Minggu, 08 April 2018

Petinggi agama Yahudi benci Yesus


Latar belakang



Petinggi agama Yahudi ternyata tidak melakukan hukum Taurat(Yoh.7:19) dalam kehidupannya, sehingga merasa kehadiran Yesus merupakan halangan bagi mereka.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1-Keinginan manusia adalah duniawi

Tuhan beri kuasa kepada manusia untuk mengatur semua hewan dan merawat bumi, karena bumi adalah tempat manusia berpijak selain itu unik, namun mempunyai system yang tersendiri hingga bisa bertahan sampai hari ini. Pemberian Tuhan, berupa kasih karunia untuk(Kej.1:28) bisa:

a--Beranak cucu dibumi.

b--Menaklukkan bumi.

c--Berkuasa atas semua hewan di bumi.

d--Mengusahakan dan memelihara tempat di bumi, dimana mereka berada(Kej.2:15).



Rupanya keinginan manusia meng-eksploitasi lebih dominan dibandingkan dengan merawat tempat sehingga 1d kurang diperhatikan. Jadi manusia sering membuat kesalahan, karena paling susah untuk mengendalikan dirinya, sehingga mereka membuka celah yang bisa digoyahkan. Dan disinilah iblis berusaha mempengaruhi pikiran manusia, supaya mereka bisa tinggalkan Tuhan dan ajaranNya a.l. kasih, bahkan meningkatkan keinginan duniawi sehingga kepuasan tercapai, misalnya:

aa--yang penting utamakan terdahulu kepuasannya, tidak perlu dengan lingkungannya.

bb--eksploitasi sebesar mungkin untukmu, tidak peduli orang lain.

cc--kuasai lokasi yang baik selama itu menguntungkannya

dd--tinggalkan lokasi yang tidak produktif, tidak perlu merawatnya lagi.

ee--gunakan kemampuan orang lain untuk kepentinganmu.

ff--jadilah penguasa yang berpengaruh, sehingga bisa lakukan butir aa sampai dengan ee





2-Petinggi agama Yahudi menganggap Yesus adalah penghalang.

Pola pemikiran yang sama juga terdapat a.l. pada Petinggi Agama Yahudi, para orang Farisi dan Saduki, sewaktu masa kehidupan Yesus. Mereka merasakan bahwa kehadiran Yesus merupakan suatu ganjalan. Seperti antara lain:



a--Ketenaran mereka mulai merosot, karena sebagian rakyat jelata Yahudi mulai mengetahui bahwa Yesus berbuat sesuatu yang masuk diakal dan benar, yaitu walaupun hari Sabat tapi Dia menyembuhkan orang sakit. Karenanya petinggi agama menuduh Dia melanggar hukum Taurat. Namun Yesus menjawab kepada mereka bahwa tidak ada seorang dari mereka yang melakukan hukum tsb(Yoh.7:19), dan bahkan mereka mau membunuhNya. Jadi ini adalah melanggar hukum Taurat.



b--Para petinggi Bait Suci tidak lagi menerima uang tambahan dari para penjual hewan dan penukar uang yang beraktivitas di pelataran bait suci, karena Yesus mengusir para penjualan dari situ(Yoh.2:18).



c--Para ahli Taurat dan orang Farisi adalah munafik, karena:

#-berdoa panjang-panjang untuk pengaruhi para janda(Mat.23:14), agar mereka terlengah sehingga bisa mengambil rumahnya.  

#-Selain itu mereka berusaha mentobatkan orang menjadi penganut agama, tapi sesudah orang bertobat mereka menjadikan dia orang neraka(Mat.23:15).

#-Perepuluhan mereka bayar tapi abaikan keadilan dan belas-kasihan dan kesetiaan terhadap orang lain(Mat.23:23).dll.



d--Petinggi agama Yahudi takut pada Yesus, karena pengaruhNya makin meluas makin dipercaya oleh rakyat. Bila dibiarkan Dia berbuat seperti, a.l. menghidupkan orang mati, yang bernama Lazarus, dll. Karenanya timbul persepakatan diantara petinggi agama Yahudi untuk membunuh Yesus(Yoh.11:45-54).



3-Apakah ada orang yang dipercaya?

Untuk sekarang ini, apakah anda bisa atau telah menemukan seseorang yang bisa dipercaya untuk memberitakan kebenaran melalui perkataannya dan perbuatannya? Sehingga anda bisa hidup tenang, lingkunganmu menginginkannya dan rakyat ingin dia yang memimpin? Jadi bukan seperti petinggi agama Yahudi, yang a.l.:

#-takut pengaruhnya hilang,

#-tidak bisa lagi dapat uang tambahan,

#-Bisa menghasut rakyat untuk menghukum lawannya, dll.



Kesimpulan



Ada petinggi agama yang tidak menjalankan hukum Taurat sehingga mereka menolak bila ada yang memberitakan kebenaran, hal yang sama pun terjadi dalam kehidupan sehari-hari.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Yoh.7:19

Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorang pun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu, mengapa kamu berusaha membunuh Aku”?



Kej.1:28

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merauyap di bumi”



Kej.2:15

Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden unjuk mengusahakan dan memelihara taman itu.



Mat.23:14

Celakalah kamu, hai alhi-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.



Mat.23:15

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.



Mat.23:23

Celakalah kamu, jai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, haki kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus di lakukan dan yang lain jangan diabaikan.



Yoh.11:45-54             Persepakatan untuk membunuh Yesus.



Yoh.6:38

Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendakKu, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.



Yoh.6:44

Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepadaKu, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.



Yoh.6:60

Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: “Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?”



Pengajaran.

Setiap orang yang berbuat baik, maka mereka pasti akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tapi mereka yang berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum(Yoh.5:29).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar