Sabtu, 08 April 2017

Tidak susah mengikuti Yesus yang penting kemauan dan realisaikan.

Latar belakang

Banyak orang mengalami kendala karena berbagai teori dan imaginasi namun sebetulnya kemauan pribadinya yang belum pasti, sehingga sulit untuk mengikuti Yesus yang adalah, jalan dan kebenaran dan hidup(Yoh.14:6).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Pikiran manusia diganggu.
Sejak Tuhan menciptakan manusia, Dia juga menyediatakan tempat untuk mereka dan menjelaskan peraturan mana yang diperkenankan dalam kehidupannya dan mana yang tidak boleh, karena ada dampaknya, a.l.: akan terjadi kematian.
Lalu Adam dan Hawa mengalami banyak cobaan sewaktu mereka berada dalam taman Firdaus, yaitu pikirannya dipengaruhi iblis sehingga mereka berbuat kesalahan, yang akhirnya Tuhan menghalau mereka. Demikianpun Kain menjadi marah kepada adiknya, dan pada kesempatan ini iblis mengetahui keadaan Kain lalu mengggodanya supaya dia tidak dapat kendalikan dirinya sehingga dia membunuh adiknya Habel. Selanjutnya karena manusia berdosa, maka Sodom dan Gomora dihancurkan, demikianpun air bah menenggelamkan manusia di jaman nabi Nuh. Dan seterusnya dosa menguasai manusia hingga sekarang ini, dan seterusnya.

Dan walaupun manusia telah jatuh dalam dosa tapi Tuhan tetap mengharapkan mereka kembali untuk hidup sesuai kehendakNya, yaitu; lakukan perintah dan ketetapanNya. Sehingga Dia mengutus Yesus, sebagai Anak Allah untuk datang ke bumi supaya bisa selamatkan manusia. Dan selama tiga setengah tahun Yesus berkarya di bumi, Dia mengalami banyak tantangan dari para ahli Taurat. Bahkan para petinggi agama dan orang Farisi yang mendesak Pilatus supaya menyalibkan Yesus.  

Namun melalui petunjuk para nabi sebelum kelahiran Yesus, lalu muridNya Yesus, dan kemudian dilanjutkan oleh para rasul, penginjilan, konsultasi pribadi, mempelajari Alkitab, media, dll, maka telah banyak orang, hingga ke ujung bumi yang sudah mendengar dan mengetahui bagaimana Yesus berinteraksi dengan masyarakat, misalnya:
a-PerbuatanNya, menghidupkan Lazarus yang telah 4 hari mati.
b-PengajaranNya, berkothbah pada 5000 orang dibukit.
c-Memberikan kehidupan yang kekal.
d-Mengajarkan hukum Kasih dan pelaksanaannya.
e-Membimbing manusia supaya mereka meninggalkan segala dosa dan hidup baru.
f-Pada beberapa orang, ada yang telah merasakan kehadiran Yesus dalam kehidupannya.
g-Bisa bersandar dan mengandalkan Dia
h-Bahkan hingga kini, ada dokter telah menyerah atas penyakit yang diderita pasiennya, namun bisa sembuh. Dan perbuatanNya yang maha hebat lainnya.

2--Manusia masih utamakan keinginannya.
Walaupun manusia telah menyaksikan dan mengetahui tujuan mulia 1a-d dari Yesus untuk mereka, bahkan pada beberapa orang ada yang merasakan kehadiran Yesus saat mereka memerlukannya, misalnya 1e-h, tapi tetap saja sulit bagi mereka untuk secara tetap mengikuti Yesus, karena masih ingin:
a--Merasakan kebebasan apa saja menurut kemauan sendiri.
b--Menggunakan waktumu kapan saja.
c--Melakukan perbuatan semau-nya,

3--Perbuatan negatif
Butir 2a-c bila digunakan secara positif maka hsilnya baik, namun umumnya manusia menggunakan untuk memuaskan nafsunya sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain, bahkan tidak peduli walaupun berdampak buruk dan menderitakan masyarakat. Hal ini yang disebut  perbuatan negative, kamisalnya:
a--ego manusia
b--mengutamakan kepentingan diri sendiri
c--memandang rendah pendapat orang lain
d--diperparah dengan iri hati
e--kebencian

4--Tidak susah mengikuti Yesus
Setelah mengetahui penjelasan diatas, maka kita harus memilih apakah mengikuti Yesus yang telah memberikan berbagai contoh1a-f, atau masih ingin mencari kepuasan yang berlebihan secara cepat dan gampang, yang bersifat memenuhi dan mewujudkan kebutuhan duniawi.

Sehingga mengikuti Yesus adalah tergantung kemauan anda sendiri, karena Dia telah memberikan hidupNya untuk manusia, jadi pilihlah Dia, yaitu hidup baru, a.l:
a--Tinggalkan hidup yang lama.
b--Bertobat dan mengaku segala dosamu kepadaNya
c--Lakukan segala perintah dan ketetapanNya
d--Dan nikmati hidupmu sesuai firman Tuhan.

Sehingga intinya, tergantung kemauanmu mau mengikuti Yesus yang telah memberikan berbagai contoh dan merealisasikannya atau yang bersifat duniawimu yang adalah kepuasan negatif3a-e

Kesimpulan
Jalan hidupmu ada padamu, pilihlah sesuai kemauanmu, karena cara untuk mengikuti Yesus pun tidak susah.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar