Minggu, 24 Maret 2019

Apa yang dituntut Tuhan dari padamu(Mi.6:8)?


Latar belakang



Tuhan telah memberitahukan apa yang baik kepadamu, sehingga Dia menginginkan dan bahkan menuntutmu untuk melakukannya(Mi.6:8).



Materi yang di sharing, sesuai topic



A--Apa yang Tuhan inginkan darimu.

Tuhan telah menciptakan bumi serta segala isinya sesuai rancanganNya, dan semuanya itu adalah antara lain untuk kepentingan manusia yang segambar dan serupa dengan Dia(Kej.1:28). Selain itu Tuhan pun menginginkan agar setiap orang dapat berpartisipasi(Kej.2:19-20) dalam rancanganNya, yaitu; boleh mengambil bagian untuk turut serta melakukan apa yang ditaguskan kepadanya agar pekerjaan tersebut terwujud sesuai keinginanNya, dan hasilnya adalah untuk kepentingan dan yang bisa dinikmati oleh siapa saja.



Namun agar anda bisa berpartisipasi sesuai keinginan Tuhan, maka anda harus berusaha mengetahui perintahNya berupa firman-firman yang mencakup;

ajaran Yesus kepada masyarakat Yahudi,

perintahYesus kepada murid-muridNya apa yang telah Dia ajarkan), supaya mereka juga mengajarkan kepada setiap orang dimana dan kapan saja(Mat.28:19-20).



Perintah yang tertulis di atas terdapat pada Alkitab(Mi.6:8), yaitu:



a--Berlaku adil

Untuk bisa berlaku adil maka pertama-tama yang harus anda lakukan adalah adil terhadap dirimu sendiri. misalnya:

1)--Anda mempunyai tugas pekerjaan rumah, untuk menyelesaikan ilmu ukur atau mekanika yang menurutmu memerlukan 3 jam. Namun anda meluangkan sebagian besar waktumu untuk main game dan berolahraga basket, sehingga waktumu yang tersisa 1 jam. Akhirnya pekerjaan rumah tidak selesai atau mungkin selesai tapi asal-asalan atau tidak benar.

2)--Anda mengidap penyakit darah tinggi, karenanya anda sangat ketat mengikuti anjuran dokter. Tapi diluar rumah anda rakus sehingga makan apa saja. Akhirnya jatuh sakit.

3)--Untuk bisa berlaku adil terhadap dirimu, maka anda harus punya prioritas hidupmu yang harus dipatuhi namun didasarkan pada kasih.

4)--Bila anda telah adil terhadap dirimu sendiri, maka cukup gampang untuk bersikap adil terhadap masalah yang datang untuk menggangumu.





b--Berbelas kasihan

Biasanya keadilan tidak memandang umur atau jabatan atau kaya atau miskin. Karena keadilan harus tegas, semua orang harus sama di depan hukum yang berlaku, supaya peraturan dapat ditegakkan. Bisa juga di katakan bahwa keadilan itu kasar karena tidak memandang bulu. Namun bila ada belas kasihan(Mat.23:23) dalam jiwamu, maka apapun jabatanmu, anda akan lebih bersifat dan bertindak bijaksana dalam membuat keputusan, sehingga masyarakat bisa lebih menerima dan menghargai apa yang anda putuskan. Karena perasaan belas kasihan akan melihat, apa sebab orang berbuat demikian dan bagaimana kondisinya sehingga dia berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan orang?.



c--Mencintai kesetiaan. Setia dalam kehidupan

Penjelasan diatas A-a-1)à4) adalah penting, namun juga dari anda sangat diharapkan supaya mencintai kesetiaan yang merupakan bagian dari hukum Taurat(Mat.23:23). Yaitu secara konsisten atau terus menerus, tanpa terputus-putus selama hidupmu, untuk melakukan seluruh yang dijelaskan diatas.



d--Hidup rendah hati di hadapan Allah

Berlaku adil, berbelas kasihan dan mencintai kesetiaan, adalah tiga hal yang penting namun ketiga-tiga itu secara bersamaan harus disertai oleh rendah hati di hadapa Tuhan maupun diantara sesama manusia. Jadi ini merupakan empat serangkai yang saling mengisi dan bekerja sama dalam jiwamu namun tercermin sewaktu anda berinteraksi dengan siapa saja.



e--Kepada siapa yang harus anda beritakan dan untuk apa.

Berita ini berupa kabar-baik yang harus diberitakan untuk diketahui oleh setiap orang dimana mereka berada. Kabar baik ini seperti yang dijelaskan oleh Yesus, bahwa Dia adalah jalan menuju kehidupan, dan bagaimana kehidupan itu, dan kebenaran untuk mengisi kehidupan(Yoh 14:6).  



Namun mengetahui firman serta mengimaninya adalah baik, tapi iman tanpa berbuatan adalah sia-sia(Yak.2:22), sehingga tidak ada pertumbuhan iman. Karenanya marilah kita beriman dan berbuat sesuai imanmu.



Kesimpulan

Yang di tuntut Tuhan dari padamu adalah berlaku adil, berbelas kasihan, setia selama hidupmu dan rendah hati terhadap Tuhan dan sesama manusia



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :

Mi.6:8

“Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan dah hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?”



Kej.1:28



Kej.2:19-20



Mat.23:23



Yoh 14:6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar