Minggu, 17 Desember 2017

Tujuan Yesus datang untuk menyelamatkan


Latar belakang



Banyak orang belum mengetahui apa sebabnya Tuhan mengutus Anak TunggalNya, yaitu Yesus datang ke bumi, namun yakinilah bahwa Dia itu penyelamat, untuk apa.

  

Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Menyelamatkan

Tuhan mengutus Yesus sebagai AnakNya yang tunggal kebumi untuk menyelamatkan umatNya dari dosa mereka(Mat.1:21) dan juga akan menggembalakan umatNya Israel(Mat.2:6). Dan selama masa hidupNya, pengajaran1Nya mencakup, sbb:

a--Etika  

b--Metafisika dan teologi

c--Social

d--Penyelamatan……..(..ini yang di bahas..)

e--Eskatologi



2--Apa yang Yesus selamatkan.



Kedatangan Yesus di dunia sebagai Juruselamat(Hos.13:4), telah ditegaskan oleh malaikat(Luk.2:11), yaitu untuk mencari siapa saja yang berdosa agar bisa kembali dalam kehidupan yang benar, walaupun mereka telah melanggar Sepuluh Perintah Allah(Kel.20:1-17), atau melanggar perbuatan moral lainnya.



Dalam Perjanjian Baru, keselamatan sbb.:

a--Keselamatan hanya bisa terjadi bila anda proaktif mencarinya dan itu berasal dari Tuhan(Jun.2:9),

b--Memperoleh keselamatan, bukan hanya oleh iman, tapi harus ada pembuktian secara nyata oleh perbuatan(Yak.2:24). Dan tujuannya a.l. ada dua yang berlainan yaitu:

b-a--untuk membuyarkan harapan manusia yang hanya dan selalu menggantungkan

        keselamatannya pada pengetahuan intelektual, 

b-b--untuk memperoleh keselamatan supaya melakukan peraturanNya dan perubahan

        hati yang berdampak pada perbuatanmu yang adil.





3--Proaktiflah mencari keselamatanmu

Semua orang tidak luput dari kesalahan, namun berusahalah mengerti apa yang dikatakan oleh Yesus, misalnya ajaran kasih yang merupakan suatu Hukum, sehingga bagaimana mengapikasikannya(1Kor.13:4-7), dalam setiap perbuatanmu selama anda masih berada di dunia ini.



Seandainya, anda memupuk “ajaran kasih” dalam pertumbuhan kepribadianmu serta selalu proaktif mewujudkannya dalam perbuatanmu, maka dengan sendirinya gerakan refleksimu dan jiwamu pun akan mencerminkan demikian.



Sehingga bila suatu saat anda tergoda lalu berbuat dosa, maka kemungkinan besar anda akan cepat sadar dan bisa bertobat dan berbalik mencari kebenaran.



Contoh:

(A)--Zakeus

Yang perawakannya pendek, adalah seorang pemungut pajak yang bekerja untuk penjajah Romawi. Dia dianggap sebagai kaki tangannya Romawi, suka memungut melebihi dan memeras rakyat(Luk.19:8) Yahudi untuk kepentingan penjajah dan dirinya sendiri.



Namun sewaktu Zakeus mendengar Yesus telah dekat, maka dia memanjat pohon untuk melihatNya dan ingin tahu bagaimana rupaNya Yesus yang telah banyak membuat mujizat dan ajaranNya yang bagus.



Yesus mengetahui isi hatinya Zakeus dan menyuruhnya turun, karena Dia akan bermalam dirumahnya. Karenanya  Zakeus berkata kepada Yesus bahwa setengah dari miliknya akan diberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada seseorang yang diperas akan dikembalikan empat kali lipat(Luk.19:8).

Karena tingkah laku Zakeus sewaktu menjamu Yesus, maka Dia menerima dan mengatakan bahwa dirumahnya Zakeus telah terjadi keselamatan(Luk.19:9-10).



Sekiranya Zakeus bisa mencari Yesus secara proaktif dan benar, sudah tentu setiap orang pun bisa demikian. Kalua berniat.



Kesimpulan 

Yesus datang menyelamatkan setiap orang yang secara proaktif mencariNya, contohnya Zakeus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Mat.1:21

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka.



Mat.2:6

Dan engkau Bethlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel.



1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, jilid-2, judul asli “The new Bible Dictionary”, Cet ke sepuluh Juli 2011, ISBN 978-602-8009-34-8, Hal 584. kolom  2.



Hos.13:4

Tetapi Aku adalah Tuhan, Allahmu sejak di tanah Mesir, engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.



Luk.2:11

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud



Kel.20:1-17          Kesepuluh Firman  (The Ten Commandments)



Yun.2:9

Tetapi aku,  dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepadaMu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari Tuhan.



Yak.2:24

Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.



1Kor.13:4-7

4-Kasih itu sabar, kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

6-Ia tidak bersuka cita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran.

7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.



Luk.19:8

Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari  seseorang akan kukembalikan empat kali lipat”



Luk.19:9-10

9—Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.

10-Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar