Jumat, 14 September 2018

Apa manfaatnya mengetahui Alkitab (Kitab Suci).


Latar belakang



Bila anda mengetahui dan menghayati serta melakukan firman Allah yang tertulis dalam Alkitab, maka rasa damai dan sejahtera akan terjadi dalam kehidupanmu, hingga anda beserta lingkunganmu bisa selamat.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Apa itu Alkitab

Pengertian dari Alkitab atau Kitab Suci(2Tim.3:15-16), antara lainnya antara:

a--Kumpulan dari kitab-kitab1 yang diakui sebagai kanonik, dan diakui sebagai Firman Allah oleh gereja Kristen.

b--Terdiri atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Taurat2 (dari Ibrani tora) dan Injil (Yunani euangelion)

c--Kitab-Suci3 memuat segala hal yang perlu bagi keselamatan: jadi apa pun yang tidak terbaca di dalamnya atau tidak dapat dibuktikan dengannya, tidak boleh dituntut dari seseorang, untuk mempercayainya sebagai bagian dari iman.

d--Mengandung kebenaran yang sejati untuk penuntun jalan hidupmu di dunia ini.

e--Bila mengerti dan menghayati serta melakukan firman Allah, maka bisa memperoleh ketenangan dan damai sejahtera dalam kehidupanmu.

f--Bisa memperoleh iman serta meningkatkannya untuk keselamatan jiwamu.

g--Mengetahui akan damai dan sejahtera dalam kehidupan setiap orang.

h--Ajaran-ajaran untuk bisa memperoleh kehidupan yang kekal. Dan seterusnya.



2--Damai dan sejahtera akan terjadi dalam kehidupanmu

Secara naluri setiap orang mau mengaku salah, apalagi kalau dia telah mengetahui Alkitab dari masa kecilnya(2Tim.3:15-16). Sehingga, kebutuhan paling utama dan yang pertama dari setiap orang yang berdosa, ialah harus ada damai sejahtera dengan Allah. Jadi permusuhan yang ditimbulkan oleh dosa-dosanya harus dijauhkan dahulu oleh setiap orang, karena mereka secara aktif sedang mencari dan berbuat sesuai firman Tuhan.



Hal ini merupakan kesempatan untuk mempermudah dan memungkinkan bagi setiap orang, yang ingin dan mau mencari damai sejahtera, karena Yesus memperdamaikan segala dosa-dosa dengan diriNya, sesudah Ia mengadakan pendamaian sehubungan dengan darahNya yang tertumpah sewaktu Dia disalib(Kol.1:20).



Kesempatan ini, merupakan kasih karunia dari Yesus, untuk setiap orang. Sehingga mereka bisa berproses untuk menginggalkan dosa lalu mohon pertobatan. Namun semuanya itu harus anda berproses untuk memperolehnya. Karena karunia itu tidak datang kepada setiap orang yang ingin dan mau, lalu mereka itu mengalami perubahan secara tiba-tiba. Tapi harus berusaha untuk memperolehnya dan terus menerus mempertahankannya dalam kehidupanmu.



3--Damai dan sejahtera dalam kehidupanmu tetap constant ?

Bila anda mengerti dan menghayati dan menjiwa sesuai penjelasan butir 1 dan 2, maka dengan sendirinya anda akan mengalami damai sejahtera dalam kehidupanmu. Namun timbul pertanyaan, bisakah itu bertahan constant selama penghidupanmu?



Jawabannya belum tentu.

Karena setiap orang selalu akan berhadapan dengan masalahnya, cobaannya, keinignannya, dll. sehingga apakah daya tahanmu mampu mengatasinya?



Daya tahan itu a.l. seberapa benar anda bisa mengetahui firman Allah dan mengaplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari. Mungkin anda bertanya, mana mungkin karena firman itu banyak sekali, tebalnya buku Alkitab saja lebih dari seribuh halaman.



Namun ada 2 ayat yang “terutama dan yang pertama”, ingatlah 2 ayat tersebut dalam hidupmu. Dua ayat ini adalah  perkataan Yesus sewaktu Dia menjawab pertanyaan seorang Farisi (mereka yang hidup menurut hukum Taurat). Dua ayat ini mengandung kasih, uraiannya sbb:

Mat 22:37, Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu

                    dan dengan segenap akal budimu.

Mat 22:38, Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Mat 22:39, Hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia

                   seperti dirimu sendiri.

Mat.22:40, Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab paranabi



Apa itu kasih. Penjelasannya, mohon lihat di 1Kor.13:4-7, dibawa ini:

4---Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

5---Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri.

6---Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

7---Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.



Sekarang pertanyaan untuk kita semuanya, yaitu: Sudahkah kita mengetahui dua ayat tersebut dan melakukannya(Yak.2:22)?  



Itulah gunanya antara lain untuk mengetahui Alkitab.



Kesimpulan

Setiap orang harus berusaha memperoleh damai sejahtera dan pertahankan secara constant selama hidupmu, seperti yang dijelaskan diatas dan selengkapnya ada di Alkitab atau Kitab Suci berupa penuntun hidupmu untuk mencari keselamatan jiwamu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



1, 2EAMK= Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, judul asli The New Bible Dictionary published by Inter-Varsity Press, Cetakan kesebelas April2011, ISBN 978-602-8009-32-4 oleh Yayasan Komunikasi Bina Kasih. , Kol-1, butir-1 alinea kesatu dan kedua, hal-28



1EAMK= Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, judul asli The New Bible Dictionary published by Inter-Varsity Press, Cetakan kesebelas April2011, ISBN 978-602-8009-32-4 oleh Yayasan Komunikasi Bina Kasih. , Kol-1, butir-1 alinea ketiga, hal-28 dan hal-29



2Tim.3:15-16

15---Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

16---Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran



Kol.1:20

Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.



Yak.2:22

Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar