Jumat, 14 April 2017

Mengenal Roh Kudus


Latar belakang



Allah itu adalah Roh(Yoh.4:24) dan Yesus mengatakan bahwa: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau(Yoh.4:26).



Materi yang di sharing, sesuai topic



Alkitab menyebut Roh Kudus1 itu Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus, Roh Penghibur. Kegiatan Roh Kudus sbb:



1-Roh Kudus sesuai Perjanjian Lama.

Allah adalah Roh, dan Yesus mengatakan itulah Dia. Dan perkerjaan2 Roh Kudus menurut perjanjian lama, a.l:



Berperan dalam penciptaan,a.l.:

Dalam penciptaan bumi(Kej.1:2)

Membentuk manusia(Kej.2:7)

Dalam membaharui bumi(Mzm.104:30)



Pekerjaan Roh dalam melengkapi manusia bagi pelayanan

Roh Kudus datang pada orang yang Allah kehendaki untuk melakukan tugas tertentu yang dikehendakiNya. Misalnya: Musa mendapat tugas memimpin Israel keluar dari Mesir. demikianpun raja Daud, Daniel, dll.



Menghasilkan  kehidupan bermoral

Dalam hal ini, Roh Kudus disamakan dengan kehadiranNya(Mzm.139:7) dan permohonannya supaya hatinuraninya diselidiki(Mzm.139:23-24)

 

2--Roh Kudus sesuai injil Yohanes, dari Perjanjian Baru.



Untuk mengenal Roh Kudus, maka ketahuilah dan ikutilah beberapa penjelasan terlebih dahulu, apa yang dikatakan oleh Yesus, yaitu:



a-Yesus telah melakukan tugasNya.

Sewaktu Yesus di salib, Dia berkata: “Sudah selesai”(Yoh.19:30), yang berarti bahwa Dia telah selesai melakukan tugasNya yang diberikan oleh Bapa di surga. Lalu beberapa waktu kemudian Dia kembali ke Bapa(Yoh.14:12).



b-Yesus meminta kepada Bapak, supaya Ia memberi Roh Kebenaran.

Yesus akan memintakan kepada Bapak, bahwa Ia akan memberikan kepada kami semua, seorang Penolong, yaitu Roh Kebenaran(Yoh.14:17), yang akan menyertai kita semua selama-lamanya.



c-Bapa akan mengirimkan Penghibur, yaitu Roh Kudus.

Yesus berkata kepada kami semuanya, siapa percaya kepadaNya, maka mereka akan melakukan  pekerjaan-pekerjaan yang besar, Sebab Yesus akan pergi ke Bapa.

Bapa atas namaKu, akan mengirimkan Penghibur, yaitu Roh Kudus. Roh Kudus yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan padamu(Yoh.14:26). Yaitu a.l.:  

ca--Yang paling utama adalah lakukan kasih diantara sesama manusia, dan kasihi Tuhan Allahmu dengan segenap jiwa, hati dan akalbudimu.

cb--Dan berbuah, misalnya; mewartakan Injil sampai ke ujung dunia, dan Dia terus menyertai kita semua, yang melakukannya itu.

cc--Namun kita semuanya, harus sebagai ranting yang tumbuh dari induk pohon. Karena dengan demikian kita selalu menerima cukup makanan, sehingga sebagai ranting tidak akan layu dan kering, tapi berbuah. Karena Yesus berkata, Aku tinggal dalam kamu dan kamu di dalam Aku(Yoh.15:4).

 

3--Mengenal Roh Kudus



Sehingga untuk mengenal Roh Kudus, maka pahamilah dahulu semua perbuatan yang telah Yesus perbuat 2c-ca-cc, karena Yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup(Yoh.14:6), dan semuanya itu telah diwariskan oleh para muridnya termasuk Paulus serta generasi-generasi berikutnya, yang hingga kini tetap mewartakan Injil.



Jadi yang tidak punya niat untuk mengikuti perbuatan Yesus maka mereka itu sulit untuk mengenal Roh Kudus.



Karena jelas telah dikatakan bahwa Roh Kudus itu akan mengingatkan dan mengajarkan apa yang telah Yesus perbuat(Yoh.14:26), dan bukan ajaran yang lain.



Kesimpulan

Untuk mengenal Roh Kudus, maka ingatlah dan pelajarilah apa yang telah Yesus ajarkan pada masyarakat dan para muridNya yang mengikutiNya. Misalnya saling mengasihi.

Bila di luar pengajaran Yesus, maka anda tidak akan bisa mengenal Roh Kudus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Yoh.4:24

Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran.



Yoh.4:26

Kata Yesus kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.



1,2Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, ISBN978-602-8009-32-4, Cet ke-10 Juli2011, hal318, kol2 bagian atas.



Kej.1:2

Bumi mulai berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.



Kej.2:7

Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia dari tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.



Mzm.104:30

Apabila Engkau menyembunyikan wajahMu, mereka terkejut; apabila Engkau mengambil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu.



Mzm.139:7

Kemana aku dapat pergi menjauhi rohMu, kemana aku dapat lari dari hadapanMu?



Mzm.139:23-24

23-Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;

24-lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!



Yoh.14:12

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKU, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.



Yoh.14:16-17

16-Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.

17-Yaitu roh Kebenaran, Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Yoh.15:4

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuah apa-apa.



Yoh.14:6

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”



Yoh.14:26

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar