Sabtu, 09 Desember 2017

Bagaimana mengasihi Tuhan, dengan memakai jiwamu?.



Latar belakang.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana mengaplikasikan, salah satu dari hukum yang terutama dan pertama(Mat.22:38), yaitu “mengasihi Tuhan dengan jiwamu(Ul..6:5)”, dalam kehidupan sehari-harimu.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Dalam suatu pertemuan, Yesus mengatakan Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan “segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu(Mat.22:37). Karena itu adalah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan untuk menyalami dan menghayati pengertian hukum tsb, maka anda harus beriman yaitu percaya serta yakin dan aplikasikan dalam perbuatanmu setiap harinya.  Namun untuk sekarang ini, apa pengertian dari jiwa?

1--Pengertian dari jiwa  sebagai berikut:
A--Jiwa menurut ensiklopedi1 Alkitab Alkitab Masa Kini:
a---Mempunyai kehidupan dalam manusia(Kej.1:30)
b---Sesuatu yang perlu sekali bagi hidup badani(Im.17:14)
c---Mengandung selera badani(Ul.12:20).
d---Sumber perasaan(Ayb.30:25)
e---Sumber timbul kehendak dan tindakan susila(Ayb.7:15).
B—Menurut Wahyu.14:13 dari Alkitab.
Semua perbuatanmu akan menyertaimu menghadap Allah, sewaktu anda meninggalkan dunia ini. Contoh:
a---“Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan,sejak sekarang ini” “Sungguh”, kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka(Why.14:13)
b---Karena tubuhmu(Kej.3:19) kembali ke asalnya yaitu debu, roh(Pkh.12:7) akan kembali ke Tuhan dan jiwa akan mempertanggung jawabkan perbuatan anda.
C-Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
a---Seluruh kehidupan batin manusia, yang terjadi dari perasaan, pikiran, angan-angan, dll. contoh: ia berusaha mengerti secara mendalam mengenai istrinya.
D--Menurut 1Petrus.1:9
a--Supaya anda beriman, yaitu: meyakini dan percaya bahwa hukum tsb, lihati diatas, adalah yang terutama dan pertama dalam hidupmu, namun harus berbarengan mengaplikasikannya. Jadi bukan tong kosong nyaring bunyinya. Dan tujuan beriman adalah untuk keselamatan jiwamu.

Sesuai pendelasan butir-1, maka jiwa akan terus menyertai kehidupanmu, selain itu jiwamu akan selamat bila anda beriman, yaitu beriman kepada Yesus(1Ptr.1:9). Karenanya jiwamu supaya selalu terfokus pada Dia.

2—Menjiwai.  
A--Menurut pengertian sehari-hari.
Menurut tatabahasa Indonesia, awalan “me”, bisa berarti berproses atau melakukan sesuatu. Jadi kalau men-jiwai, dapat dikatakan sedang berusaha menjiwai sesuatu, misalnya: bagaimana menjiwai Tuhan sebagai Allahmu. Sesuai butir-butir diatas, maka yang mendominasi jiwa adalah yang mengandung 1-A-d-e dan D, walaupun butir lainnya juga ikut berperan, yaitu 1-A-a-b-c, 1-B dan 1-C, 1-D, sewaktu anda berusaha untuk menjiwai Tuhan sebagai Allahmu.

B--Menurut pengertian rohani, anda harus beriman untuk keselamatan jiwamu.
Secara rohani, maka anda harus beriman. Karena tujuan anda untuk beriman adalah mencapai keselamatan jiwamu(1Ptr.1:9). Dan selama berproses, jiwamu harus selalu baik sehingga bisa memuji Allah(Mzm.104:15b), dan selalu terfokus padaNya.

Untuk itu, maka anda harus berupaya dan percaya dan beriman kepadaNya bahwa Tuhan adalah sebagai Allah dari segala-gala, karena Dia yang menciptakan semuanya dan mengetahui semuanya, lakukan perintahnya yang TERUTAMA dan yang PERTAMA, dan percaya bahwa Dia telah mengutus AnakNya Yesus ke bumi untuk mencari orang yang berdosa agar bisa bertobat dan berbalik kepadaNya, dan takut akan Dia mendatangkan hidup(Ams.19:23). Contoh orang-orang yang tidak takut akan Tuhan, seperti ini:

a--Apa sebab Adam dan Hawa takut sewaktu mendengar langkah Tuhan di taman(Kej.3:10).
b--Apa sebab kota Sodom dan Gomora dihancurkan oleh api dan belerang.
c--Apa sebab terjadi air bah, lalu hanya keluarga Nuh yang Tuhan beri kesempatan untuk hidup dan beranakcucu.
d--Yang berkorupsi maka suatu saat akan berlawanan dengan kebenaran lalu dihukum.

Karenanya supaya anda selalu sadar dan mempunyai perasaan seperti dijelaskan dalam butir 1, yang a.l. “takut akan Tuhan” dalam dirimu, sehingga anda akan terhindar dari perbuatan sejenis berupa 2-B-a,b,c,d

Kesimpulan.
Beriman kepada Yesus dengan cara lakukan perintah yang utama dan pertama. Karenanya kasihilah Tuhan dengan jiwamu. Namun anda harus buktikan dengan perbuatan dalam sehari-hari. Karena perbuatan itulah yang akan menunjukkan apakah anda berhasil atau tidak.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1Esiklopedi Alkitab Masa Kini (EAMK), judul asli: The new bible dictionary, cetakan ke Sebelas April 2011, ISBN 978-602-8009-33-1, Hal-488 kolom 1 & 2.

Mat.22:38
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Ul.6:5
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

Mat.22:37
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Kej.1:30
Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau mendadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Im.17:14
Karena darah itulah nyawa segala mahluk. Sebab itu Aku telah berfirman kepada orang Israel: Darah mahluk apa  pun janganlah kamu makan, karena darah itulah nyawa segala mahluk: setiap orang yang memakannya haruslah dilenyapkan.

Ul.12:20
Apabila Tuhan, Allahmu, telah meluaskan daerahmu nanti, seperti yang dijanjikanNya kepadamu dan engkau berpikir: Aku mau makan daging, karena engkau ignin makan daging, maka bolehlah engkau makan daging sesuka hatimu.

Ayb.30:25
Bukankah aku menangis karena orang yang mengalami hari kesukaran? Bukankah susah hatiku karena orang miskin?

Ayb.7:15
Sehingga aku lebih suka dicekik dan mati dari pada menanggung kesusahanku.

Why.14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: “Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.” “Sungguh“ kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.”

Kej.3:19
Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambul; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.

Pkh.12:7
Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Mzm.104:15b
Dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Ams.19:23
Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka.

Kej.3:10
Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar