Sabtu, 06 Februari 2016

Supaya anda berakar di batu-karang.

Latar belakang

Milikilah dasar yang benar(Mat.16:18) untuk bisa bertumbuh melalui segala rintangan sehingga semua lingkunganmu bisa menikmati hasil usahamu.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1-Bangun jemaat diatas batu karang.
Setiap manusia memperoleh karunia yang sama dari Tuhan(Kej.1:28), agar bisa melakukan kehidupannya dan berpartisipasi dalam ranganganNya. Namun setelah manusia jatuh dalam dosa karena tergoda iblis, maka selain beberapa fasilitas-kenikmatannya dicabut juga ditambah dengan beberapa pergulatan baru, misalnya:
a-Terjadi permusuhan dari keturunanmu melawan para pengikut iblis(Kej.3:15).
b-Dikeluarkan dari taman-Firdaus yang gratis makanan dan minumannya.
c-Bersusah payah mencari makanan untuk kehidupannya(Kej.3:19).

Kejadian diatas merupakan suatu kesulitan dan penderitaan yang berkepanjangan bagi turun-temurunnya manusia, sehingga mereka susah berhubungan dengan Tuhan Allah. Namun setelah kedatangan Yesus maka terbuka jalan, a.l.:
Petrus terpilih dan dipercayakan olehNya(mohon baca Mat.16:13-20) untuk mendirikan gereja sehingga mempunyai jemaat yang harus berakar di batu-karang. Dan kepada Petruslah diberikan kepercayaan untuk menggembalakan para jemaat(Yoh.21:17).

Dan sebelum Yesus disalib dan bangkit dari kematianNya, Dia telah memberikan peraturan yang terutama yaitu Kasih(Mat.27:37-40), yang diuraikan lebih rinci di Alkitab(1Kor.13:4-8), yang bisa dikatakan sebagai petunjuk-pelaksana bagi manusia. Sehingga gereja maupun jemaatnya harus berakar dan bertumbuh diatas batu karang, dan batu karang itu adalah Yesus(1Kor.10:4).

2-Bertumbuh sambil berakar diantara cobaan dan godaan
Semua orang dalam perjalanan hidupnya pasti akan alami pencobaan dan godaan(Mat.13:30), karena mereka-semua akan terus mengalami penyaringan dan pemurnian iman yang disertai dengan perbuatannya, hingga akhir zaman(Dan11:35). Dan siapa yang percaya serta melakukan ajaranNya pasti berakar pada Yesus sehingga bisa bertahan.

Dan mereka inilah yang sanggup mengatasi segala kesulitan hidup, karena selain terus berakar dibatu-karang juga mempunyai kemampuan untuk bertumbuh, walaupun hidup berdampingan dengan segala macam kejadian(Mat.13:25,30) yang berniat menyingkirkanmu dari kehidupanmu. Untuk itu dan alasan diatas, maka anda harus konsisten untuk bersandar pada Tuhan(Ams.3:5) sehingga bisa pinter-pinter membawa diri yang akan berhadapan dengan, a.l.:
a-Konsumerisme yang terus meningkat,
b-Kekerasan dan pembunuhan,
c-Idiologi yang tidak menentu,
d-Kemiskinan, penderitaan dan kekurangan makanan.
e-Epidemic penyakit yang menakutkan
f-Imigran yang kelaparan dari timur-tengah menuju beberapa negara
g-Tingkah-laku para penguasa yang hanya ingin berkuasa walaupun rakyatnya menderita

3-Berakar bertumbuh dan berbuah untuk lingkunganmu
Bila anda telah terlatih sehingga sanggup bertahan hidup di-antara segala bermacam alang-alang(2a-g) karena mengandalkan Tuhan, maka beritakanlah keberhasilan-mu berdasarkan itikad-baikmu dan secara rendah-hati kepada lingkunganmu, sehingga kemungkinan besar beban kehidupan mereka bisa teratasi lalu berkembang. Karena dengan demikian dari satu sisi, anda telah menyampaikan berita apa itu k-a-s-i-h, karena:
a-K-a-s-i-h mencakup kebenaran.
b-Kebenaran mencakup kejujuran-dan-keadilan.
c-Kejujuran-dan-keadilan terdapat dalam pikiranmu, yang akan ter-reflesi di perbuatanmu, perbuatan inilah yang akan berdampak pada manusia sekelilingmu.

Kesimpulan

Terus berakar dan bertumbuh pada Yesus sehingga bisa memberikan dampak positif pada sekelilingmu, adalah suatu pilihan yang benar. Karenanya selalu andalkan Tuhan Yesus dalam kehidupanmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Mat.16:18-19
18-Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batukarang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya.
19-Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga, apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala bintang yang merayap dibumi”.

Kej.3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturuannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya”.

Kej.3:19
Dengan berpuluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu”.

Yoh.21:17
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “ Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepadaNya;” Tuhan , Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa akau mengasihi Engkau” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaKu.

Mat.27:37-40
37-Jawab Yesus kepadanya: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama,
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hjukuim inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi”

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahnuan akan lenyap.

1Kor.10:4
Dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

Mat.13:30
Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai, pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai” Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku?”

Dan.11:35
Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian,  penyaringan dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman; sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.

Mat.13:25,30
25-Tetapi pada waktu semua orang tidur datanglah musuhnya menebarkan benih lalang diantgara gandum itu,lalu pergi.
30-Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumbulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.

Ams.3:5
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlan bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar