Sabtu, 04 Agustus 2018

Setiap orang pasti bisa selesaikan cobaan hidupnya.


Latar belakang.



Kemampuan setiap individu berbeda-beda dan terbatas, sewaktu menghadapi suatu cobaan dari waktu ke waktu selama hidupnya. Demikian pun hasilnya. Tapi mereka bisa mengatasinya bila bertekad dan menyadari kepada siapa mencari pertolongan(1Kor.10:13).



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Jangan mengandalkan kemampuan pribadimu.

Hasil dari perbuatan setiap orang pasti akan berbeda-beda, bila menghadapi suatu masalah yang sama. Hal ini disebabkan karena umumnya mereka mempunyai tingkat kualitas yang berbeda-beda. Tapi bila di teliti maka kualitas hanya berperan sebagian, yang sangat berperan adalah kepribadianmu. Bila kepribadianmu telah terbiasa bersandar kepada Tuhan, Allah kita semua(Ams3:5).  



Apa yang dimaksud dengan kepribadian tersebut?

Kepribadian sangat luas artinya. Namun kita batasi pada suatu pengertian kepribadian, yang a.l.; dalam dirimu telah tumbuh suatu keteguhan sehingga terbiasa menghadapi berbagai aspek kehidupan manusia. misalnya; dapat menyalami dan menyelesaikan berbagai masalah secara sengaja atau tidak. Karena telah melalui berbagai cobaan sehingga terbiasa. 

Selain itu, bagi setiap orang yang hatimu tentram, tidak ada beban pikiran, keinginanmu bisa sejalan dengan kebutuhanmu dan kebebasanmu yang bisa anda kendalikan, yang semuanya itu telah berlanjut terus menerus, maka bisa bertumbuh menjadi suatu kebiasaan yang baik bagimu. Kebiasaan inilah yang disebut bagian dari kepribadianmu, dan kepribadian tsb bisa juga mencakup:  



a--Bisa mengendalikan diri secara seimbang karena telah menjiwainya berbagia aspek kehidupan, sehingga bisa menghadapi berbagai masalah secara sengaja atau tidak sengaja.

b--Karena kebiasaan baikmu, sehingga kepribadian yang tumbuh dalam dirimu mencakup          norma-norma kehidupan yang di ajarkan dalam Alkitab,

c--Norma-norma tsb tercermin dalam kehidupanmu, demikian pun sewaktu anda interaksi dalam pergaulanmu dan terhadap lingkunganmu,

d--Cara berinteraksi dengan orang lain, secara bersama-sama, baik secara lawan atau kawan, bisa menyeselesaikan suaatu masalah secara adil untuk kepentingan kebersamaan atau inividu, namun tetap kebenaran diatasnya.

e--Telah menjadi suatu kebiasaan untuk selalu bersandar pada Tuhan, bukan pada kemampuan dirimu sendiri.



2--Setiap orang mengalami cobaan dalam hidupnya.

Setiap cobaan, apakah itu masalah kehidupan atau gangguan dari luar, pasti akan dialami oleh setiap orang dan sebetulnya mereka dapat mengatasinya. Namun bukan masalah seperti membakar rumah orang atau merampok atau menyakiti orang lain, dll,  karena itu anda akan di penjara. Yang dimaksud disini adalah cobaan hidup yang setiap orang akan melaluinya. Cobaan itu berasal dari:



a--Keinginan sendirimu dari dalam dirimu sendiri(Yak.1:14)  yang mendorongmu agar berbuat. Keinginan ini bisa berupa kebutuhan egomu atau tubuhmu, dll, yang mungkin bertentangan dengan akalbudimu.

b--Godaan dari iblis karena dia melihat ada celah untuk pengeruhi pikiranmu agar bisa menipumu, dengan cara bujukan, iming-iming, dll, sehingga anda lelakukannya. Dan akibatnya anda dihalau/ dibuang lalu mengalami keterpurukan, penderitaan, kesusahan. Contoh Adam dan Hawa: ingin seperi Tuhan, sehingga melanggar perintah yang akhirnya diusir dari Taman Firdaus.

c--Tuhan memberi cobaan padamu, untuk mengingatkan apakah imanmu masih tetap tertuju padaNya? Dan tidak akan melenceng(Mat.6:13)?.

d--Pengaruh dari taman-temanmu.

e--Pengaruh dari lingkungamu

f--Pengaruh dari kantormu, dan-lain-lain.



3-Setiap cobaan yang menerpamu bisa anda atasi.

Setiap orang pasti bisa selesaikan cobaan hidupnya apapun bentuknya, namun dia harus tahu dan menjaga kepribadiannya, lalu kepada siapa dia akan meminta pertolongan untuk mengatasi masalah yang dihadapnya.



Karena apapun cobaan itu, dia tidak akan melewati kekuatan manusia, asalkan anda tekun dan sabar menghadapinya sesuai kepribadianmu yang ada karena mengetahui dan terus berharap pada  Tuhan. Dan Tuhan tidak akan membiarkan anda terus mengalaminya penderitaan/cobaan yang melampaui kekuatanmu. Tapi Tuhan akan memberikan padamu jalan keluar sehingga penderitaan/cobaan tersebut dapat anda mengatasinya dan menanggungnya(1Kor.10:13).



Pertanyaan sekarang adalah, siapkah pribadimu menghadapi segala cobaan selama kehidupanmu? Sebetulnya bisa, bila anda berharap kepada Yesus.



Kesimpulan

Setiap orang, apapun apapun statusnya: penjahat, perampok, ahli strategi, hamba Tuhan, dll, pasti bisa mengatasi cobaan hidupnya, asalkan tekun, sabar dan mengetahui kepada siapa anda berharap, yaitu Yesus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



1Kor.10:13

Pencobaan-pencobaan yang kami alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.



Ams.3:5

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.



Yak.1:14

Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.



Mat.6:13

Dan jangalah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar