Minggu, 10 Juni 2018

Keteguhan hatimu berbuat positif pasti akan berhasil.


Latar belakang



Karena kegigihan Paulus untuk memberitakan kebenarannya injil dimana saja, maka walaupun ada peringatan bahwa bisa terjadi berbagai rintangan terhadap fisiknya, dia tetap melakukannya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



Keteguhan hati inilah yang dipunyai oleh rasul Paulus, sehingga walaupun mulai ada peringatan agar jangan ke Yerusalem namun dia tetap lakukan keinginannya(Kis.21:4). Bahkan untuk matipun dia bersedia, asalkan itu untuk nama Tuhan Yesus(Kis.21:13). Dan peringatan kepada Paulus yang dikemukakan oleh para temannya ternyata terjadi.

  

1--Kegigihan Paulus di uji

Paulus mulai menghadapi masalah dari sesama Yahudi Kristen di Yeruselem, dan dia mengalami berbagai cobaan, sbb:



Orang Yahudi di Yerusalem mendengar perbuatan Paulus dan minta penjelasannya, a.l.:  

a--Kenapa Paulus mengajarkan orang Yahudi di luar Israel supaya melepaskan hukum Musa(Kis.21:21), a.l. jangan lagi menyunatkan anak-anaknya. Mereka meminta supaya Paulus menyatakan bahwa perbuatannya itu tidak benar melalui proses adat Yahudi, tapi dia tidak mau. 

b--Hal ini tidak menyenangkan bagi orang Yahudi terutama yang datang dari Asia(Kis.21:27), mereka menghasut masyarakat Yahudi disekitar Bait Suci untuk menangkap Paulus, karena beranggapan, bahwa; bila di luar negeri Paulus menentang bangsa Yahudi dan juga Hukum Taurat(Kis.21:28). Selain itu mereka tidak senang Paulus membawa orang asing atau Yunani ke dalam Bait Suci,  itu menajiskannya? (karena hanya bangsa Yahudi yang bisa masuk ke Bait Allah)



2-Paulus ditangkap, dan mengalami cobaan yang lain.

Kota Yerusalem gempar, karena hasutan orang orang Yahudi dari daerah lainnya, lalu Paulus mengalami lagi cobaan, sbb:



a--Mereka menangkapnya dan menyeret dia keluar dari Bait Allah dan berencana membunuhnya(Kis.21:31), jadi mereka mulai memukulnya namun berhenti setelah melihat kepala pasukan Roma datang lalu merantainya dan dibawanya ke markas. Dan orang Yahudi masih berteraik-teriak, enyahkan dia.



b--Walaupun kerumunan orang Yahudi makin panas, Paulus mohon diberi kesempatan untuk berbicara kepada mereka. Perwira Roma perbolehkan, dan Paulus menceritakan dari awal bagaimana dia mengenal Yesus untuk mengabarkan injil, dan bagaimana Yesus menyuruhnya lekas tinggalkan Yerusalem karena orang Yahudi tidak akan menerima kesaksianmu tentang Aku(Kis.22:17-18), sewaktu dia belum di tangkap di Bait Allah. Dan Yesus juga masih berkata; pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain(Kis.22:21).

Tapi sewaktu Paulus menjelaskan penglihatannya kepada kerumunan orang Yahudi, mereka berteriak, katanya; dia tidak layak hidup(Kis.22:22).



c--Tentara Romawi memasukan Paulus dalam penjara dan akan menyiksa dia. Tetapi mereka mundur setelah Paulus mengatakan bahwa dia juga bangsa Romawi(Kis.22:26).



d--Kepala pasukan tentara Romawi, ingin mengetahui sebenarnya apa masalahnya. Sehingga dia dihadapkan kepada Mahkamah Agama Yahudi. Paulus mengatakan dia tetap berhati nurani murni di hadapan Allah. Namun Imam Besar Ananias menyuruh orang menamparnya, dan Paulus menjawab padanya, Allah akan menampar engkau.

Lalu Paulus mengetakan bahwa dia adalah penganut paham Farisi yang mengakui adanya kebangkitan orang mati. Setelah berkata demikian maka terjadi keributan dalam kerumunan Yahudi, karena kaum Saduki tidak mengakui pernyataan Paulus tsb(Kis.23:8). Tapi kaum Farisi mendukung Paulus. Karenanya timbul keributan sehingga kepala pasukan takut mereka akan menganiaya Paulus, maka dia di amankan.



e--Komplotan Yahudi untuk membunuh Paulus

Berkali-kali ada usaha dari kelompok Yahudi untuk membunuh Paulus dengan berbagai cara(Kis.23:12),  dan perencanaan dalam penghadangan, tapi semuanya itu tidak terjadi karena diketahui lebih awal oleh perwiran keamanan Romawi.



3--Keteguhan hati Paulus.

Walaupun Paulus menolak permintaan sesama Yahudi, untuk bertobat secara adat Yahudi bahwa  menurut mereka, “perbuatannya tidak benar”, tapi Paulus tetap pada pendirian.

Demikian pun waktu dia disiksa hingga kedatangan kepala keamanan Roma yang memasukkannya dalam penjara, namun dia tetap tidak berubah pendirian.



Sehingga karena keteguhan hati ini, bisa lebih banyak orang Yahudi mengerti kebenaran Alkitab a.l. mengenai sunat. Bahkan melalui penglihatannya dia disuruh ke Roma untuk bersaksi mengenai Yesus, dan semuanya itu terjadi.



4--Pertanyaan

Sudahkah anda usahakanlah agar mempunyai keteguhan hati seperti Paulus, dalam melakukan rencanamu, hingga bisa terwujud, karena anda akan ditunjukkan jalannya(1Kor12:31).



Kesimpulan

Konsisten pada keteguhan hatimu hingga rencanamu terwujud, walaupun anda menghadap berbagai rintangan hidup, sepereti penjelasan diatas. Karena anda akan ditunjukkan jalannya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Kis.21:4

Di situ kami mengunjungi murid-murid dan tinggal di situ tujuh hari lamanya. Oleh bisikan Roh murid-murid itu menasehati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem.



Kis.21:13

Tetapi Paulus menjawab: “Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku?. Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus.



Kis,21:21

Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut hukum Taurat.



Kis.21:27

Ketika masa tujuh hari itu sudah hampir berakhir, orang-orang Yahudi yang datang dari Asia, melihat Paulus di dalam Bait Allah, lalu mereka menghasut rakyat dan menangkap dia.



Kis.21:28

Sambil berteraik: “Hai orang-orang Israel, tolong! Inilah orang yang di mana-mana mengajar semua orang untuk menentang bangsa kita dan menentang hukum Taurat dan tempat ini! Dan sekarang ia membawa orang-orang Yunani pula ke dalam Bait Allah dan menajiskan tempat suci ini!



Kis.21:31

Sementara mereka merencanakan untuk membunuh dia, sampailah kabar kepada kepala pasukan, bahwa seluruh Yerusalem gempar.



Kis.22:17-18

17-Sesudah aku kembali di Yerusalem dan ketika aku sedang berdoa idi dalam Bait Allah, rohku diliputi oleh kuasa ilahi.

18-Aku melihat Dia, yang berkata kepadaku: Lekaslah, segeralah tinggalkan Yerusalem, sebab mereka tidak akan menerima kesaksianmu tentang Aku.



Kis.22:21

Tetapi kata Tuhan kepadaku: Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada gangsa-bangsa lain.



Kis.22:22

Rakyat mendengarkan Paulus sampai kepada perkataan itu; tetapi sesudah itu, mereka mulai berteriak, katanya: “Enyahkan oaring ini dari muka bumi! Ia tidak layak hidup!”



Kis.22:26

Mendengar perkataan itu perswira itu melaporkannya kepada kepala pasukan, katanya: “Apakah yang hendak engkau perbuat? Orang itu warga Negara Rum.



Kis.23:8

Sebab orang-orang Saduki mengatakan bahwa tidak ada kebangkitan dan tidak ada malaikat atau roh, tetapi orang-orang Farisi mengaku kedua-duanya.



Kis.23:12

Dan setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan dan bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus.



1Kor.12:31

Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.



2Kamus Alkitab (A Dictionary of the Bible oleh: W.R.F.Browning), Cet ke-5 tahun 2010, ISBN978-979-687-393-7, hal424 kol-2 alinea ke empat dan hal425 kol-1 alinea ke satu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar