Minggu, 23 Juni 2019

Jangan salah menafsirkan, artinya: “minta”


Latar belakang



Banyak orang salah mengartikan, bahwa: apa yang di ingininya boleh dimintakan dari Tuhan maka Dia akan memberikannya. Benarkah demikian?



Materi yang di sharing, sesuai topic



Mengambil suatu ayat dari Alkitab untuk digunakan atau diterapkan dalam suatu kejadianmu untuk menguatkan pendapatmu adalah baik, namun jangan pakai ayat yang tidak sesuai dengan keadaanmu pada saat itu. misalnya “meminta



Pengertian mengenai: “mintalah” maka Tuhan akan memberikan

Dalam hal “meminta” yang dijelaskan dalam Alkitab, ada beberapa versi yang berhubungan dengan suatu keadaan atau peristiwa atau masalah. Karena bila anda mengarahkan pikiranmu hanya untuk meminta berdasarkan ayat dari Alkitab tanpa melihat dan mengetahui latar belakangnya karena tidak membaca seluruh perikopnya (atau paragraph), maka akan terjadi pengertian yang salah atau liar dan bisa juga menyesatkanmu, demikian pun orang lain yang mendengarkannya. Karenannya bacalah suatu perikop hingga selesai dan mendalaminya. Contoh pada ayat-ayat berikut ini:



Mzm.2:8         Mintalah kepadaKu, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu.

Penjelasan: Ayat ini termasuk dalam perikop “Raja yang diurapi Tuhan”, yaitu raja Daud(Kis.4:25)



Jadi pengertian “minta” dalam ayat Mzm.2:8 termasuk dalam perikop yang berjudul Raja yang di urapi, jadi ayat ini untuk seorang raja yang di urapi dan sedang bertakta. Jangan dipakai sembarangan, misalnya mau sembuh dari sakit lalu berdoa pakai referensi ayat ini. Jadi pakailah ayat  yang sesuai.



Mat.7:7           Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat,

ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu.



Penjelasan: ayat ini termasuk dalam Perikop “Hal Pengabulan doa”



Misalnya, Anda baru diterima bekerja dalam suatu perusahaan. Lalu anda berdoa kepada Tuhan, dengan tujuan meminta mobil Ferari dalam waktu setahun dan mengharapkan doamu akan dikabulkan. Maka doa permintaanmu itu adalah suatu hal yang tidak masuk akal. Karenanya jangan menganggap bahwa kalau sudah berdoa dan meminta sesuatu maka dengan sendirinya Tuhan akan mengabulkannya, tetapi anda harus bekerja secara tekun, rajin, konsisten dan selalu bersandar kepada Tuhan. Yaitu, lakukan peraturanNya berupa sepuluh perintah Allah sambil bekerja, dan jangan menyeleweng atau pemyimpang.



Atau anda sedang sakit, dan selalu berdoa minta kesembuhan, bahkan ngotot tentukan waktu untuk kesembuhanmu karena ada acara penting yang harus anda hadiri. Doa seperti ini adalah doa egois, atau doa yang memaksa Tuhan supaya Dia ikuti keinginanmu.



Atau anda berpkir, telah mengikuti Yesus, antara lain telah memberi perpuluhan dan sumbangan yang besar dan banyak, sehingga boleh mengharapkan hasil yang berlipat ganda.

Doa seperti ini adalah salah……………. Bila anda berpatokan pada doa ini maka anda akan kecewa dan merasa telah di tipu oleh firman Tuhan.  sebetulnya bukan firman Tuhan yang salah tapi persepsimu yang kurang tepat atau terkena bujukan oleh beberapa hamba Tuhan.



Karena dalam Alkitab tidak ada firman yang mengatakan bahwa bila anda telah memberi banyak materi kepada gereja atau hamba Tuhan atau pelayan Tuhan, lalu mengharapkan keuntungan besar. Bila demikian, maka disitulah awal dari kekecewaanmu, karena motivasi berdoamu hanya untuk harta.

Dan anda juga harus tahu bahwa jiwamu dan tubuhmu itu adalah milik Tuhan dan Dia dapat mengambilnya setiap saat juga.



Namun berdoa yang wajar dan sederhana adalah bagus agar anda tetap ber-relasi dengan Tuhan, dan itulah yang Dia kehendaki.





Yoh. 15:7        Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kau,  mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.



Penjelasan: Anda bidup dalam Tuhan, yaitu Tuhan atau Firman(Yoh.1:1) yang bertakta di hatimu, maka dengan sendirinya anda akan hidup sesuai peraturanNya atau seperti yang diinginkanNya. Sehingga pasti permintaanmu bukan yang aneh-aneh, untuk minta harta, kekayaan, kekuasaan, tapi yang masuk akal dan wajar sesuai kemampuanmu dan keperluanmu pada saat itu.

Bandingkan dengan raja Salomo sewaktu dia naik takta, maka dia tidak meminta harta/kekayaan tapi pengetahuan untuk mengatur orang-orang yang kepala batu.

           

Namun semua permintaanmu apakah melalui doa atau bercakap-cakap dengan Tuhan, bisa saja terkabul dan mungkin juga tidak.

Tapi yang jelas, bila Tuhan yang menghendaki(Rm.9:15) maka dia akan memberikan kepadamu melebihi bahkan tidak disangka-sangka kepada seseorang, sesuai tujuanNya.



Penutup

Jangan salam menafsirkan ayat, tetapi pakailah ayat dari Alkitab yang cocok untuk suatu keadaanmu. Namun tetaplah berdoa secara wajar dan sederhana kepada Tuhan, karena disitulah anda membina relasi dengan Dia, karena itulah yang Dia ingini.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.





Penulis.EddyWarbung





R e f e r e n s i  :



Kis.4:25

Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan HambaMu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?



Yoh.15:16             apa yang kamu minta kepda Bapa dlm namaKu

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu,  supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya yang kamu minta kepada Bapa dalam namaKu, diberikanNya kepadamu.



Rm.9:15                Aku bermurah hati kpd siapa Aku mau (Israel’s rejection & God’s purpose)

Sebab Ia berfirman kepadaMusa: “Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati”





Mzm.37:25           anak cucunya meminta minta roti 

Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti



Mat.21:22             apa saja yang kamu minta dlm doa (pelajaran dari  pohon ara)

Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya



Luk.11:13             RK kpd mereka yang meminta kpdNya (asking, seeking, knocking)

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apa lagi Bapa yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar