Minggu, 16 Juni 2019

Yesus: Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan(Mat.7:23)


Latar belakang



Banyak orang berseru telah melakukan mujizat, bernubuat dan mengusir setan demi nama Tuhan. Namun pada waktu itu Yesus berterus terang dan berkata kepada mereka: “Aku tidak mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu kamu sekalian pembuat kejahatan(Mat.7:22)



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Kesalahan apa yang telah mereka perbuat.

Dari kalimat diatas, ternyata Yesus berterus terang dan marah sehingga mengusir mereka. Sebab Dia mengatakan tidak mengenal mereka maka enyahlah. Perlakuan Yesus terhadap mereka bukan tidak ada alasan, Dia mengatakan kamu  pembuat kejahatan. Kejahatan jenis apa yang telah mereka perbuat, walaupun telah melakukan mujizat, bernubuat dan mengusir setan demi nama Tuhan. Siapakah mereka dan jenis kejahatan yang mereka lakukan:



Apa itu nabi

Nabi adalah pejuang keadilan social, mereka mengutuk penyalahgunaan agama(Yes.1:9-17), jadi motivasi para nabi adalah baik, namun ada juga yang disebut nabi palsu, perbuatan mereka berupa hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Tuhan



Mereka adalah

Å      Nabi-nabi palsu yang datang padamu, mereka menyamar seperti domba tapi sebenarnya adalah serigala yang buas(Mat.7:12), dan akan melahap anda.

Å      Nabi palsu ini, sangat pinter sembunyiokan identitas yang sebenarnya, sehingga susah diketahui keasliannya, sehingga bisa memerasmu berbagai cara.

Å      Motivasinya adalah mencari keuntungan untuk diri sendiri, tanpa peduli apa yang akan terjadi padamu.



Jenis kejahatannya

Para nabi palsu selalu berusaha prioritaskan kepentingannya sendiri, bila sudah terpenuhi maka berikutnya untuk kelompok yang sealirannya. Secara tekad bulat, mereka memakai cara apa pun agar orang terlengah sehingga dapat memanfaatkan orang-orang tsb. Kejahatan yang dilakukan para nabi palsu melalui, misalnya:



Aaa---Melalui pengajarannya.

Mereka akan mengajarkan kepada pengikutnya, jalan hidup yang tidak ada isinya(Kol.2:8) serta membimbingnya dan mengarahkannya sehingga terbuai karena ajaran itu. Dan akhirnya mau mengikuti dan berbuat apa yang diperintahkan oleh para nabi palsu itu.



Bbb—Melalui pergaulannya.

Para nabi palsu akan aktif dan masuk dalam lingkungan-lingkungannya dan  berusaha berbagai cara kelembutan supaya dapat menggaet orang-orang dalam lingkungan itu, agar dapat mengikuti kehendak para nabi palsu, dan melakukannya.



Ccc---Bila ada perubahan situasi masyarakat.

Misalnya pada waktu bencana alam yang berdampak luas, masa pergantian presiden, timbulnya aliran-aliran tertentu, dll. Dalam keadaan ini, para nabi palsu berusah mengaruhi masyarakat sehingga mereka berbuat keonaran, kerusuhan, pertentangan fisik, kerusakan, dll. Lalu para nabi palsu ini akan muncul seoleh-oleh mereka itu sebagai penyelamat dan pendamai. Namun telah terjadi kerusuhan yang sangat menakutkan rakyat. Lalu mereka muncul seoleh-oleh memberi keluar untuk selamatkan masyarakat.



Ddd---Menghasut rakyat

Menghasut kelompok dengan cara menyebarkan berita-berita bohong(2Tim.2:16-17) agar timbul pertentangan di antara kelompok, bahkan saling membunuh di antara masyarakat. Lalu mereka datang seoleh-oleh sebagai penyelamat



Nabi palsu duniawi ada, begitu pun nabi palsu rohan juga ada. Mereka berada di semua tingkat masyarakat dan dibidang apa saja, bahkan dalam rumah ibadah dan pelayanan pun mereka bisa berkedok sebagai orang baik tapi sebetulya mereka penghisapmu.



Pengajaran yang diarahkan supaya orang berbuat salah, menderita kemelaratan, penderitaan kesusahan, akan membuat banyak orang terjerumus dalam. Para pengajar demikian yang diusir oleh Yesus dan mengatankan tidak pernah megenal



2--Namun bagaimana anda dapat mengenal para nabi Palsu.

Untuk mengenal nabi palsu(Mat.7:15-20) maka anda harus mencari tahu dan cukup memerlukan waktu, pakailah akalbudimu bukan emosionalmu, sehingga rasiomu akan terarah pada kebenaran, jadi objektivitasmu akan positif, misalnya:



a--Dari buahnya anda akan mengenal para nabi palsu(Mat.7:15) . Dari tingkah lakunya, anda akan dapat mengetahui  perbuatannya serta hasil perbuatannya.



b--Karena ada pepatah mengatakan bahwa buah itu tidak jatuh jauh dari pokonnya. sehingga orang mengatakan bahwa buah yang baik bukan berasal dari pohon yang kurus dan buah nya kurang manis atau banyak busuknya



Pertanyaannya sekarang:

aaa--Apakah anda berasal dari pohon yang menghasilkan buah yang buruk atau baik,

maka demikian pun dengan orang-orang. Apakah mereka termasuk pembuat kerusuhan dan tidak bertanggung jawab?

bbb--Namun ada juga yang berasal dari pohon yang menghasilkan buah yang baik, dan disukai oleh orang-orang

ccc--.Selalu berpegang pada ajaran Yesus dan melakukannya



Penutup

Jangan terkecoh kepada orang yang menyampaikan ajaran-ajaran yang enak didengar tapi dia sendiri tidak menentu. Tapi selalu bersandar pada Yesus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung





R e f e r e n s i  :

Mat.7:23

Pada waktu itu Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan!”



Mat.7:15

Waspadalah terhadap Nabi palsu datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.



Mat.7:16

Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?



Mat.7:17

Demikianlah setiap pohon  yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.



Mat.7:18

Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, atau pun pohon yang tidak baik itu menghasilakan buah yang baik.



Mat.7:19

Dan setiap pohon yang  tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api



Mat.7:20

Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka



Segala sesuatu yang anda kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, maka perbuatlah dahulu yang demikian kepada mereka



Yes.1:9-17

Mat.7:12

Kol.2:8

2Tim2.:16-17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar