Sabtu, 09 Juli 2016

Yesus adalah keselamatan manusia

Latar belakang
  
Yesus sendiri datang untuk menyelamatkan manusia dari dosanya(Yes.35:4) namun manusia juga harus bersihkan hatinya supaya mereka diselamatkan(Yer.4:14)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Berusaha untuk memperoleh keselamatan yang telah tersedia.
Manusia tergoda oleh bujukan iblis yang hebat, supaya memakan buah yang telah dilarang oleh Tuhan kepada mereka(Kej.2:16). Mereka memakannya karena, terbayang akan bujukan yang hebat. Yaitu akan mempunyai kedudukan seperti Allah dan akan mengetahui tentang yang baik dan jahat(Kej.3:4-5). Tapi disitulah kejatuhan mereka.

Namun Tuhan tidak membiarkan manusia menderita seterusnya. Dan Tuhan berfirman bahwa dari keturunannya perempuan, yang akan meremukkan kepala ular(Kej.3:15). Lalu beberapa lama kemudian Yesus lahir. Dan Dia datang ke dunia bukan untuk mengadili semua perbuatan manusia, namun untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya.  

Dan keselamatan yang telah ada, ditawarkan kepada semua manusia(Luk.8:12). Dan itu diberikan bukan secara cuma-cuma, tapi setiap orang yang menghendakinya namun harus berusaha dan berjuang untuk memperoleh dan mempertahankannya(Luk.13:24).

2--Yesus yang harus selamatkan manusia.
Jika anda beriman yang hanya tertuju kepada Yesus, maka anda akan sanggup mengaku dengan mulutmu, bahwa: “Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka anda akan diselamatkan(Rm.10:9), karena Yesus adalah a.l.:

a--Perantara antara Allah Bapa dan manusia.

b--Karena kasih karuniaNya, sehingga Dia menyediakan keselamatan bagi manusia(Ef.2:5). Dan keselamatan ada dalam diri Yesus dan Dia yang memberikan keselamatan1(Kis.4:12) itu. Jadi Yesus adalah juruselamat(Kis.13:23). Misalnya:

b1-Zakeus berusaha mencari untuk bertemu dengan Yesus, bahkan setelah Yesus kerumahnya, dia mengaku kesalahannya dan separuh harta kekayaannya akan diberikan kepada orang miskin. Lalu kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan pada rumah Zakheus(Luk19:9).

c--Karena Dialah yang berkuasa utk menyelamatkan(Yes.63:1b) semua orang, namun orang-orang itu harus mencari Dia yang melakukan kehendakNya, yaitu lakukan semua peraturanNya. Dan peraturan/hukum yang paling utama, adalah secara bersamaan mengasihi Tuhan dan mengasihi orang lain seperti dirimu sendiri. Misalnya:

c1-Kata Yesus kepada mereka: “Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbaut baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?” Tetapi mereka itu diam saja(Mrk.3:4).

C2-Yesus berkata kepada perempuan itu; “Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!”(Luk.7:50).

3--Bagaimana manusia peroleh keselamatan
Dalam butir 2 diatas telah dijelaskan bagian dari iman. Jadi lembutkan hatimu bila firman mulai bertumbuh dalam hatimu, dan adalah suatu karunia dari Tuhan bahwa anda mulai beriman yang hanya tertuju kepada Yesus. Namun iman itu harus ada realisasinya sehingga ada wujudnya dan/atau kemajuan moralmu yang tercermin pada etikamu selanjutnya pada perbuatanmu. Jadi lakukanlah perbuatan-perbuatan yang sejalan dengan imanmu selama hidupmu(Yak.2:24).

3a-Apa yang harus diselamatkan
Beriman yang hanya ditujukan kepada Yesus (lihat butir-2) adalah penting, karena iman itulah yang akan menyelamatkan jiwamu(1Ptr.1:9),

3b-Apakah kita semua rindu akan keselamatan.
Sekarang timbul pertanyaan, apakah kita semua sudah beriman yang hanya tertuju kepada Yesus. Sehingga kita semua bisa menerima Dia sebagai keselamatan kita?. Seperti yang telah diuraikan diatas, butir-1,2,3. Bila belum maka berusahalah dan mohon kepada Tuhan(Luk.11:13) supaya Dia memberikan Roh Kudus kepadamu untuk memimpinmu kearah Yesus.

Kesimpulan

Pada Yesus ada keselamatan yang disediakan untuk semua orang, namun setiap-orang harus berusaha untuk memperolehnya


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1Keselamatan.
Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, jilid-2, Cet- ke 10 Juli2011, ISBN 978-602-8009-34-8, Hal.375 kol-2.

Yes.35:4
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hagi: ”Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”

Yer.4:14
Bersihkanlah hatimu dari kejahatan hai Yerusalem, supaya engkau diselamatkan! Berapa lama lagi tinggal di dalam hatimu rancangan-rancangan kedurjanaanmu?

Kej.2:16
Lalu Tuhan Allah memberi perintah kepada ini manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahhya dengan bebas.

Kej.3:4-5
4-Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati,
5-tetapi  Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.”

Kej.3:15
Aku akan megadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara ketudrunanmu dan keturunannya; keturnannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya”

Luk.8:12
Yang jatuh di pinggir jalan itu ialah orang yang telah mendengarnya; kemudian datanglan iblis lalu mengambil firman itu dari dalam hati mereka, supaya mereka jangan percaya dan diselamatkan.

Luk.13:24
Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: :Berjuanglah untuk masuk  melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk tetapi tidak akan dapat.

Rm.10:9
Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu , bahw Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Ef.2:5
telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita – oleh kasih karunia kamu diselamatkan.

Kis.4:12
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapa diselamatkan.

Kis.13:23
Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikanNyua, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang  Israel, yaitu Yesus.

Luk.19:9
Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.

Yes.63:1b
“Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan”

Mrk.3:4
Kemudian kataNya kepada mereka: “Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?” Tetapi mereka itu diam saja.

Luk.7:50
Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: “Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!”

Yak.2:24
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Luk.11:13

Jadi jika kamu jang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapau yang disurga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar