Jumat, 23 September 2016

Manusia mengalami penderitaan namun dapat diatasinya.

Latar belakang

Sesudah manusia tergoda karena iblis, mereka jatuh dalam dosa. Maka timbul penderitaan di bumi, sehingga mereka merasakan adanya pertentangan, kesakitan, kebinasaan dan maut akan  merengutnya1. Namun mereka harus berusaha mengatasinya.   

Materi yang di sharing, sesuai topic

Setiap kehidupan manusia selalu diwarnai oleh kegembiraan, kesedihan, keberhasilan, penderitaan, dll, namun semuanya itu tergantung bagaimana manusia berinteraksi dengannya supaya bisa diolahnya sebaik mungkin untuk kehidupanmu dan bersama-sama. Untuk itu ada baiknya bila seseorang mengetahui, apa penyebabnya. Misalnya:

1-Penderitaan.
Penderitaan timbul karena manusia melanggar perintah Tuhan, dan akibat yang mereka hadapi adalah berbagai kesulitan yang bisa menghadang kehidupannya, a.l.:

A-Kurangnya pengertian untuk berbalik pada Tuhan, a.l.:
a-Mereka harus keluar dari taman Firdaus(Kej.3:24) dalam keadaan tidak ada persiapan serta minimnya pengetahuan. Mereka harus tiba-tiba berusaha untuk mempertahankan hidupnya di tempat yang asing, tidak seperti di taman Firdaus yang tersedia segalanya.

b-Minimnya pengertian sehingga tidak mengetahui bagaimana berbalik kepada Tuhan. Mereka hanya hidup mengikuti alam, yang penting bisa makan dan terhindar dari bahaya, dan hanya bersandar kepada kuatannya sendiri-atau-kelompok.

c-Manusia hanya hidup dari karunia-karunia Tuhan.

B-Menanggung akibat perbuatannya sendiri karena tidak mempunyai dasar untuk bersandar(Ams3:5) pada. Misalnya:
Setiap orang yang tidak menjiwai serta tidak melakukan “kasih”(1Kor.13:4-8), umumnya bersifat ego centris, sehingga: mengutamakan diri sendiri, akan menjamah sesuatu bila ada kesempatan walaupun rugikan orang lain, menganggap selalu benar, dll. Hingga satu saat dia akan terkena batunya, a.l. tertangkap dan dihukum, lalu merasakan apa itu penderitaan.

Namun penderitaan akan kembali, bila manusia berbuat dosa lagi. Dan Tuhan akan tetap menghukum siapa saja yang berdosa, seperti; menghapuskan manusia karena air bah di zaman Nuh(Kej.7:1-24), membasmi Sodom Gomora karena hujan belerang dan api(Kej.19:1-29),. Begitu juga bangsa Israel yang berhala-hala dibuang ke Babel, dan bait sucinya di izinkanNya untuk diruntuhkan.
  
Dan hal ini bisa berulang lagi kalau manusia tidak mempunyai dasar untuk bersandar kepada Tuhan sehingga sulit berbuat kasih terhadap sesamanya. Karenanya cari, kenali(Hos.6:3) dan lakukanlah kehendak Yesus, yaitu; lakukan kasih terhadap sesamamu manusia.

C-Iblis tidak diam, tapi selalu menggoda manusia.
Buah pikiran yang terus-menerus mendesak dan tidak berdasar, haruslah anda perhatikan, karena iblis akan menggunakan ide tsb, dia akan sisipkan beberapa hal yang tidak masuk akal(Kej.3:5) sehingga anda melakukannya. Dan akibatnya jatuh dalam dosa.

Namun bila ada buah-pikiran yang bersifat positif maka lakukalah sebaik mungkin, misalnya meningkatkan keharmonisan dalam rumah-tangga.

D-Tuhan juga menghajar manusia.
Setiap penderitaan sangat menyakiti, namun itu bisa sebagai akibat dari kesalahanmu. Tapi yang dibicarakan disini adalah, karena Tuhan menyayangimu, sehingga Dia menghajarmu(Ibr.12:6) agar bisa kembali ke jalan yang benar. Sama seperti ayah-ibumu berbuat kepada anaknya agar tidak lagi membuat kesalahan berikutnya.
 
Apapun akibat dari penderitaan, anda harus tetap percaya dan terus bersandar pada Tuhan. Dan untuk mengatasinya, anda harus:
==Selalu hadapi dan berusaha mengatasinya berdasarkan pikiran-pikiran positif.
==Yang memicu pikiran positif adalah “kasih”


Kesimpulan

Semua penderitaan yang merupakan tantangan dan kesusahan, harus anda hadapi dan lawan berdasarkan kasih, lalun rubahlah itu menjadi bermanfaat untuk kehidupanmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, jilid-1, Cet-11 April2011, ISBN 978-602-8009-33-1,Hal-244, kol-2.

Kej.3:24                               
Lalu Tuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

Ams.3:5                
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

1Kor.3:4-8                          
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keutungan diri sendiri.
6-Ia tidak bersukacia karena ketidak adilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Kej.7:1-24            Air Bah.

Kej.19:1-29          Sodom dan Gomora dimusnahkan, Lot diselamatkan.

Kej.3:5
Tetapi Allah megetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Ibr.12:6

Karena Tuhan menghajar orang yang dikasihiNya, dan Ia menyesahkan orang yang diakuiNya sebagai anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar