Jumat, 06 Mei 2016

Asal mula manusia berbuat dosa

Latar belakang

Dosa1 telah ada di alam semesta sebelum manusia diciptakan. Dan iblis selalu berusaha menjatuhkan manusia supaya berdosa. Sehingga mereka akan melawan Tuhan yang adalah penciptanya, selain itu supaya tidak bisa berpartisipasi dalam rancanganNya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

A--Dosa.
Dosa antara lain adalah, usaha dalam berbagai bentuk yang dilakukan iblis supaya manusia menerimanya, supaya mereka menggunakannya sebagai perlawanan dalam berbagai jenis tingkah-laku dan perbuatan, terhadap Tuhan. Jenis-jenis tsb, a.l.:
a--Manusia sebagai mahluk tertinggi ciptaanNya, ternyata bisa melanggar peraturanNya dan melawanNya.
b--Menyerupai: kejahatan, pelanggaran, tidak-adil, kegagalan, kesalahan, dll, yang ditujukan terhadap Tuhan.
c--Segala bentuk usaha supaya manusia menjauh dari Tuhan.
d--Supaya bisa berhala kepada dewa-dewa, dan tidak lagi kepada Tuhan yang
menciptakan mereka.

B—Manusia memperoleh hak istimewa.
Tuhan yang ber-rencana dan telah mewujudkan bumi serta segala isinya yang hasilnya adalah sempurna(Kej.1:31). Dan manusia yang diciptakan serupa dan segambar seperti Dia,agar bisa berpartisipasi dalam rancanganNya, maka diberikan berbagai keistimewaan dibandingkan dengan mahluk lain ciptaanNya, keistimewaan itu adalah:
a--Berkuasa atas hewan.
b--Bisa menaklukkan (manfaatkan dan mengatur) bumi.
c--Tuhan mengajak kerja-sama(Kej.2:19).
d--Menerima peraturan untuk ditaati dan dilakukan, demi kehidupannya yang baik.
e--Kehendak-bebas yang sangat menentukan, untuk memilih sesuai keinginannya.  

C--Kenapa manusia bisa jatuh dalam kekuasaan dosa.
Keistimewaan yang dijelaskan diatas mencakup a.l.:
(a)-PeraturanNya untuk ditaati dan dilakukan supaya hidupmu baik.
(b)-Selain itu Tuhan juga memberi kepadamu kehendak-bebas, untuk bisa memilah-milah mana yang terbaik untuk kehidupanmu tapi bukan untuk keuntunganmu.

Karena alasan C-(a,b), maka setiap orang mempunyai kebebasan untuk menentukan pilihannya, apakah mau sesuai kehendak-Tuhan yaitu taati dan lakukan peraturanNya sehingga menguntungkan kehidupanmu atau untuk keuntunganmu yang bersifat duniawi, dll.

Dan Hawa memilih, yaitu untuk keuntungannya yaitu keuntungan duniawi supaya dia mendapat kedudukan dan kehormatan(Kej.3:5) yaitu menjadi seperti Tuhan, jadi bukan untuk kepentingan hidupnya. Langkah inilah yang membuat manusia masuk dalam kekuasaan dosa.

Jadi manusia tidak manfaatkan keistimewaan yang diberikan Tuhan, malahan manusia sendiri yang salah gunakan apa yang diberikan Tuhan.

D--Sanggupkah anda tidak berbuat dosa?
Sebetulnya sarana telah ada untuk manusia agar tetap hidup baik. Semuanya itu telah diberikan oleh Tuhan, antara lain:
Lihat (Ba-e).
Mengeluarkan hati mereka yang keras dan memberikan hati yang taat padaNya.
Memberikan roh yang baru dalam batin mereka(Yeh.11:19).

Karena sejak Tuhan menciptakan manusia, ciptaanNya itu bukan sebagai robot yang hidup. Namun yang mempunyai akal-budi, perasaan-hati dan kehendak bebas sesuai keinginannya. Sehingga mereka mampu menentukan pilihannya, a.l. berkreasi, meningkatkan kualitas, beritakan arti kasih, dll, yang semunya itu untuk kehidupanmu atau keuntunganmu?

Jadi semuya pemberian itu merupakan kesempatan bagi manusia untuk menggunakannya demi menunjang kehidupannya.


Sehingga secara teori setiap orang bisa menangkal dan tidak berbuat dosa, dan selalu lakukan peraturanNya. Lalu turutilah teladan seperti kehidupanNya Yesus(Yoh.14:6), karenanya effektifkan keinginan matamu dan telingamu yang bisa menggerakkan emosimu yang sering bisa mengalahkan akabudi dan ratiomu.
Contoh sederhana: dirumah anda ketat ber-diet karena diabetic, tapi diluar rumah makanmu tidak terkendali, sehingga tinggal tunggu waktunya ginjalmu akan rusak yang akan merembet ke jantung. ----Bisakah anda kendalikan nafsumu?.

Maka demikianpun dengan hal-hal yang lain!.

Kesimpulan
Ciptaan Tuhan adalah baik dan sempurna, bahkan Dia memberikan kebebasan kepada manusia supaya bisa memilih sesuai kehendaknya. Namun mereka tidak memilih untuk kehidupannya tapi demi keuntungannya. Dan walaupun demikian, Tuhan masih mengutus Yesus untuk mencari manusia yang hilang agar kembali kepadaNya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1DOSA,
Dosa sudah ada di alam semesta sebelum Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, Ini terbukti dari hadirnya penggoda itu di Taman Eden dengan kata-kata godaannya.
Dosa adalah kejahatan dalam segala bentuk.
Dosa adalah perlawanan terhadap Allah yang dilakukan oleh manusia.
Dosa adalah egois dari setiap manusia, yang menunjukkan pemahaman yang salah tentang bobot kejahatannya
Lihat: Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet-11 April2011, ISBN-978-602-8009-33-1, Hal-257 kolom-1 & 2.

Kej.1:31
Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik, jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Kej.2:19
Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara.
DibawaNya semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Yeh.11:19
Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.

Yoh.14:6

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar