Minggu, 22 Maret 2020

Apakah anda bisa mengetahui perjalanan hidup masa depanmu?


Latar belakang



Setiap orang pasti ingin mengetahui perjalanan hidup masa depannya, yaitu; agar dapat melihat apa yang akan dia raih dan bagaimana mengelak permasalahan yang akan menghadangnya. Namun bisakah anda demikian?.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Setiap orang harus meneriman keberadaannya

Tuhan menciptakan dunia serta segala isinya, berupa; manusia, hewan, tumbuhan dan alam, yang semuanya itu adalah baik(Kej.1:25-26) serta dapat saling berinteraksi dan hidup berdampingan secara berkesinambungan, juga harmonis.

Diantara ciptaanNya maka manusialah adalah mahluk yang tertinggi nilainya dari segala yang ada. Karena tubuh mereka terdiri atas, fisiknya-badan dan jiwa dan roh(1Tes.5:23), mahluk lainnya tidak. Di dalam jiwa setiap orang ada pikiran (termasuk akal budi), perasaan, kehendak, dll. Karenanya setiap orang adalah sama kecuali fisik tubuhnya bisa berbeda; dalam arti warna kulit, ketinggiannya, warna pupil mata, mancungnya hidung, dll.



Namun anda tidak dapat memilih dan meminta sewaktu kehadiranmu di dunia ini, misalnya; siapa orangtuamu, dimana dilahirkan, suku apa, negara miskin/kaya, lokasi perang/damai, keluarga miskin/penjahat/suci, pinter/bodoh/terkenal/kaya/biasa, dan lain-lain. Tapi kenyataannya, kepadamu dan setiap orang telah diberikan; pikiran, perasaan dan kehendak. Dan ketiga butir itu, selalu dipengaruhi oleh segala jenis perkembangan di luar tubuhmu atau sekelilingmu, dan itu semuanya dapat saja menimbulkan motivasi dan tujuan yang akhirnya anda wujudkannya melalui perbuatanmu, misalnya:

a--Secara wajar, yaitu ingin menjadi banker, presiden, polisi, dll.

b--Secara positif, yaitu melalui berbagai pengajaran untuk memajukan kualitasmu.

c--Secara negative. yaitu supaya anda terjerumus sehingga hidupmu menderita. Contoh; godaan dari iblis, seperti yang di alami oleh Adam dan Hawa, atau karena dorongan nafsu dari dalam tubuhmu yang susah anda kendali(Rm.7:23).



Namun sudah cukupkah penjelasan diatas untuk mengetahui perjalanan hidup masa depanmu? Rasanya belum.



2--Tuhan berperan dan beri kesempatan

Tuhan memberi kepada semua orang karunia umum, berupa; udara yang cuma-cuma untuk bernapas, keindahan alam,  ketrampilan dan keahlian tertentu yang berbeda-beda(1Kor.7:7)  namun terbatas untuk setiap orang, tapi dapat dikembangkan, dll. Jadi proses perkembangan ini disetiap orang bisa disebut bertumbuh secara alamiah namun harus anda efektifkan. Misalnya:

a--Alamiah. Setiap orang melalui pendidikan formalnya dan informalnya akan mengetahui bahwa dia lebih focus dalam suatu keahlian dari pekerjaan tertentu. Atau mungkin juga karena hanya ikut-ikutan tapi akhirnya tertarik pada bidang tertentu, sehingga dia terus mendalami lalu dapat menjadi mata pencaharian untuk kehidupan keluarganya.



b--Namun Tuhan juga dapat berperan, selain secara alamiah seperti dijelaskan diatas. Yaitu Tuhan dapat memilih seseorang sesuai kehendakNya untuk melakukan suatu tugas tertentu(Rm.9:15), sebagai contoh:

b1--Tuhan memilih Yusuf sejak kecil, untuk nantinya mengatur pengumpulan gandum dan mendistribusikan sewaktu bangsa Mesir mengalami masa kekeringan selama 7 tahun, dan selain itu menyelamatkan saudaranya dari kelaparan sehingga  mereka dapat hidup yang akhirnya menjadi dua belas suku bangsa Israel.

b2--Tuhan memilih Musa sejak bayi, untuk nantinya memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah terjanji. Dll.

 

c--Kemajuan dan pertumbuhan secara alamiah adalah baik, namun bila anda ingin atau bertekad mau memajukan budaya, misalnya inovasi suatu teknologi untuk masyarakat,  maka berusahalah untuk melebihi dari penghidupan secara alamiah tsb, maka anda harus berbuat berdasarkan suatu keyakinan, teori, ajaran yang menguntungkan(1Kor.12:31). Hal ini dapat terlihat bila akal-budimu terus berusaha berbuat baik dan terarah, namun hanya anda sendiri yang menyadarinya(Ams.13:15).



3--Struktur kehidupan manusia

Setiap orang tidak dapat melihat perjalanan hidupnya, mereka hanya bisa mengira-ngira setelah melewati waktu yang lalu, jadi setelah waktu berlalu jadi umurnya sudah tua baru mengetahui dan menyesal kenapa telah berbuat yang buruk atau tidak manfaatkan waktu untuk berbuat baik.

Sebetulnya secara struktur anda dapat mengira-ngira walaupun umurmu masih mudah, sehingga kira-kira masa depanmu akan seperti apa nantinya.

Bila anda amati butir 2--a,b,c, maka anda dapat membuat struktur kehidupan masa depanmu, yang kira-kira seperti ini:

a--Pertama secara alamiah. Setiap orang sejak kecil mulai berkembang berdasarkan kemampuan pikirannya dan perbuatannya, yaitu dia berusaha peroleh pendidikan formal dan informal, sehingga dia mengetahui bahwa ada kecocokan dalam pekerjaan tertentu, lalu mendalaminya dan akhirnya menjadi mata pencaharian untuk kehidupan keluarganya. Dan merasa nyaman untuk terus hidup seperti itu. Sehingga tidak lagi mau berinovasi.



b--Proses alamiah adalah benar, namun bila anda ingin berbuat lebih untuk masyarakat, misalnya tingkatkan ekonomi, teknologi, kesenian, dll, maka berusahalah untuk melebihi penghidupan(1Kor.14:1) secara alamiah tsb, maka anda harus berbuat berdasarkan suatu keyakinan, teori, ajaran yang menguntungkan(1Kor.12:31). Hal ini dapat terlihat bila akal-budimu terus berusaha berbuat baik dan terarah(Ams.13:15),



c--Namun Tuhan juga dapat berperan sesuai kehendakNya, yaitu memilih seseorang  diantaramu atau anda sendiri yang dipilihNya untuk melakukan suatu tugas tertentu(Rm.9:15), contoh: Jusuf, Musa, raja Daud, dan lain-lain.



3.1--Jadi untuk melihat masa depanmu maka strukturnya.

Struktur anda antara lain seperti:

a--Berkembanglah secara alamiah, karena Tuhan telah memberikan padamu karunia. Dan banyak berhenti sampai disini karena telah puas.

b--Ada orang yang ingin lebih dari pertumbuhan secara alami, mereka lebih mau meningkatkan keahliannya untuk mewujudkan yang lebih baik dari yang sudah ada. Kadang-kadang mereka berhasil dan akan bertahan bila berjalan dalam pengertian firman Tuhan.

c-Namun Tuhan bisa memilih siapa saja taermasuk anda untuk melakukan tugasNya, dan biasanya anda tidak dapat menolak.

Untuk memperoleh 3.1—c sangat jarang tapi mungkin.

Umumnya untuk kemajuan maka jangan puas dengan butir 3.1—a, karena ini zona tenang,, tapi 3.1—b perlu perjuangan dan kerja keras dan ini hanya bisa diwujudkan bila ada keinginan untuk maju.



Jadi untuk mengethui masa depan maka pilih 3.1--a atau 3.1—b, selamat memilih.



Penutup

Masa depanmu tergantung dari pilihanmu, namun semuanya dapat anda raih bila ada tekad yang kuat lalu wujudkan.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kej.1:25-26

1Tes.5:23

Rm..7:23

1Kor.7:7

Rm.9:15

1Kor.12:31

Ams.13:15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar