Jumat, 23 Desember 2016

Yesus adalah juruselamat

Latar belakang

Kemelaratan, kekerasan, kesusahan, dll, telah melanda manusia, karenanya datanglah kepada Yesus(Yes.45:22) yang selamatkan semua manusia.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Yesus adalah juruselamat.
Manusia telah jatuh dalam dosa, namun Tuhan adalah sumber kasih(Yer.13:11), tidak membiarkan manusia menderita sehingga Dia mengutus anakNya yang Tunggal dalam bentuk manusia, sebagai juruselamat(Yes.49:26), untuk:
a--Mencari dan selamatkan orang yang hilang dan sesat(Luk.19:10).
b--Cari orang yang berdosa supaya mereka bertobat(Luk.5:32).
c--Melayani orang dan bahkan memberikan nyawaNya sebagai tebusan(Mat.20:28).
d--Memberi hidup dan segala kelimpahan(Yoh.10:10) padamu.

Sehingga manusia mempunyai kesempatan untuk kembali beriman kepada Tuhan, Allah kita semua, supaya bisa memperoleh keselamatan jiwa(1Ptr.1:9). Jadi semuanya ini, yang dijelaskan di butir-1 adalah pengorbananNya untuk kepentingan semua orang. Dan beruntunglah kepada mereka yang mengimani dan mempergunakan kesempatan tsb.

2--Anda sangat diharapkan.
Semua usahaNya yang Dia korban adalah untuk manusia. Dan itu adalah karunia berupa pemberian Tuhan yang cuma-cuma, karena kasihNya. Namun demikian kita semuanya harus berusaha mengerti dan meraih karunia tsb lalu mempertahankannya, sehingga bisa mewujudkan berupa; perbuatan untuk kepentingan sesama manusia, dan bersamaan dengan itu juga mengasihi Allah(Mat.22:37-39). Karenanya anda sangat diharapkan supaya bisa:
a--Mengerti dan menjiwai apa yang Yesus korbankan untukmu, dan pertahankannya selama hidupmu. 
b--Apa yang telah anda mengerti mengenai pengorbananNya tsb, supaya menyampaikannya kepada orang lain(Mat28:20).
c--Karena selain a dan b, maka terasa telah peroleh hidup yang baru(Yoh.3:1-21).

3--Bagaimana cara melaksanakannya?
Sekiranya anda telah mengerti dan menjiwai butir 1 dan 2, maka pasti anda merasa terusik bila  mendengar dan melihat perbuatan orang lain yang tidak sesuai dengan kehidupan barumu. Sehingga bisa timbul keinginan anda untuk menasehati mereka, dengan berbagai cara, yang maksudnya untuk membawa mereka ke jalan yang benar(Ams.6:23) sehingga mereka bisa beriman untuk keselamatan jiwanya. Namun caramu supaya selalu berdasarkan-kasih, sehingga mereka bisa menerima caramu, karena merasa tidak direndahkan dan dilecehkan. Karenanya kasih itu a.l. adalah:
a-Murah hati.
b-Tidak cemburu.
c-Tidak memegahkan diri.
d-Tidak sombong
e-Tidak melakukan yang tidak sopan
f-Tidak mencari keuntungan diri sendiri
g-Tidak pemarah
h-Tidak menyimpan kesalahan orang lain.
i-Tidak besukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
j-Bertanggung jawab dan percaya atas segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu.
k-Kasih tidak berkesudahan.


Kesimpulan
Karena kasih Allah sehingga Dia mengutus anakNya, Yesus sebagai juruselamat, untuk mengisyafkan mereka yang sesat sesuai butir-1, agar kembali kepada Allah. Demikianpun Yesus mengutus anda sesuai butir-2 untuk mewartakan kabar baik berdasarkan kasih, butir-3.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Yes.45:22
Berpalinglah kepadaKu dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.

Yer.13:11
Sebab seperti ikat pnggang melekat pada pinggang seseorang, demikianlah tadinya segenap kaum Israel dan segenap kaum Yehuda Kulekatkan kepadaKu, demikianlah firman Tuhan, supaya mereka itu menjadi umat, menjadi ternama, terpuji dan terhormat bagiKu. Tetapi mereka itu tidak mau mendengar

Yes.49:26
Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, Tuhan, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub.

Luk.19:10
Sebab Anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Luk.5:32
Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.

Mat.20:28
Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNuya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Yoh.10:10
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Mat.22:37-40
37-Jawab Yesus kepadanya;  “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akalbudimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama;
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Mat.28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Yoh.3:1-21           Percakapan dengan Nikodemus (dilahirkan kembali)

Ams.6:23

Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar