Minggu, 15 Maret 2020

Dalam roh aku bersama(Kol.2:5)


Latar belakang



Walaupun kehadiran fisiknya tidak ada bersamamu namun kehadiran rohnya dapat bersama-sama denganmu bahkan melihat dan mengetahui ketertibanmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus(Kol.2:5).



Materi yang di sharing, sesuai topic



Dalam roh akau bersamamu.



Pengertian roh sangat luas, namun yang di bahas hanya sebagian kecil dari roh. Yaitu “dalam roh aku bersamamu(Kol.2:5)”. Istilah ini terucapkan, sewaktu kesibukan rasul Paulus melayani jemaat di suatu daerah, sehingga dia tidak bisa pergi ke kota yang disebut Loadikia, karena kesibukan melayani.  



Seperti ada tertulis di firman dalam Alkitab, antara lain: “manusia terdiri atas; roh dan jiwa dan tubuh, namun harus memeliharanya agar tidak bercacat dan bernoda sewaktu kedatangan Yesus Kristus(1Tes.5:23)



Roh (roh huruf kecil).

Yesus menjawab pertanyaan muridnya, bahwa; jika seseorang mengasihi Aku, maka ia akan menuruti perkataanKu (firmanKu) dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami (Yesus dan Bapa) akan datang kepadanya dan diam (tinggal) bersama-sama dengan dia(Yoh.14:23).

(Yang  dimaksud diam adalah tinggal di dalam tubuh anda, sesuai firman Yoh.14:23.)



Umumnya seseorang mau menuruti anda, bila dia taat dan melakukan apa yang anda perintahkan kepadanya. Maka demikian halnya pada masa sekarang ini, Google atau Microsoft memberitahukan kepadamu bahwa telah di updating aplikasi yang ada dalam hand phone atau computer anda, tapi ada juga aplikasinya, yang mereka memerlukan persetujuan atau izin darimu dengan cara mencontreng tanda cek atau tidak. Bila tidak maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak berfungsi atau terhapus dari HP atau computermu.



Jadi sekarang ini kemana pun anda berada, maka google dan MS, atau manusia yang berkuasa, dll, dapat memantaumu yaitu dimana lokasimu bahkan meminta pendapatmu mengenai daerah atau gedung atau kantor anda berada.



Maka demikian juga instruksi berupa buah pikiran orang lain yang sangat anda setujui pasti akan melengket di otakmu, terutama sewaktu anda menyelesaikan tugasmu memakai intruksi atau buah pikiran tersebut. Karena merasa bahwa seolah-olah anda dicerahkan dan diarahkan oleh buah pikiran tersebut, dan mungkin sekali anda masih merasa ada bimbingan dari yang empunya buah pikiran tersebut. Semacam inilah yang disebut roh dari yang empunya buah pikiran tersebut telah bersama-sama dengan rohmu(Kol.2:5). Maka demikian pun ada kesamaan dengan ayat Yoh.14:23, lihat penjelasan diatas.

  

Bila roh tersebut mempunyai ajaran yang positif dan tidak bertentangan dengan norma-norma umum masyarakat, maka lakukanlah. Bahkan Yesus mengatakan apabila anda melakukan firmanNya maka Dia(Yesus) bersama Bapa akan datang dan berdiam (bahsa Inggris dwelling) dalam tubuhmu. Karena tubuhmu dimana rohmu berdiam, adalah bait Roh Kudus yang juga diam dalam dirimu(1Kor.6:19).



Menurut Paulus, rohnya atau pengaruh dari buah pikirannya dapat berada di roh dari para muridnya dan jemaatnya, sehingga dia dapat melihat dengan sukacita tertib hidupnya dan keteguhan imannya. Demikian pun Yesus dapat mengetahui seluruh niat, pikiran dan perbuatanmu karena ada Roh yang berdiam dalam tubuh setiap orang.



Contoh:

1---Rasul Paulus mengatakan bahwa dia sendiri tidak ada diantrara para muridnya dan jemaatnya, tetapi rohnya bersama-sama dengan mereka sehingga dapat melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus(Kor.2:5).

2---Jika tubuh anda tanpa roh maka akibatnya buruk seperti orang tidak punya kehidupan atau sama saja seperti orang yang tidak: punya tanpa tujuan, bersemangat,  berperasaan belas kasihan, mengenal kebenaran, ada gairah hidup, tidak ada motivasi,



Penutup

Ada berbagai roh, antara lain rohnya rasul Paulus yang adalah baik. namun tubuhmu adalah juga bait Roh Kudus yang berdiam dalam tubuhmu, karenanya gunakanlah roh yang baik tersebut.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Kol.2:5

Sebab aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh akau bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus.



1Tes.5:23

Semoga Allah damai sejahtera  menguduskan kamu  seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan Kita.



Yoh.14:23

Jawab Yesus:”Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.



1Kor.6:19

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar