Minggu, 10 Maret 2019

Apakah anda terpanggil melayani Tuhan?


Latar belakang



Melangkah untuk melayani Tuhan adalah suatu pilihan yang berat, selain itu banyak tantangan duniawi yang akan menghadangmu. Namun melayani Tuhan adalah pekerjaan mulia, yang membawa manusia pada jalan kebenaran.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Melayani Tuhan

Setiap orang yang memilih dan menetapkan hati untuk melayani Tuhan adalah suatu keberanian mental, karena harus tinggalkan kebiasaan lamamu yang bersifat duniawi, namun akan masuk dalam kehidupan kebenaran demi melayani orang lain dan Tuhan.



Untuk melayani Tuhan, tidak ada ketentuan harus berkualifikasi yang bagaimana dan kapan memulainya, semuanya itu tergantung dari kepribadian masing-masing. Yaitu kesanggupan imanmu yang bertumbuh dalam dirimu, apakah sudah siap atau belum.



2--Apa saja yang menghadangmu

Walaupun anda telah berusaha untuk bersiap-siap masuk dalam dunia pelayanan untuk bekerja melayani Tuhan, namun masih banyak halangan duniawi yang akan menghadangmu. Hadangan itu bisa berupa a.l. cobaan, yang merupakan usaha-usaha untuk menggugurkan persiapan anda, supaya gagal masuk dalam dunia pelayanan. cobaan itu misalnya:



a--Mengacaukan pikiranmu sehingga selalu bimbang dalam mengambil keputusan, agar selalu terarah pada motivasi keduniawian. 

b--Melemahkan keteguhan hatimu, sehingga merasa susah untuk melayani.

c--Memikirkan siapa yang akan menanggung kebutuhan hidup keluargamu, misalnya: makan, rumah, pakaian, biaya kesehatan, biaya sekolah anank-anak, rekreasi, dll.

d--Siapa yang bisa diharapkan untuk menanggung masa tuamu.

e--Merasa sulit untuk tinggalkan kegiatan sosial masa lalumu yang bebas.

  

3--Kapan anda merasa terpangging untuk melayani Tuhan

Apakah seseorang bisa mengetahui, bahwa; pada suatu waktu Tuhan akan memakai dia untuk melakukan pekerjaanNya? Jawabanya sangat sulit untuk megetahui apakah seseorang itu dipanggil untuk melayani Tuhan, namun Tuhan pun bisa memberikan tanda-tanda apa yang akan Dia perbuat untukmu. Contoh:

a--Tuhan telah mempersiapkan Yusuf, Musa, Daniel dan beberapa orang lainnya sejak mereka masih kecil untuk melakukan beberapa rencanaNya. Dan di masa hidupnya, mereka mengalami berbagai cobaan yang berbeda-beda namun mereka bisa mengatasinya, sehingga Tuhan memberikan kepercayaan untuk melakukan rencanaNya.

b--Tiga kali Tuhan memanggil Samuel. Setelah Samuel memperoleh arahan dari nabi Eli, maka Samuel melakukannya, dan Tuhan membicarakan apa rencanaNya(1Sam.4-21).

c--Anda pun bisa dipakai Tuhan sesuai keinginanNya, namun anda tidak mengetahui kapan dan bagaimana Dia memanggilmu.



Namun yang jelas, bahwa; setiap orang punya panggilan. Yaitu; melakukan kebenaran terhadap dirinya serta keluarganya dan orang lain, juga terhadap Tuhan. Dan selalu siapkan diri secara positif dalam bidang keahlianmu, karena bisa saja, bahwa sekarang ini, Tuhan akan menunjukmu untuk melakukan suatu inovasi agar memenuhi ranganganNya.



Anda bisa merasa terpanggil lalu menerima panggilan itu dan melaksanakannya. Paggilan itu bisa dari mana saja dan dengan cara apa saja. Bahkan dari neraka meminta supaya menginjili saudaranya. Contoh:



Suara dari neraka, seorang penghuninya yang adalah bekas orang kaya sewaktu masih dibumi. Dia minta tolong kepada Abraham agar mengirimkan Lazarus ke bumi untuk memberitahukan kepada saudaranya agar mereka jangan sampai ke tempat penderitaan ini(Luk16:19-31). Tapi Abraham menolaknya, karena biar yang di bumi yang melakukan(Luk.16:30-31).



Jadi orang yang sudah di neraka pun menyadari bahwa sebaiknya saudaranya jangan masuk ke neraka, sehingga memohon agar ada orang bisa melayani saydaranya, agar tidak masuk neraka.



Kesimpulan

Pekerjaan melayani sangat besar tantangannya, namun yang sudah di neraka pun memohon agar ada orang yang bisa melayani saudaranya di bumi. Karenanya apakah anda terpanggil untuk melayani pekerjaan Tuhan?



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar