Jumat, 16 September 2016

Pemulihan bagi manusia hanya ada sewaktu hidup di bumi.

Latar belakang

Kepada setiap orang masih ada kesempatan untuk memulihkan dirinya, sehingga mereka bisa kembali kepada Tuhan, Allah kita semua, jika mereka berusaha mencarinya dan melakukannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Setelah Adam dan Hawa melanggar perintah, karena tergoda hatinya untuk jadi seperti Tuhan(Kej.3:5), sehingga memakan buah telarang itu, akibatnya mereka diusir keluar dari taman firdaus(Kej.3:24) lalu ditempatkan dibumi, dimana iblis dibuang(Why.12:9). Di bumi manusia mempunyai kesempatan untuk memperbaiki dirinya.

1--Pembunuhan pertama di bumi.
Adam dan Hawa menyadari bahwa bumi adalah tempat kehidupannya. Bersama keturunannya, mereka harus bekerja dan berjuang untuk mempertahankan hidupnya, tidak lagi seperti di taman Firdaus. Namun disitu juga, Kain anaknya membunuh adiknya Habel, karena masalah persembahannya yang tidak diterima Tuhan(Kej.4:5). Lalu hatinya panas dan iblis mengambil kesempatan menggoda hatinya. Akhirnya Kain tidak dapat menguasai dirinya, sehingga terjadilah pembunuhan tsb. Namun Tuhan tidak membatalkan apa yang telah difirmankanNya kepada manusia, mengenai:
a--Beranakcucu untuk penuhi bumi(Kej.1:28).
b--Berkuasa atas bumi dan semua jenis hewan.
c--Manusia sebagai pelaksana dalam rancanganNya. Misalnya a.l.:
c1-Tuhan membentuk hewan-hewan dan dibawanya kepada Adam supaya dia
      memberikan nama untuk setiap hewan itu(Kej.2:20).
c2-Nabi Nuh menyelamatkan keluarganya serta hewan-hewan, sewaktu banjir
     melanda bumi selama 150-hari(Kej.7:24).
c3-Abraham yang sangat beriman kepada Tuhan, sehingga Dia memberikan
     keturunan yang banyak dan raja-raja berasal dari situ.
c4-Musa membawa bangsa Israel keluar dari Mesir munuju tanah terjanji. Dll.

2--Hidup berdampingan yang menyulitkan.
Manusia telah berdosa dan Tuhan tempatkannya dibumi, dan mereka bisa memanfaatkan berbagai karunia misalnya, 1-a-c4, dll. Namun mereka harus berjuang untuk memperoleh karunia-karunia itu, ditengah-tengah kesulitannya dan dosanya, yang diakibatkan oleh:
a--Kehidupan berdampingan dengan iblis(Mat.13:25-26).
b--Mengalami penderitaan selama hidupnya, misalnya:
b1--Setiap saat bisa mengalami pencobaan. (@=diuraikan di blog berikut)
b2--Kehendaknya yang timbul namun tidak dapat dipenuhinya.(@)
b3--Menggunakan kebebasannya yang tidak sesuai dengan kenyataan hidupnya(@).
     
Alasan-alasan butir 2 itulah yang dihadapi oleh setiap orang, dari kalangan apapun. Dan keadaan ini telah terjadi sejak Tuhan menempatkan manusia di dunia ini, hingga berakhirnya kehidupan mereka.

3--Manusia tidak mampu kembali, kalau…
Karena butir 2, maka manusia mengalami kesulitan bahkan tidak mampu untuk bisa mencari Tuhan lagi, sehingga untuk membuat manusia bisa mengetahui dan kembali kepadaNya, maka sesuai janjiNya(Kej.3:15), Dia akan memberikan penolong.

Tapi kenyataannya pikiran manusia belum mampu melawan godaan iblis dan keinginannya yang belum bisa dikendalikannya, sehingga mereka terus berbuat sesuka hatinya untuk menikmati dosa-dosanya.

Hal tersebut diatas akan terjadi demikian karena dampak dari manusia melanggar printah Tuhan Allah kita semua. Namun mereka harus berjuang untuk memulihkan diri masing-masing, maupun secara berkelompok atau bersama-sama. Dilain pihak iblis terus-menerus menggoda pikiran manusia supaya mereka selalu jatuh dalam dosa.
misalnya:
Turunan Adam yang telah berada ber-ribu-ribu tahun di dunia, telah hidup tidak sesuai bahkan  berbuat dosa dimata Tuhan, sehingga Dia menghapuskan mereka dari bumi, dengan menggunakan Air Bah, namun yang dibiarkan hidup hanya Nuh bersama keluarganya.

Karenanya Tuhan memberi kesempatan kepada semua-orang untuk memulihkan pikirannya agar mengetahui apa itu kebenaran, yaitu melalui, a.l.:
a--Tuhan memberi Sepuluh perintah Allah, dan menaruh hukum Kasih dalam hati dan
     akalbudinya manusia.
b--Dia mengirim para hakim, para nabi, Yesus dan para rasul untuk melanjutkan
     pengajaran Yesus kepada semua orang.

Karenanya semua usaha dari para muridNya adalah memberitakan Injil kepada semua orang, dimanapun mereka berada, agar setiap orang bisa:
aa-Mengetahui apa itu dosa karena adanya 10-Perintah-Allah.
bb-Utamakan mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia seperti dirimu sendiri,
     secara bersamaan, bahkan kasihi musuhmu juga.  
cc-Ber-iman yang ditujukan hanya kepada Yesus.
dd-Melakukan semua perintah dan keinginanNya.
ee-Tujuan beriman adalah untuk keselamatan jiwa(1Ptr.1:9)
ff-Bila seseorang berbuat yang baik/menabur maka dia akan peroleh/menuai hidup
    kekal(Gal.6:8).
gg-Tidak ada pengampunan lagi bagi orang yang telah menikmati firman dan karunia lalu
      kembali murtad(Ibr.6:5-6).

Maksud dari pada penjelasan diatas ini supaya manusia mengetahui bahwa Tuhan mengasihi manusia agar mereka sadar bahwa inilah kesempatan untuk pemulihan selama berada dibumi ini.  
Lalu bagaimana dengan anda ??.

Kesimpulan
Kasih Tuhan kepada manusia adalah memberi kesempatan untuk memulihkan diri yaitu lakukan semua peraturan dan perintahNya agar anda bisa selamat dan peroleh hidup kekal, setelah meninggalkan dunia ini.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kej.3:5  Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Kej.3:24                Ia mengahalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkanNyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Why.12:9              Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut iblis atau satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilembarkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Kej.4:5  Tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkanNya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

Kej.1:28                Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Kej.2:20                Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Kej.7:24                Dan berkuasalah air itu di atas bumi seratus lima puluh hari lamanya.

Mat.13:25-26       25=Tetai pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu  pergi.
                                26=Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.

Kej.3:15                Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

1Ptr.1:9 Karena kau telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Gal.6:8  Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Ibr.6:5-6               5=Dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang.

                                6=Namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghinaNya di muka umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar