Sabtu, 26 Januari 2019

Orang yang menerima dan menikmati kemurahan Tuhan tapi meninggalkanNya lagi, mereka tidak lagi diampuni(Ibr.6:4-6)



Latar belakang

Banyak orang atau siapa pun dia yang pernah menerima dan menikmati kemurahan Tuhan lalu menginggalkanNya lagi, maka mereka itu tidak lagi bisa di ampuni(Ibr.6:4-6)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Apa itu kemurahan Tuhan.
Kemurahan Tuhan, antara lain:
Walaupun manusia telah jatuh dalam dosa karena pikirannya telah tercemar oleh usahanya iblis yang a.l. berupa godaan, sehingga mengakbatkan mereka terpisah dari Tuhan. Namun Tuhan mengutus AnakNya untuk membawa orang-orang yang masih mau kembali kepadaNya, supaya berusaha untuk bertobat dan tinggalkan cara hidup lamanya, lalu menempuh hidup baru, dan mohon pengampunan dari Tuhan. Jadi Tuhan menuntun jalan supaya manusia bisa bertobat(Rm.2:4).

Dampak dari dosa, membuat manusia mengalami kemelaratan hidup, pertengkaran yang tidak berdasar, perampokan, kekerasan, dll, sehingga bertambah susah. Inilah yang menyebabkan mereka rindu akan keselamatan dan kedamaian masa depannya, dan juga demi keturunannya. Jadi kehidupan mereka masih bercampur baur dengan berbagai jenis dosa dan berbagai tekanan hidup namun juga mengharapkan masa depan yang benar.

Karenanya Tuhan mengutus AnakNya untuk mengalahkan dosa dan Dia yang menanggungnya, sehingga manusia bisa bertobat, tidak lagi berbuat dosa yang baru, lalu tinggalkan hidup lama, dan menempuh hidup baru, sehingga bisa mohon pengampunan dari Yesus.

Jadi Tuhan yang membuka jalan berupa Dia yang menanggung dosa-dosa setiap orang. Karena manusia tidak bisa meninggalkan dosa, kecuali inisiatif dari Tuhan untuk mengatasinya dan memberikan mereka kehidupan yang baru. Dan semuanya ini adalah usaha Tuhan, bukan atas jasa manusia. Penjelasan diatas inilah yang disebut antara lain kemurahan Tuhan.

Kemurahan Tuhan yang dipermainkan.
Namun ada orang yang telah menerima kemurahan Tuhan, dan telah menikmati berbagai karunia bahkan dia telah mengecap karunia sorgawi dan pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, tapi kembali lagi jadi murtad, sehingga perbuatannya berdampak buruk karenanya tidak bisa diampuni(Ibr.6:4,5,6-8). Inilah yang disebut kemurahan Tuhan dipermainkan.  

2-Jernihkan pikirnmu dari segala dosamu.
Sangat sulit bagi manusia untuk melepaskan dosa masa lalunya karena iblis telah mencemarkan pikiran kita, seperti dia mencemarkan pikirannya Adam dan Hawa sehingga “pikiran mereka berproses” dan akhirnya memutuskan untuk tidak lagi taat pada printah Tuhan. Jadi secara pasti untuk mengetahui bahwa seseorang telah melepaskan dosa-dosanya adalah suatu yang tidak mungkin.

Namun Yesus telah datang untuk orang berdosa agar mereka kembali kepadaNya walaupun ada pertentangan hingga Dia di salib. Jadi Dia telah menanggung semua dosa dari setiap orang(Ibr.9:28).
Tetapi ada orang yang tidak peka sehingga tetap berbuat dosa, ada yang ragu-ragu dan ada yang memang sedang menunggu agar dosanya di hapuskan.

Dan dosa hanya bisa dihapuskan bila anda terima Yesus dan lakukan ajarannya dan mengakui bahwa Dia datang untuk mencari orang yang berdosa untuk kembali ke Tuhan yang menebusnya walaupun disalib. Penyaliban itu adalah untuk menanggung dosa kita. Pada saat kita mengakui, maka dosa kita dihapus(Ibr.8:12), tapi harus ada usaha untuk:
a)     jernihkan pikiranmu, sehingga tinggalkan dan hapuskan dosa masa lalumu.
b)    bertobat,
c)     tidak lagi berbuat dosa,
d)    tinggalkan hidup lama dan lakukan hidup baru,
e)     sesudah itu mohon pengampunan kepada Tuhan,
f)      selalu ikutsertakan Yesus dalam perencanaanmu dan pelaksanaanmu.


Kesimpulan
Setiap orang diberi kesempatan untuk tinggalkan dosa dan mohon pengampunan, dan Tuhan mengabulkannya bahkan memberi karunia yang lebih lagi hingga Roh Kudus bisa menghadiri dalam kehidupanmu, namun bila anda murtad lagi maka tidak ada kesempatan pengampunan yang kedua kalinya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung
R e f e r e n s i  :

Ibr.6:4-6
4---Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya,  yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
5---dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6---namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghinaNya di muka umum.

Rm.2:4
Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahanNya , kesabaranNya dan kelapangan HatiNya? Tidakkah engakau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah  ia menuntun engkau kepada pertobatan?

Ibr.6:4-6,8                                    
4-6 -(lihat diatas)
8----tetapi  jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri, tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.

Ibr.9:28
Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbakan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diriNuya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia.

Ibr.8:12
Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar