Sabtu, 04 Februari 2017

Orang yang langsung melawan Tuhan

Latar belakang

Banyak pertentangan terjadi antara sesama manusia, sehingga memerlukan seorang yang patut, a.l.: hakim, imam, pemimpin, dll  untuk mendamaikan mereka. Namun bagaimana dengan orang yang langsung melawan Tuhan(1Sam.2:25).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Semua jenis dosa adalah kejahatan dalam bentuk apa saja. Dan ciri utama ialah perlawanan yang tertuju kepada Allah(Mzm.51:6).

1--Dosa yang langsung melawan Tuhan Allah.
Berbagai jenis dosa telah diperbuat manusia, baik secara sengaja maupun tidak. Dan dosa-dosa seperti yang tertulis di latar belakang diatas, telah berulang-kali terjadi sejak dahulu, yang bisa diuraikan dalam beberapa bentuk dosa, a.l:

a--Perselisihan antara sesama orang
b--Terjadi karena ikut-ikutan perbuatan pemimpin(1Sam.2:24).
c--Terjadi karena pengaruh lingkungan
d--Karena langsung tertuju melawan Tuhan(1Sam.2:25).
e--Keinginan hatimu untuk menikati keduniawian, dll.

Sekarang kita khususkan membahas butir 1d, sesuai topic.

2--Perbuatan yang langsung melawan Tuhan
Perselisihan yang timbul antara dua orang atau kelompok karena motivasi yang berbeda, umumnya bisa diselesaikan, namun caranya dengan memakai perantara atau yang berwenang. Tapi bagaimana dengan mereka yang berbuat kesalahan yang tertuju langsung melawan hak Allah, apakah perlu ada perantara(1Sam.2:25)?. Contoh:

A--Tuhan telah memberi tempat kepada manusia untuk menghuninya, dan semua buah dari pohon disitu bisa mereka makan. Namun Dia melarang supaya jangan memakan buah dari pohon kehidupan, yang ada ditengah-tengah, karena mereka akan mati. Tapi tidak disangka-sangka, larangan inilah yang diabaikan oleh manusia, sehingga Tuhan sendiri yang mengusir mereka dari Firdaus(Kej.3:23).

B--Anaknya Eli, yaitu Hofni dan Pinehas menjadi imam di Silo(1Sam.1:3), mereka tidak mengindahkan Tuhan, dan tidak menghormati haknya sebagai imam terhadap bangsa Israel(1Sam.2:12-13). Perbuatan mereka yang langsung berdosa terhadap Tuhan,a.l.:
a-Mengambil korban bakaran berupa daging sapi, domba, dll, yang belum selesai upacaranya.
b-Bahkan mereka mengambil daging dan lemak mentah yang belum dibakar sama sekali(1Sam.2:14-16).
c-Sehingga kedua imam memandang rendah korban bakaran untuk Tuhan, dan ini perbuatan dosa yang langsung terhadap Tuhan. 

C--Contoh lainnya:
a-Orang Israel mencobai Tuhan, sewaktu mereka kehabisan air di Meriba. mereka mengatakan: adakah Tuhan di tengah-tengah kita?(Kel.17:7) untuk mengatasainya. Hukumannya, generasi mereka tidak masuk tanah terjanji. 
b-Raja Saul tidak sepenuhnya melakukan firman Tuhan, sehingga Tuhan kecewa lalu menggantikan dia sebagai raja.
c-Demikian juga Raja Salomo yang bijaksana, akhirnya ikut berhala kepada ilah-ilahnya istri-istrinya. Sehingga Tuhan memecahkan kerajaannya Israel, menjadi dua Negara. Dll.

Dampak dari dosa A,B,C,  yang langsung ditujukan untuk melawan Allah, mengakibatkan penderitaan dan merugikan yang sangat besar bagi yang berbuat, bahkan berdampak sampai kepada keturunannya dan yang berhubungan.
  
3--Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
a--Merasa tidak sanggup bertanggung jawab.
Tuhan telah memberikan tugas dan tanggung jawab untuk diwujudkan oleh setiap orang yang diciptakanNya, dan ini adalah sesuatu yang harus mereka lalui . Namun ada orang berpikir pendek yaitu bunuh diri, karena tidak sanggup atau takut menghadapi kenyataan hidupnya, lalu bunuh diri. Yudas yang menghianati Yesus.
b-Bersumpah palsu.
Ada orang yang berani mengatas-namakan Tuhan, berupa janji palsu di pengadilan atau untuk menggertakkan orang, namun semuanya itu tidak benar. Tujuannya adalah hanya untuk kepuasan sesaat atau perolehan materi.
c-Murtad.
Ada pendeta, pastor, evangelis atau siapa saja, yang pernah mengetahui kebenaran-Yesus dan menikmatinya, namun melecehkanNya, maka mereka tidak akan diampuni(Mrk.3:29). Misalnya: mereka telah menikmati berkat Tuhan Yesus dan mengetahui kebenaran Ilahi, namun berbalik dari padaNya dan menjadi murtad dan juga mengabarkan berita bohong mengenai ajaran Yesus.
d-Pura-pura tidak tahu.
Anda telah mengetahui bahwa korupsi itu sengsarakan banyak orang, namun anda tetap lakukan karena punya jabatan dan ada kesempatan. Inilah salah satunya yang disebut menyalahi kebenaran Yesus.

Kesimpulan
Jangan pernah membuat dosa yang langsung melawan Tuhan Allah, apa lagi anda yang telah mengetahui kebenaranNya Yesus. karena hukumannya a.l. seperti 2Ca-c

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing. Selain itu bila berkenan, mohon hayatilah pesan artikel ini, terima kasih.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1Sam.2:25
Jika seseorang berdosa terhadap seorang yang lain, maka Allah yang akan mengadili; tetapi jika seseorang berdosa terhadap Tuhan, siapakah yang menjadi perantara baginya? Tetapi  tidaklah didengarkan mereka perkataan ayahnya itu, sebab Tuhan hendak mematikan mereka.

Mzm.51:6
Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusanMu, bersih dalam penghukumanMu.

1Sam.2:24
Janganlah begitu, anak-anakku. Bukan kabar baik yang kudengar itu bahwa kamu menyebabkan umat Tuhan melakukan pelanggaran.

Kej.3:23
Berkatalah ia kepada mereka: “Mengapa kamu melakukan hal-hal yang begitu, sehingga kudengar dari segenap bagsa ini  tentang perbuatan-perbuatanmu yang jahat?

1Sam.1:3
Orang itu dari tahun ke tahun pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah dan mempersembahkan korban kepada Tuhan semesta alam di Silo. Disana yang menjadi imam Tuhan ialah kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas.

1Sam.2:12-13
12-Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila ; mereka tidak mengindahkan Tuhan,
13-ataupun batas hak para imam terhadap bangsa itu. Setiap kali seseorang mempersembahkan korban sembelihan, sementara daging itu dimasak, datanglah bujang imam membawa garpu bergigi tiga di tangannya.

1Sam.2:14-16
14-dan ducucukkannya ke dalam bejana atau ke dalam kuali atau ke dalam belanga atau ke dalam periok. Segala yang ditarik dengan itu ke atas, diambil imam itu untuk dirinya sendiri. demikianlah mereka  memperlakukan semua orang Israel yang datang ke sana, ke Silo.
15-Bahkan sebelum lemaknya dibakar, bujang imam itu datang, lalu berkata kepada orang yang mempersembahkan korban itu: “Berikanlah daging kepada imam untuk dipanggang, sebab ia tidak mau menerima dari padamu daging yang dimasak, hanya yang mentah saja.”
16-Apabila orang itu menjawabnya: “Bukankah lemak itu harus dibakar dahulu, kemudian barulah ambil bagimu sesuka hatimu,” maka berkatalah ia kepada orang itu: “Sekarang juga harus kauberikan, kalau tidak, aku akan mengambilnya dengan kekerasan.”

Kej.17:7
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

Mrk.3:29
Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar