Jumat, 29 Januari 2016

Jangan biarkan iblis menguasai pikiranmu.

Latar belakang

Hindarilah kekuatan-iblis yang bisa menguasai pikiranmu, supaya anda bisa beraktivitas yang positif untuk kemajuan lingkunganmu.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1-Tuhan mengutamakan manusia.
Rancangan Tuhan adalah sangat mulia, yang Dia wujudkan dalam berbagai ciptaanNya, misalnya; tempat berpijak, yaitu Bumi dan segala isinya, untuk:
a--Mahluk yang tertinggi nilainya, yaitu manusia yang segambar dan serupa dengan Dia (Kej.1:28), bahkan Dia melengkapi mereka, supaya bisa hidup baik dan mengalami keselamatan setelah kematian. Kelengkapan itu berupa, a.l.:
aa--Roh untuk mendampingi kehidupan tubuh manusia(Yak.2:26) dll, supaya bisa
berpartisipasi dalam realisasi rancangan Tuhan.
ab—Kebebasan sesuai kehendaknya, sehingga mereka bisa berbuat apa saja menurut keinginan masing-masing, dll.

2-Karunia sama dan khusus
Walaupun manusia telah jatuh dalam dosa namun Tuhan tetap memberikan kepada semua manusia karunia yang sama, berupa; hidup selama 24 jam/hari/minggu/bulan/tahunan, adanya siang dan malam, musim yang berubah, sepuluh Perintah-Allah, hukum-Kasih, dll., supaya mereka bisa memanfaatkan untuk kepentingan bersama dalam kehidupannya.

Selain itu ada juga karunia khusus, yaitu bila Tuhan ingin menggunakan seseorang, yang  mungkin adalah anda sebagai pelaksananya, maka Dia dapat berbuat demikian. Karena Dia telah mengamat-amatimu, bahwa anda selalu berusaha dan mencari yang lebih baik, sehingga Dia memilihmu dan memberikan petunjuk(1Kor.12:31) untuk melakukan hal yang anda ingini. Contoh:
a-Yusuf yang dijual sebagai budak, akhirnya menjadi orang nomor dua sesudah Firaun. b-Daud terlatih kalahkan singa dan beruang, sehingga sangat mudah kalahkan Goliat.
c-Newton yang menemukan gaya gravitasi.
d-Einstein yang menemukan rumus E=mv2, yang diwujudnya bom-atom.
e-Bill-Gate yang menjadi kaya-raya karena membuat program Window-MicroSoft.

3-Awalnya pikiran mereka bersih, tapi tergoda lalu melakukannya.
Karena kasih Tuhan yang sangat besar, sehingga Dia memberikan kebebasan kepada manusia.
Tapi manusia salah-gunakan kebebasan tsb, karena; manusia sudah mulai/bisa berpikir yang indah-indah, ingin status dirinya lebih tinggi dari yang ada sekarang, dll. Maka mulailah, sbb:
a-Otak manusia mulai bekerja, bahwa mereka bisa jadi seperti Tuhan(Kej.3:5), setelah ular menggoda dan merangsang pikiran mereka, lalu melanggar perintah Tuhan.
b-Kain menjadi panas hatinya setelah persembahannya tidak diterima Tuhan, lalu digodai iblis(Kej.4:7), sehingga dia tidak dapat menguasai diri dan selanjutnya membunuh Habel, adiknya. 
c-Banyak petinggi/anda berpikir tidak ada yang mengawasi-nya/mu serta hukum-nya relative kurang, sehingga berpikir kalau korupsi harus yang banyak. Supaya keluar penjara masih ada banyak sisanya untuk hidup berfoya-foya. Lalu mereka berbuat.

4-Singkirkan angan-angan yang tidak masuk akal dalam otakmu.
Awalnya pikiran manusia jernih, namun dalam proses kehidupannya mereka akan selalu berinteraksi dengan berbagai peristiwa: kejadian, baik, buruk, godaan, pencobaan, dll. Dan semuanya itu akan berdampak dan juga beradaptasi pada otak manusia sewaktu mengalami perkembangan, sehingga terbentuklah pemikiran yang uptodate. Baik-buruknya pikiran manusia tergantung ketertarikannya pada salah satu peristiwa diatas.

Untuk menjaga supaya otakmu bisa menangkal cobaan, godaan, dll. maka pikiranmu harus berpikir jernih dan selalu bersandar kepada Tuhan, misalnya peraturanNya(Amsl.3:5). Jangan buka peluang kepada iblis untuk menggoda pikiranmu, karena bujukannya seolah-olah akan mengangkat derajatmu. Misalnya:
            Pemikiran yang jernih.
            Nuh tekun mengerjakan perahu besar di lereng gunung walaupun dicela orang, namun
setelah airbah hanya mereka yang terselamatkan.
Pemikiran yang gagal, karena menerima godaan iblis.
Adam dan Hawa mengerti perintah Tuhan, namun berpikir akan ke-inginnya yaitu status dirinya supaya sama dengan Tuhan. Lalu melanggar perintahNya sehingga diusir dari taman Firdaus.

Kesimpulan
Tuhan menciptakan bumi serta isinya demikianpun rancanganNya, supaya manusia bisa ikut dalam rancangan tsb, namun manusia berpikir sesuai kebebasannya sehingga membuka celah. Dan inilah kesempatan iblis masuk dalam pikiranmu untuk mencelakakanmu. Jadi hindarilah dan selalu bersandar pada Tuhan.

Bila berkenan, mohon kesediaan anda mendoakan kenalanmu supaya bisa bersandar pada Tuhan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Yak.2:26
Sebab seperti tubuh tanpah roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa berbuatan-perbuatan adalah mati.

1Kor.12:31
Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Ams.3:5

Percayalah kepada Tuihan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar