Sabtu, 16 Juli 2016

Hikmat memberi kelegaan dalam kehidupan(Phk.6:1)

Latar belakang

Setiap orang yang melaksanakan suatu keputusan berdasarkan kebenarannya sesaat itu, maka dia akan menikmati perbuatan tersebut karena sebetulnya itu keputusan moralnya, sehingga dia merasa lega dan senang. jadi tidak ada beban hidup.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa itu hikmat, maka pengertiannya a.l.:
Keputusan positif yang sangat tepat diantara beberapa pilihan yang ada, sehingga dilaksanakan pada sesaat itu(1Raj.3:24-27).
Suatu kepinteranmu untuk mencapai hasil yang diinginkanmu, sesuai keputusan moralmu(1Raj.3:9),  yaitu kebenaran.

1--Keputusan sesaat.
Setiap orang menginginkan agar bisa membuat keputusan sesaat yang secara refleks-nya itu benar, dan bila memungkinkan untuk seterusnya demikian. Keinginan seperti itu bisa diperoleh setiap orang, bahkan sejak dari usia muda pun. Asalkan anda yakin dan mau menerima, sehingga bisa menjiwainya, berupa:
a--Tuhan adalah dasar dan permulaan dari pengetahuan(Ams.1:7) dan penghidupan.  
b--Berusaha peroleh hikmat dan jangan menyimpang melalui perkataanmu(Ams.4:5) dan perbuatanmu.

Karenanya tanamkan dalam jiwamu, supaya takutlah akan Tuhan yang adalah sumber kehidupan(Ams.14:27), sehingga setiap pikiran dan tingkah lakumu selalu berdasarkan pada ajaran kasihNya, maka Tuhan selalu akan menyertaimu. Maka dengan demikian kehidupanmu legah.

Tapi mengejar duniawi, itulah kesempatan iblis untuk menggodamu supaya anda memilih: kesombongan, irihati, bujukan irrasional(Ams.3:7), dll. Agar anda berdosa dan relasimu terputus dengan Tuhan. Akibatnya membuat kehidupanmu menderita.
 
Terputusnya relasimu dengan Tuhan maka kehidupan rohanimu menurun. Sehingga godaan iblis menguat yang mengarahkan pikiranmu ke duniawi agar berbuat dosa. Dan hati-nuranimu akan menegormu karena kesalahanmu, sehingga dimalam hari susah tidur jadi istirahatmu berkurang, akhirnya kesehatanmu memburuk dan fisikmu melemah. Akibatnya berbagai penyakit yang bersarang dalam tubuhmu menguat, sehingga anda terserang penyakit a.l. animea, rematik. Semuanya itu, mengakibatkan keyakinanmu tidak fokus serta melemahnya pikiranmu dan tindakan-sesaatmu sudah tidak ada hikmatnya, bahkan melenceng.
Contoh:
Tindakan sesaat yang melenceng(2Sam.11:1-27).
Prajurit berperang namun raja Daud bersantai di sotoh rumahnya, lalu tergoda melihat perempuan sedang mandi, yang ternyata istri dari parajuritnya. Sehingga Daud menyeleweng. Dan hukuman dari Tuhan adalah, terjadilah pertumpahan antara anak-anaknya(2Sam.12:10), karena perebutan takta kerajaan Israel.  Di akhir hidupnya Daud menderita.

Namun bila anda konsisten pada landasan pendidikan orangtuamu dan lakukan semua peraturanNya, maka dengan sendirinya anda mudah mengerti dan menjiwaiNya. Atau secara otomatis pikiranmu yang berlandaskan ajaran tsb, akan  memberi instruksi kepada syaraf-syarafmu untuk melakukan suatu perberbuatan.  
Contoh:         
Hikmat
Hikmat dari keputusan(1Raj.3:16-28)  Raja Salomo.
Dua ibu saling mengaku, bertengkar karena memperebutkan seorang bayi yang hidup. Mereka menghadap Raja untuk mohon keadilan. Setelah mendengar alasan-alasan dan pertengkaran antara 2 ibu tsb, maka saat itu juga Raja menyuruh bawa pedang kepadanya untuk membelah bayi tsb, supaya dibagikan kepada masing-masing ibu.
Dan gerakan raja sangat cepat seolah-olah akan membelah bayi tsb.
Tapi ibu asli dari bayi bereaksi cepat dan berkata sambil menangis, “Tuanku Raja! janganlah belah bayiku tetapi berikanlah bayi itu kepadanya”  karena rasa belas kasihan mendalam pada bayinya. Ibu yang lain itu mengatakan penggallah bayi itu supaya separuh untukmu dan untukku.
Tapi raja tidak membelahnya dan diserahkannya bayi itu kepada ibu yang menangis, itulah ibu yang asli. Pasti Salomo merasa lega hidupnya, karena semaunya menerima.

2--Apakah anda berhikmat?
Supaya anda bisa berhikmat, mintalah kepada Tuhan maka Dia akan  memberikannya(Ams.2:6).  Namun pemberianNya itu supaya terlihat, bahkan yang gerakan refleks dalam perbuatanmu, sewaktu anda menyelesaikan kasus tertentu. Keputusanmu bersifat tepat dan cepat pada saat itu, seperti perbuatan Salomo (itulah yang disebut a.l. bijaksana). Maka setelah itu timbul rasa kelegaan dalam kehidupanmu.

Dan semua orang bisa memintanya, memperolehnya dan berbuat demikian.

Kesimpulan
Tuhan yang mempunyai hikmat, Dia akan memberikan padamu bila anda memintanya untuk membuat keputusan atas suatu masalah sehingga hasilnya cepat namun tepat, dan bisa  diterima oleh semua yang berkepentingan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Ams.1:7         
Takut akan Tuihan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

1Raj.3:24-27 
24-Sesudah itu raja berkata: “Ambilkan aku pedang“, lalu dibawalah pedang ke depan raja.
25-Kata raja: “Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua dan berikanlah setengah kepada yang satu dan yang setengah lagi kepada yang lain”.
26-Makata kata perempuan yang empunya anak yang hidup itu kepada raja, sebab timbullah belas kasihannya terhadap anaknya itu, katanya: “Ya tuanku! Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia. Tetapi yang lain itu berkata: “Supaya jangan untukku ataupun untukmu, penggallah!”
27-Tetapi raja menjawab, katanya:”Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia, dia itulah ibunya”.

1Raj.3:9
Maka berikanlah kepada hambaMu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umatMu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umatMu yang sangat besar ini?”

Ams.1:7
Takut akan Tuhan adalah perngetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Ams.4:5         
Peroleh hikmat, perolehlah pengertian, jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku.

Ams.14:27
Takut akan Tuhan adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.

Ams.3:7(6-8)
6-Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
7-Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan;
8-itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

2Sam.11:1-27             Daud dan Batsyeba. (Raja Daud mengambil Batseya sebagai isteri)

2Sam.12:10
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

1Raj.3:16-28              Hikmat Salomo pada waktu memberi keputusan.

Ams.2:6         
Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulutNya datang pengetahuan dan kepandaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar