Minggu, 07 April 2019

Bersediahkah anda mengorbankan dirimu supaya orang lain selamat?


Bersediahkah anda mengorbankan dirimu

supaya orang lain selamat?



Latar belakang



Banyak orang secara benar mengajarkan kebenaran dan memberitakan kabar baik yang terdapat dalam Alkitab, kepada sebisanya setiap orang. tapi apakah mereka bersedia mengorbankan dirinya untuk selamatkan orang lain?



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Mengorbankan diri dalam bentuk yang bagaimana

Seperti yang anda ketahui bahwa banyak orang berkualitas dalam berprofesinya, seperti; guru, polisi, pengusaha, hamba Tuhan dan-lain-lain. Dan mereka sangat diperlukan orang, karena akan mengajar, mengarahkan  dan membimbing. Selain itu juga, mungkin ada dari mereka yang mau berkorban, untuk orang-orang yang mereka layani supaya bisa selamat. Namun sejauh mana pengorbanan itu.



2--Apa itu korban

Menurut Perjanjian Lama, artinya:

a--Seekor domba jantan yang sempurna digunakan sebagai korban (disembelih Im.4:4) untuk disembahkan kepada Tuhan, sehingga Dia bisa mengampuni dosa yang sengaja maupun yang tidak sengaja anda perbuat(Im.5:18-19).

Menurut Perjanjian Baru, artinya:   

b1--Kematian Yesus merupakan korban untuk menebus dosa-dosa manusia(1Kor.15:3)  dan dengan darah Yesus yang tertumpah untuk menebus pelanggaran manusia

b2--Pengorbanan itu ada hubungan dengan dosa yang merupakan pelanggaran, sengaja maupun tidak sengaja dilakukan oleh manusia sehingga perlu adanya penebusan1.   



Secara ringkas dari butir 2 diatas, adalah: Pengorbanan diperlukan namun harus ada penebusan, dan untuk adanya penebusan, maka diperlukan orang yang mau atau rela berkorban, sehingga orang lain bisa selamat. Dan Yesus telah menebus untuk kita semuanya.



3--Kenyataan dalam kehidupan sekarang, hampir tidak ada belas kasihan.

Sekarang ini ada banyak hamba Tuhan yang aktif dalam berbagai cara untuk melayani jemaatnya dan untuk beritakan kabar baik kepada setiap orang dimana pun mereka berada, agar bisa tertobat dan mohon pengampunan dari Tuhan. Dan walaupun para hamba Tuhan telah berkorban, misalnya:

a--Lupa waktu karena kebaktian yang melewati jadwal,

b--Tanggalkan keluarga karena pelayanan di tempat yang jauh.

c--Beritakan injil di suku terasing yang primitive dan budayanya masih berbeda,

d--Lupa makan karena terlalu aktif dalam pelayanannya.

e--Mengunjungi orang sakit di tempat tertentu, beritakan firman di penjara, dan lain sebagainya.



Namun bagi para hamba Tuhan untuk mengorbankan dirinya merupakan suatu pertanyaan besar. Karena umumnya manusia sekarang hanya bisa menolong atau memberi bila mempunyai kelebihan, atau apa untung ruginya, atau bila memberi apa yang didapatinya, sebab itulah yang dunia mendidikmu. Jadi sifat belas kasihan(Mat.23:23) itu hampir tidak ada.



Untuk berbelas kasihan, maka usahakan mempunyai waktu yang proportional dalam keluargamu, sehingga orangtua bisa menyediakan cukup waktu untuk mengenal ajaran Alkitab kepada anak-anakmu, siapa itu Penyelamat, yang hanya satu-satunya, yaitu Yesus.



Kesimpulan

Dalam rangka tolong menolong, manusia masih mungkin bisa diandalkan. Tapi untuk penyelamatan hanya bisa Yesus. Karenanya andalkan Dia dalam hidupmu. 



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Im.4:4

Ia harus membawa lembu itu ke pintu Kemah Pertemuan, ke hadapan Tuhan, lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala lembu itu, dam menyembelih lembuh itu di hadapan Tuhan.



Im.5:18-19

18---Haruslah ia membawa kepada imam seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, sebagai korban penebus salah. Imam, itu haruslah mengadakan pendamaian bagi orang itu karena perbuatan yang tidak disengajanya dan yang tidak diketahuinya itu, sehingga ia menerima pengampunan.

19---Itulah korban penebus salah; orang itu sungguh bersalah terhadap Tuhan.



1Kor.15:3

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kua terima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci



1Kamus Alkitab, W,R,F Browning a Dictionary of the bible, ISBN978-979-687-393-7, cet ke-5 thn-2010,  hal-211 kol-1 alinea ke-3



Mat.23:23

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar