Sabtu, 30 Juni 2018

Keajaiban dunia itu kemasyurah Tuhan.Namun untukmu ada yang lebih.


Latar belakang



Banyak peninggalan purbakala yang merupakan keajaiban dunia yang mengagumkan, yang susah dimengerti orang bagaimana peninggalan itu dibangun, bahkan ada peninggalan yang memasyurkan Tuhan(Rm.9:17). Namun masih ada peninggalan yang perlu anda ketahui.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Secara fisik, anda bisa melihatnya.

Seluruh dunia masih terheran-heran dan mengagumi hingga kini, karena pada jaman purbakala bagaimana orang Mesir bisa membangun piramida, sehingga orang bisa saksikan, misalnya; mengunjunginya, melihat bentuknya, pegang dengan telapak tanganmu, dll. Walaupun pada jaman purbakala orang belum mengenal suatu teknologi maju untuk membangunnya. Bahkan teknologi maju sekarang pun, belum bisa membuatnya. Sehingga banyak orang coba mengarang berbagai cerita mengenainya, sesuai khayalannya.



2--Semua orang segambar dan serupa dengan Tuhan(Kej.1:26), namun Tuhan punya kehendak.

Setiap orang mempunyai kapasitas yang sama sewaktu dilahirkan, namun lingkunganya dimana dia berada lalu bertumbuh dan bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan itu, maka itulah yang membuat setiap orang berbeda tingkah lakunya antara sesama manusia lainnya, sehingga mempunyai dan menempuh jalan hidupnya sendiri-sendiri.



Namun Tuhan dapat mengintervensi jalan hidup siapa saja sesuai kehendakNya(Rm.9:15) untuk melakukan tujuanNya. Contoh:

Sejarah yang tertulis di Alkitab

a--Abraham mengikuti kehendak Tuhan untuk keluar dari tanah kelahirannya, sehingga memperoleh keturunan yang banyak.

b--Nuh membuat perahu besar untuk keluarganya dan semua pasangan ternaknya supaya luput dari banjir.

c--Musa memimpin kaum Israel keluar dari Mesir menuju tanah terjanji. Dll.

Nama Tuhan dimasyurkan di selurh bumi(Rm.9:17)

d--Tuhan membangkitkan Firaun, sebagai raja Mesir.

e--Supaya raja Firaun dapat memperlihatkan kuasa Tuhan.

f--Supaya nama Tuhan di kenal di seluruh dunia



3--Tuhan yang memberi kemampuan

Memang agak kontroversial bila 2-d,e,f  yang tertulis dalam Rm.9:17, dihubungkan dengan semua bangunan piramida yang hingga sekarang ini masih dikagumi dan yang tidak dimengerti orang bagaimana pembangunannya. Namun 2-d,e,f dapat menjawab teka teki tersebut(Rm.9:17). Dan hingga kini piramida tsb masih termasyhur di dunia, karena Tuhan yang memberi kemampuan kepada Firaun raja Mesir untuk membangunnya. Cerita lain yang juga memasyhurkan nama Tuhan adalah, sbb:



a--Cerita lain yang masih dibicarakan orang adalah, sewaktu Musa bisa membelah laut sehingga rakyat Israel bisa menyeberang dan melalui dua belahan dinding air sebelah kiri dan kanannya, hingga mencapai tepi laut yang kering disebelahnya. Namun tentara Mesir masuk juga seperti kaum Israel perbuat, yaitu jalan di antara dua tembok air tsb, untuk mengejar dan memusnahkan kaum Israel. Tapi setelah semua orang Israel mencapai lebih dahulu ke tepi sebelah laut, maka belahan air laut, buatan Musa tsb kembali menyatu, atas perintah Musa. Sehingga tentara Mesir tenggelam bersama baju perang dan peralatan perang lainnya. 



b--Bila kita perhatikan Perjanjian-Lama, bagian Amos-9-ayat-7, maka Tuhan telah berbuat keajaiban bukan hanya untuk bangsa Israel, yaitu melalui Musa. Tapi juga kepada beberapa bangsa lainnya, karena ada tertulis di Am.9:7 sbb:

“Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia bagiKu, hai orang Israel”

“Bukankah Aku telah menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir,

Orang Filistin dari Kaftor,

Orang Aram dari Kir.



Sebetulnya kemasyhuran Tuhan banyak tertulis di Alkitab. Bila anda membacanya secara tekun maka anda akan seperti berada di jaman lalu, serta bisa menyaksikan prosesnya dan mengetahui apa sebab Tuhan memberi wilayah Kanaan kepada Israel. Kenapa Tuhan memilih bangsa Israel tapi juga semua bangsa. Apa alasannya Yesus sebagai utusan Allah datang ke bumi, yang nantinya Dia akan mati dan bangkit. Juga memberi arahan jalan kehidupan bagi manusia. Namun semuanya itu berdasarkan kebenaran, yang adalah bagian dari kasih.



4--Namun untukmu ada yang lebih, yaitu kemasyhuran Tuhan yang harus anda raih.

Bila anda mengerti dan ingin meraihnya, maka ada juga kemasyhuran Tuhan yang sangat berarti bagi manusia. Kalau anda bisa meraihnya, maka anda akan benar-benar mengatakan bahwa itu adalah kemasyhuran yang tiada taranya. Dan setiap orang bisa meraihnya, asalkan ada kemauan. Yaitu hidup kekal



Cara meraihnya adalah:

Berusaha mengerti dan menjiwai hukum Kasih(Mat.22:37-39) dan berbuat sehingga bisa berbuah.

Yesus memberikan contoh orang muda yang kaya tapi susah untuk meraih hidup kekal(Mat.19:16-22). Karena di hukum Kasih sudah termasuk hukum Taurat dan berita dari para nabi(Mat.22:40).



Pertanyaan sekarang ini, setelah membaca penjelasan diatas, bagaimana sikapmu.



Kesimpulan

Banyak peninggalan purbakala yang memasyhurkan nama Tuhan, namun ada satu kemasyhuranTuhan yang lebih yaitu kehidupan kekal, dan semua orang bisa perolahnya, maka raihlah itu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Rm.9:17

Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: “Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasaKu didalam engkau, dan supaya namaKu dimasyhurkan di seluruh bumi”



Kej.1:26

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut bambar dan rupah Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata merayap di bumi”



Rm.9:15

Sebab Ia berfirman kepada Musa: “Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.”



Am.9:7

Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia bagiKu hai orang Israel?  Demikianlah firman Tuhan. “Bukankah Aku telah menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir, orang Fislistin dari Kaftor, dan orang Aram dari Kir?



Mat.22:37-39

37--Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap  hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budi.   

38--Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

39=Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.



Mat.19:16-22                     Orang muda yang kaya, namun susah peroleh kehidupan kekal



Rm.9:15

Sebab Ia berfirman kepada Musa: “Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.”



Rm.9:17

Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: “Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasaKu didalam engkau, dan supaya namaKu dimasyhurkan di seluruh bumi”



Rm.9:18

Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendakiNya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendakinya



1Raj.8:12                           Tuhan tlh menetapkan matahari dilangit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar