanggung-jawabannya murni.

Demikianpun setiap orang akan mempertanggung-jawabkan perbuatannya secara murni kepada Tuhan. Untuk itu berusahalah yang terbaik dan hindarilah motivasi, titipan dan pesan yang tersembunyi. Lalu apa persiapan-mu?

2-Hindari motivasi tersembunyi dalam suatu rencana mu.
Tuhan telah memberi mandat(Kej.1:28) dan kesempatan kepada setiap orang untuk melakukan segala aktivitasnya, dan dari situlah akan timbul satu jenis kegiatan yang sesuai talenta-(Mat.25:20,) masing-masing, yang akan mereka perdalam untuk menunjang kehidupannya. Dan setiap orang pada akhir perjalanan hidupnya, akan pertanggung-jawabkan mandat dan talenta tersebut kepada Tuhan. Jadi berusahalah untuk menghasilkan yang terbaik-(Mat.25:21), sehingga lingkunganmu dapat merasakannya, selama anda masih berada didunia.

Namun disadari juga, bahwa banyak usaha-usaha tersembunyi yang disisipkan oleh iblis dalam hati manusia, sehingga aktivitas atau talenta atau rencana manusia kelihatan murni tapi sesungguhnya ada motivasi tersembunyi yang akan berdampak negative. Contohnya a.l.:   

2a--Biasanya motivasi-negative ngebeng dalam suatu rencana 
Suatu rencana bisa bersifat efisien dan efektif dimata masyarakat dan bisa membuahkan hasil yang baik, namun tidak semuanya demikian. Karena hasil buruk pun bisa saja terjadi, sehubungan terselipnya motivasi lain dari siperencana atau orang lain. Pernah terjadi ketua Mahkamah Konstitusi membuat kesalahan fatal, karena dia terima sogokan dari seseorang/ kelompok sehingga pihak penyogok menang dalam pilkada yang bersengketa.

Jadi masyarakat telah berharap akan terjadi kebenaran, karena Mahkamah Konstitusi pasti akan putuskan sesuai kebenaran, namun tidak terjadi. Apa sebabnya? Karena ketua MK sudah tidak bersifat objektif lagi, akibat dari telah terjadi conflict-interest didalam batin ketua tsb, karena sudah terima duit dan itulah motivasi yang buruk.

Perbuatannya yang nekad ini, karena dia merasa:
aa-Sebagai orang tertinggi dalam pengadilan, jadi tidak ada yang bisa bantah.
bb-Tidak ada yang mengawasinya, tapi dia lupa Tuhan ada dimana-mana(Ams.3:7)

Dan akibatnya sebagai ketua Makamah Konstitusi, dia tidak bisa melakukan kebenaran, malahan masuk penjara.

2b-Titipan dalam anggaran DKI
Banyak pembelian USB (Universal-Serial-Bus, yang dipakai untuk simpan data dari computer) tiba-tiba muncul dalam anggaran DKI, setelah disetujui oleh DPRD DKI. Inilah titipan-titipan yang ditolak oleh gubernur DKI

2c-Bagaimana mengetahui adanya motivasi terembunyi.
Untuk mengetahui ada-tidaknya motivasi tersembunyi yang disisipkan iblis dalam perencanaannya, maka anda harus bertanya kepada inisiator untuk mencari tahu, bila belum puas maka harus terlibat langsung dalam rencananya dan mengikuti tahap-demi-tahap untuk mengetahui arah tujuannya dan objektifnya. Bila perlu mengetahuilah kehidupan pribadinya, berupa:
Cara hidupnya          Pekerjaannya                        Pergaulannya
Tanggung-jawabnya Toleransinya              Pedulinya, dll.

Kesimpulan

Hindarilah motivasi-negatif berupa titipan, dll, yang disisipkan iblis dalam segala perbuatan dan rencanamu. Karena dampak dari dari semuanya itu, harus anda pertanggung-jawabkan kelak.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


PenulisEddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.14:12
Demikianlah setiap orang diantara kita harus memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah

1Apologetic.
Artinya menurut Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary, 11th Edition, ISBN 978-0-87779-814-9.
Apologetic
1--Offered in defense or vindication (the writings of the early Christians)
2--Offered by way of excuse or apology (an apologetic smile).
3--Regretfully acknowledgeing foult or failure
Apologetics
1--Systematic argumentative discourse in defense (as of a doctrine)
2--A branch of theology devoted to the defense of the divine origin and authority of Christianity.

1Ptr.3:15              siap sedia utk memberi pertanggungan
Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka;”Beranakcuculah dan bertambah banyaklah penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Mat.25:20
Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh  laba lima talenta.

Mat.25:21
Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbautanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepdamu tanggung jawab dalam perkara yang besar, Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Ams.3:7

Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar