Jumat, 02 September 2016

Manusia sebagai pelaksana dalam rancanganNya.

Latar belakang

Manusia tidak bisa menduga rancanganNya Tuhan, namun Dia menginginkan mereka bisa berpartisipasi di dalamnya dan juga agar sesuai tatacaraNya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Walaupun iblis telah membuat manusia berdosa. Namun rancangan Tuhan sewaktu sebelum atau sesudah manusia berdosa, tetap berjalan, misalnya: manusia sebagai participant untuk melaksanakan rencanaNya dan sesuai tatacaraNya. Misalnya:

1—Berpartisipasi untuk melaksanakan.
A--Tuhan menghendaki manusia berpartisipasi sesuai caraNya.
Tuhan memberi kesempatan kepada setiap orang sebagai pusat dari kegiatannya, agar mereka mengembangkannya sesuai kemampuannya. Namun mereka harus melaksanakan kegiatan itu sebaik mungkin sesuai tatacaraNya, sehingga lingkungannya bisa merasa aman dan menikmatinya.
Contoh, a.l.:
a--Tuhan membentuk hewan-hewan dan dibawanya kepada Adam supaya dia memberikan nama untuk setiap hewan itu(Kej.2:20).
b--Penghancuran Sodom dan Gomora karena penduduknya bejat moral, terlaksana setelah Abraham memohon kepada Tuhan untuk jangan menghancurkan orang yang masih percaya kepadaNya, sehingga keluarga Lot terselamatkan.

B--Tuhan berfirman sebelum manusia melakukan.
Tuhan memberi perintah terlebih dahulu kepada manusia apa maksudNya(Kej.2:16-17) namun mereka tidak mentaatinya. Misalnya, peraturan supaya jangan memakan buah yang di tengah-tengah taman, karena akan mati bila melakukannya.

Demikianpun Abraham bisa mengerti firman Tuhan sehingga dia terus mengikuti keinginanNya,  karena dia sangat beriman kepadaNya, walaupun sering berbohong. Misalnya; Sara adalah adiknya, bukan istrinya. Namun Tuhan tetap berfirman berkali-kali kepadanya bahwa dia akan mempunyai keturunan yang banyak(Kej.12:2)

C--Ribka untuk muluskan Yakub memperoleh berkat.
Tuhan memakai cara Ribka dalam keluarganya, sehingga Yakub diberkati, sbb:

Seperti kemurniannya iman Abraham kepada Tuhan, demikianpun juga yang di anut oleh Ishak. Dan isterinya Ribka juga menanti 20 tahun kemudian baru melahirkan anak kembar Esau dan Yakub yang bungsu.
Esau kesayangan Ishak yang kerjaannya menggembalakan ternak dan suka di padang rumput, dan kesukaan utamanya berburuh. Selain itu 2 istrinya Esau yang adalah orang Kanaan sangat menyakiti hati Ribka dan sepertinya Esau tidak menaruh perhatian atas kejadian-kejadian dalam rumah-tangganya dan juga menganggap gampang atas masalah-masalah lain, sehingga dia secara gampang dan setuju menukar kesulungannya dengan sepiring kacang merah kepada Yakub.  
Itulah yang membuat Ribka lebih menyayangi Yakub. Dan juga Yakub, lebih senang berada di sekitar tenda-tenda dan juga bisa memasak.

Karena alasan-alasan diatas, maka Ribka mengatur siasat sehingga Ishak memberkati Yakub, tapi akibatnya dia harus melarikan diri selama 20 tahun sehingga tidak melihat ayah-ibunya(Kej.21:21).
  
Dan berkat(Kej.27:27-29) yang diperoleh Yakub adalah lebih baik dari pada Esau, namun bila Esau berusaha sungguh-sungguh maka dia akan keluar dari “kuk” nya itu(Kej.27:40), yaitu melakukan tatacara yang diuraikan dibawah ini. D--Dan lain-lain

2---Mengenai tatacara
Yang dikehendaki Tuhan walaupun manusia telah berdosa, adalah tetap berpartisipasi berdasrkan tatacara yang Dia berikan, yaitu utamakan:
a--Taat pada pada peraturanNya dan lakukan itu.
b--Kasih kepadaNya(Mat.22:37-39).
c--Bersamaan dengan itu juga kasih kepada manusia lainnya seperti dirimu sendiri.
d--Dalam interaksimu, dimana dan kapan, supaya selalu tercermin kasih(1Kor.13:4-8).
e--Usahkanlah memperoleh karunia yang terbaik, maka anda akan ditunjukkan jalan
     yang lebih baik untuk mewujudkannya(1Kor.12:31).

Sesuai penjelasan 1 dan 2, maka Tuhan menciptakan setiap mahluk manusia agar mempunyai tujuan tertentu, untuk dikembangkannya sesuai kemampuannya agar bisa dinikmati oleh siapa saja.

Kesimpulan
Rancangan Tuhan adalah baik karena diberikan kesempatan untuk semua orang sebagai pelaksana dalam rancanganNya, namun semuanya supaya sesuai tatacaraNya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kej.2:20
Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadann dengan dia.

Kej.2:16-17
16-Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnuya dengan bebas.
17-tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memekannya, pastilah engkau mati.

Kej.12:2
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Kej.21:21
Maka tingallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

Kej.27:27-29        Isi dari berkat Ishak kepada Yakub.

Kej.27:40
Engkau akan hidup dari pedangmu dan engkau akan menjadi hamba adikmu. Tetapi akan terjadi kelak, apabila engkau berusaha sunguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu.

Mat.22:37-39
37-jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hatil ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu,
8-Kasih tidak berkesudahan; hubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

1Kor.12:31
Jadi berusahalah untuk memperolah karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar