Minggu, 25 Agustus 2019

Konsumerime telah diketahui sejak dahulu


Latar belakang



Yesus mengatakan untuk siapkan makananmu secukupnya untuk hari ini, yang adalah bertentangan dengan sifat konsumerisme.



Materi yang di sharing, sesuai topil



1--Apa itu konsumerisme.

Arti “konsumerisme” sesuai Ensiklopedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, sbb:

Merupakan suatu paham atau ideology yang menjadikan seseorang atau kelompok yang menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan.



Konsumerisme tidak beda jauh dengan “demonstration effect” yang adalah peniruan yang dilakukan oleh masyarakat dalam mengkonsumsi barang atau produk tertentu karena terpengaruh oleh pola konsumsi kelompok masyarakat lain di sekitarnya yang memiliki kemampaun financial / penghasilan yang lebih tinggi darinya.



Konsumerisme juga merupakan suatu gaya hidup yang menganggap barang mewah sebagai ukuran kesenangan namun di pihak lain bersifat boros, tidak menabung.



Konsumerisme dan demonstration effect, telah ada sejak dahulu? Tapi kapan tepatnya, masih sulit diketahui, namun sejak Yesus memberikan contoh yang disebutNya dalam doa, yaitu doa Bapa Kami, yang isinya, antara lain “… berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukuya(Mat.6:11)…”



2-Dampak kosumerisme

Yesus indikasikan supaya secukupnya mengkonsumsikan barang. Yang dimaksudkan dengan barang bukan hanya diartikan sebagai; makanan, minuman, pakaian, mobil, rumah, jam tangan, handphone, uang,  tapi lebih luas. Jadi apa sebabnya, supaya mengkonsumsikan barang secukupnya. Karena hal ini akan berhubugan dengan terbentuknya kepribadian yang baru dari seseorang, sehubungan dengan proses konsumsi barang secara berlebihan. maka dampaknya, sbb:

Menghabiskan waktu, tenaga, dan yang lain untuk kepentingan barang tersebut.

Akan bersifat boros

Akan bersifat konsumtif

Tidak mau menabung

Tidak memikirkan masa depan

Tidak puas diri namun maunya supaya memperoleh secara gampang

Timbul kesenjangan social.



Dampak negative dari konsumerisme sangat besar, karena umumnya kepribadianmu akan berubah kearah negative, namun bila anda menggunakan barang-barang yang disebut diatas secara terbatas sesuai kebutuhan yang wajar, maka anda tetap dalam kepribadian yang benar.



Jadi kosumerisme telah sejak dahulu di “indikasikan” agar pakailah secukupnya sesuai kebutuhan yang wajar. inilah yang antara lain telah di indikasikan oleh Yesus.



Penutup

Jadi konsumerisme bukan merupakan suatu kebiasaan, tapi pakailah sesuai kebutuhanmu yang wajar.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Mat.6:11

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar